Selasa, Mei 14, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 6 Maret 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
5/5 - (2 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral.

Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam. Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita bahas Injil Katolik buat Rabu 6 Maret 2024.

Kalender Liturgi hari ini Rabu 6 Maret 2024 merupakan Hari Rabu Prapaskah III, Santo Hesikios, Pengaku Iman, Santo Fridolin, Pengaku Iman, Santo Marsianus dari Konstantinopel, Imam, dengan Warna Liturgi Ungu.

BACA JUGA: RILIS! Kalender Liturgi Katolik Lengkap Bulan Maret 2024, Ada Bacaan Injil Harian Tanggal 1-31 Maret 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 10 Maret 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Rabu 6 Maret 2024:

Bacaan Pertama Ul. 4:1,5-9

“Lakukanlah ketetapan-ketetapan itu dengan setia.”

Di padang gurun seberang Sungai Yordan Musa berkata kepada bangsanya, “Hai orang Israel, dengarlah ketetapan dan peraturan yang kuajarkan kepadamu untuk dilakukan,

supaya kamu hidup dan memasuki serta menduduki negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allah nenek moyangmu.

Ingatlah, aku telah mengajarkan ketetapan dan peraturan kepadamu seperti yang diperintahkan kepadaku oleh Tuhan, Allahku,

supaya kamu melakukan yang demikian di dalam negeri, yang akan kamu masuki untuk mendudukinya.

Lakukanlah itu dengan setia, sebab itulah yang akan menjadi kebijaksanaan dan akal budimu di mata bangsa-bangsa.

Begitu mendengar segala ketetapan ini mereka akan berkata: Memang bangsa yang besar ini adalah umat yang bijaksana dan berakal budi.

Sebab bangsa besar manakah yang mempunyai allah yang demikian dekat kepadanya seperti Tuhan, Allah kita, setiap kali kita memanggil kepada-Nya?

Dan bangsa besar manakah yang mempunyai ketetapan dan peraturan demikian adil seperti seluruh hukum, yang kubentangkan padamu pada hari ini?

Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu,

dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidup. Beritahukanlah semuanya itu kepada anak-anakmu dan kepada cucu-cucumu serta cicitmu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 147:12-13,15-16,19-20

Refren: Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem.

Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion! Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.

Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi; dengan segera firman-Nya berlari. Ia menurunkan salju seperti bulu domba dan menghamburkan embun beku seperti abu.

Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel. Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.

Bait Pengantar Injil Yoh 6:63b.68a

Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan. Engkau mempunyai sabda kehidupan kekal.

Bacaan Injil Mat 5:17-19

“Siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi.”

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Karena Aku berkata kepadamu: Sungguh, selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah Taurat sekali pun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain,

ia akan menduduki tempat-tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Surga. Tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Surga.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Bacaan Injil Hari Rabu 6 Maret 2024

Renungan Harian Katolik Rabu 6 Maret 2024

Dalam Injil Matius (Mat 5:17-19), kita mendengar firman Yesus yang mengingatkan kita akan pentingnya memegang teguh ajaran Taurat. Yesus dengan tegas menyatakan bahwa Dia tidak datang untuk meniadakan hukum Taurat atau ajaran para nabi, melainkan untuk menggenapinya. Ini adalah panggilan kepada kita untuk memahami bahwa ajaran Taurat tidaklah usang atau kadaluwarsa, tetapi tetap relevan dalam hidup kita sebagai umat Katolik.

Tujuan utama Yesus datang bukanlah untuk menghapuskan hukum Taurat, tetapi untuk melengkapi dan memperdalam pemahaman kita akan kebenaran yang terkandung di dalamnya. Dia mengajarkan kepada kita bahwa setiap detail dalam hukum Taurat memiliki makna yang mendalam dan penting bagi kita sebagai anak-anak Allah.

Dalam bacaan Pertama, Musa mengingatkan bangsanya untuk setia melaksanakan ketetapan-ketetapan Tuhan yang diajarkannya. Musa menekankan pentingnya mematuhi ketetapan-ketetapan Tuhan sebagai tanda kebijaksanaan dan akal budi di mata bangsa-bangsa. Dia menegaskan bahwa ketetapan dan peraturan Tuhan adalah adil, dan bangsa Israel harus menjaganya agar tidak melupakan atau mengabaikannya.

Melalui bacaan Injil dan Bacaan Pertama ini, kita diajak untuk merenungkan betapa pentingnya menjaga dan menghormati ajaran-ajaran yang telah diberikan kepada kita, bukan hanya dengan bibir tetapi juga dengan perbuatan kita sehari-hari. Yesus menegaskan bahwa setiap orang yang meniadakan atau mengajarkan untuk mengabaikan bahkan perintah terkecil dari Taurat, akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Surga. Namun, orang yang setia dalam melakukan dan mengajarkan segala perintah Taurat akan menduduki tempat yang tinggi di dalamnya.

Pesan yang ingin disampaikan kepada kita adalah pentingnya kesetiaan dan ketaatan dalam menjalankan ajaran Tuhan. Tidak hanya sebagai pengetahuan, tetapi sebagai panduan yang benar dalam hidup kita. Setiap langkah yang kita ambil, setiap kata yang kita ucapkan, dan setiap tindakan yang kita lakukan alangkah baiknya tercermin dari kebenaran dan kasih yang terkandung dalam kasih Tuhan. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan yang Maha Pengasih, ampunilah dosa-dosa kami dan kuatkanlah iman kami untuk setia mengikuti ajaran-Mu. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar dalam menggenapi kehendak-Mu. Semoga setiap langkah dan tindakan kami mencerminkan kasih dan kebenaran-Mu di dunia ini. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Promo Chatime Terbaru Hari Ini Periode 13-16 Mei 2024, Beli Chatime Tea Month LARGE CUMA 19Ribu

Hey gengs, ada promo seru nih dari Chatime buat #RayakanHariIni selama bulan Mei! Promo CHATIME TEA MONTH SPECIAL Treats...

More Articles Like This

Favorite Post