Minggu, Mei 19, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini, 16 Desember 2023 Lengkap Renungan, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, dan Doa Penutup

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Injil menguatkan iman, mendidik tentang ajaran Gereja, dan memberikan petunjuk moral.

Selain itu, membaca Injil membangun kedekatan dengan Tuhan, memberikan inspirasi menghadapi tantangan hidup, dan menjadi dasar doa serta meditasi.

BACA JUGA: Jadwal Misa Natal Gereja Katedral Jakarta 2023 dan Seluruh Paroki KAJ, Update Paroki Bintaro Jaya, Kranggan, Kelapa Gading

Sebagai sumber penghiburan, Injil memandu kehidupan dengan pesan kasih dan harapan.

Membaca Injil adalah langkah praktis untuk memperkaya spiritualitas dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan Tuhan setiap hari.

Nih kita bahas Injil Katolik buat Sabtu, 16 Desember 2023.

Hari Sabtu di Adven II, kita juga ngerayain Santo Sturmius, Abbas, sama Santa Teofanu, Janda. Warna liturginya ungu, loh.

Yuk, kita simak susunan lengkap Bacaan Injil Katolik hari ini, tanggal 16 Desember 2023 :

BACA JUGA: Jadwal Misa Natal 2023 dan Tahun Baru di Gereja Katedral Semarang dan Stasinya

Bacaan Pertama Sir 48:1-4.9-11

Elia akan datang lagi.

Dahulu kala tampillah nabi Elia bagaikan api. Perkataannya membakar laksana obor. Dialah yang mendatangkan kelaparan atas orang Israel, dan karena geramnya,

jumlah mereka dijadikannya sedikit. Atas firman Tuhan langit dikunci olehnya, dan api diturunkannya sampai tiga kali.

Betapa mulialah engkau, hai Elia, dengan segala mujizatmu! Siapa dapat memegahkan diri sama dengan dikau? Dalam olak angin berapi engkau diangkat, dalam kereta dengan kuda berapi.

Engkau tercantum dalam ancaman-ancaman tentang masa depan untuk meredakan kemurkaan sebelum meletus, untuk mengembalikan hati bapa kepada anaknya serta memulihkan segala suku Yakub. Berbahagialah orang yang telah melihat engkau, dan yang meninggal dalam kasih.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan: Mzm 80:2ac.3b.15-16.18-19

Ref: Ya Allah, pulihkanlah kami. Buatlah wajah-Mu bersinar, maka selamatlah kami.

Hai gembala Israel, pasanglah telinga-Mu, Engkau yang duduk di atas para kerub, tampillah bersinar. Bangkitkanlah keperkasaan-Mu, dan datanglah menyelamatkan kami.

Ya Allah semesta alam, kembalilah, pandanglah dari langit, dan lihatlah! Tengoklah pohon anggur ini, lindungilah batang yang ditanam oleh tangan kanan-Mu!

Kiranya tangan-Mu melindungi orang yang ada di sebelah kanan-Mu, anak manusia yang telah Kauteguhkan. Maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu; Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

Bait Pengantar Injil : Luk 3:4.6

Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya, dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.

Bacaan Injil : Mat 17:10-13

Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia.

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya turun dari gunung, para murid bertanya kepada-Nya, “Mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?” Yesus menjawab, “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu.

Dan Aku berkata kepadamu, Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka.

Demikian pula Anak Manusia akan menderita oleh mereka.”Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Renungan Hari Ini

Nih, sobat Katolik yang kece, kita mau bahas renungan harian nih, khusus buat hari Sabtu, tanggal 16 Desember 2023. Yuk, kita selalu dekat sama Yesus Kristus, simak baik-baik ya!

Jadi, di bacaan Injil Matius 17:10-13 kali ini, ceritanya tentang Elia yang dateng, tapi orang-orang pada cuek aja, nggak ngeh sama dia.

“Elia tuh dibawa naik sama angin berapi, naik kereta kuda-kuda berapi gitu. Dia dianggep banget buat ngehadapi masalah di masa depan, nyantolin kemurkaan sebelum bencana, dan benerin hubungan bapak-anak di suku Yakub. Keren banget kan, ada di Sirakh 48:9-11,” gitu ceritanya.

Denger ini, kita jadi merenung, loh. Nungguin kedatangan Penyelamat Dunia, kita saling lihat anugerah Tuhan dalam diri kita. Kita lihat dan yakinin kebaikan-kebaikan hidup sehari-hari kita.

Nah, nabi tuh orang yang hidup sesuai kehendak Roh Kudus, kayak kita yang beriman juga punya dimensi kenabian dalam diri. Hidup kita seharusnya nyambung sama kehendak Roh Kudus, biar kita bisa bikin buah-buah Roh Kudus, misalnya kayak kasih, sukacita, damai sejahtera, dan yang lainnya (lihat di Galatia 5:22-23).

Jangan lupa, kita juga perlu refleksi, nih. Penguasaan diri tuh penting banget, karena kalo kita bisa ngendaliin diri dengan baik, hubungan sama orang lain pasti jadi positif. Kalo nggak, bisa-bisa malah ribut terus, kan nggak asik.

Mulai dari sekarang, yuk, biasain penguasaan diri. Jangan lupa, contohin anak-anak di keluarga kita, biar dari kecil udah bisa ngeh. Salah satu buah Roh yang keren buat direnungin adalah penguasaan diri, loh!

Oia, jangan lupa berdoa juga, guys. Asaf, dalam Mazmur, tuh minta pertolongan sama Sang Gembala, alias Tuhan Allah. Ingatin lagi kebaikan Tuhan waktu bawa keluar Israel dari Mesir. Kita juga bisa minta pertolongan sama Tuhan, loh.

Terus, yang penting banget, jangan sampai terlambat buat berdoa, guys. Kalo udah masuk ke masalah, ya udah, doa aja ke Tuhan biar selamat dari bencana. Doa yang tulus tuh ampuh banget, jangan ragu buat nge-minta pertolongan.

Baca juga renungan harian yang lain, guys. Semua janji Tuhan pasti ditepati, jadi kita harus percaya dan taat.

Doa Penutup

Oh, Roh Kudus yang Maha Bijaksana, lintasilah setiap sudut hatiku dan kokohkan keyakinanku akan kasih Yesus.

Engkau, Tuhan, adalah sumber segala kasih yang menyapa kami melalui berbagai wujud, termasuk dalam kebersahajaan orang-orang kecil dan sederhana.

Kami tundukkan hati ini dalam doa, yakin bahwa cahaya kasih-Mu akan terus menyinari setiap langkah kami.

Berilah kami kepekaan untuk saling menghargai, terutama terhadap mereka yang hidup dalam kesederhanaan di tengah kehidupan kami.

Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Jumat 24 Mei 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada...

More Articles Like This

Favorite Post