Selasa, Mei 7, 2024

Prabowo Bikin Kejutan Besar, Gibran Jadi Calon Wakil Presiden, Media Asing Ikutan Heboh

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Berita terkini yang lagi hangat banget di semua media, gak kalah keren dari gosip selebgram!

Ehh, media asing pun ikutan kepo banget soal Pilpres RI.

Kali ini, ceritanya si bakal Capres, Prabowo Subianto, milih si Gibran Rakabuming Raka buat jadi Wapres-nya. Kepo banget, kan?

Reuter

Reuter, salah satu media luar negeri, nulis artikel dengan judul kece, ““Indonesia presidential candidate Prabowo picks Jokowi’s son as running mate.” (Prabowo Pilih Anak Jokowi Jadi Cawapresnya.)

Malah di Reuters disebutkan kalau Prabowo milih Gibran pas lagi gejolak di dalam negeri gara-gara keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Menteri Pertahanan dan bakal Capres Prabowo Subianto, hari Minggu lalu, tiba-tiba menyampaikan berita kalo anak sulung sang Presiden, Joko Widodo, bakal jadi cawapresnya buat pemilu tahun depan,” gitu kata Reuter dikutip Senin (23/10/2023).

“Gibran Rakabuming Raka, yang berumur 36 tahun, bisa jadi kunci sukses Prabowo karena popularitasnya Jokowi yang super gede. Walau usia Gibran yang masih muda masih heboh gara-gara MK mengubah aturan kelayakan yang ngebikin Gibran susah jadi Capres,” lanjut tulisan di Reuter.

Reuter juga cerita soal kesepakatan Prabowo sama partainya, plus komentar Jokowi yang ngeklaim dia gak ada hubungannya sama kandidat presiden.

Ngomongin soal pendapat para analis, mereka bilang kalo kolaborasi Prabowo sama Gibran bisa bikin sebagian pendukung Jokowi nyelonong ke kubu Prabowo.

Konsekuensinya, ini bisa ngebantu Jokowi mewujudkan program-program ekonomi penting yang sudah mulai dijalankannya.

Dan sebagai tambahan dalam berita ini juga disebut “pencalonan Gibran sebenernya adalah cara bagi Jokowi, yang nantinya bakal keluar dari jabatannya sebagai presiden, untuk tetep pegang kendali dan secara diam-diam kumpulin dukungan buat Prabowo”.

Associated Press (AP)

Sementara itu, berita yang sama juga tersaji di Associated Press (AP) yang juga dikutip oleh ABC News. Keduanya ngeluarin artikel seru dengan judul  “Indonesia’s leading presidential hopeful picks Widodo’s son to run for VP in 2024 election.” (Kandidat Presiden Terkemuka Indonesia Pilih Anak Jokowi Jadi Cawapres di Pemilu 2024).

“Kandidat presiden yang diunggulkan di Indonesia memutuskan buat ajak anak sulung Presiden Joko Widodo buat jadi calon wakil presiden di pemilu tahun depan di negara demokrasi terbesar di Asia Tenggara,” begitu beritanya, juga nambahin nama lengkap Jokowi biar makin keren.

Mereka juga kasih gambaran singkat tentang si Gibran. Gimana dia yang awalnya masih di bawah umur buat jadi calon presiden.

“Dia awalnya belum cukup umur untuk jadi Capres, tapi MK di bawah pimpinan saudara ipar Presiden – ya, yang ini agak bikin mata melotot – ngeluarin pengecualian dalam keputusannya beberapa minggu lalu. Sekarang, yang jadi pemimpin daerah atau udah terpilih bisa maju jadi calon dengan umur yang lebih muda,” cerita berita ini lagi.

Keputusan MK ini menciptakan kontroversi besar, karena dituduh nepotisme, dan sejumlah analis juga mengingatkan kalau keputusan ini bisa ngerusakin proses demokrasi.

Strait Times, Singapura

Di sisi lain, media dari Singapura, Strait Times, juga ngebidik berita ini. Mereka bikin artikel dengan judul “Defence Minister Prabowo to run for Indonesia president with Jokowi’s son Gibran as V-P.” (Menteri Pertahanan Prabowo Maju Jadi Presiden Indonesia Dengan Anak Jokowi, Gibran Jadi Wakil Presiden).

Media ini juga kasih tempat buat sejumlah pengamat lokal yang ngasih komentar soal berita ini. Termasuk si Arya Fernandes, peneliti dari CSIS.

“Akhirnya, banyak orang yang tadinya dukung Jokowi, sekarang beralih dukungan ke Prabowo karena ada isu kalau Presiden juga ikutan dukung Prabowo.

Tapi siapa tau nanti mungkin dukungan mereka beralih ke Ganjar,” itu kutipan yang dikeluarin dari si Arya.

Pemilu Indonesia tahun 2024 pastinya bakalan seru kan? Kita warga Indonesia ikutin beritanya juga dong ya

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Siapa Saja Pemenang Baeksang Arts Awards 2024? Simak Daftar Lengkapnya, Exhuma Jadi Pemenang Terbesar

Baeksang Arts Awards 2024 telah digelar hari ini, 7 Mei, di COEX, Seoul, Korea Selatan. Acara penghargaan ini memberikan...

More Articles Like This

Favorite Post