Sabtu, Mei 4, 2024

Viral! Rafael Alun Terlibat Korupsi 3000T, Uangnya ke 25 Artis, Klarifikasi Pengacara Ungkap Fakta

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Pernah dengar gosip liar soal mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo, yang katanya kabar terbaru kalo dia terlibat korupsi fantastis hingga Rp3000 triliun? Menurut kabar yang beredar, uang hasil korupsi itu konon mengalir ke 25 artis tanah air! Tapi, apakah ini hanya hoaks belaka?

Kabar ini pertama kali muncul di media sosial TikTok melalui sejumlah unggahan yang menyebutkan bahwa Rafael Alun diduga terlibat dalam korupsi sebesar itu. Salah satu akun bahkan mengklaim bahwa Rafael Alun adalah pelaku korupsi terbesar setelah kasus heboh korupsi sebelumnya.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, video yang mengklaim Rafael Alun terlibat korupsi sebesar Rp3000 triliun itu ternyata merupakan potongan dari sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube Official iNews berjudul “BONGKAR!

Artis Inisial R Diduga Miliki Bisnis dengan Rafael Alun” pada tahun sebelumnya. Video tersebut kemudian ditambahkan narasi yang keliru oleh beberapa akun media sosial, sehingga menimbulkan hoaks.

BACA JUGA: Rafael Alun Korupsi 3000 T, 25 Artis Terlibat! Siapa Saja Mereka?

BACA JUGA: Hot News! Rafael Alun dan 25 Artis Dituduh Terlibat Cuci Uang Kasus Korupsi 3000 Triliun, Netizen Heboh

Fakta sebenarnya, Rafael Alun sebelumnya diproses hukum oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus penerimaan gratifikasi bersama-sama dengan istrinya senilai Rp16,6 miliar dan tindak pidana pencucuan uang (TPPU). Rafael Alun dan istrinya didakwa melakukan TPPU dalam periode tertentu dengan total nilai mencapai Rp94,6 miliar.

Atas perbuatannya, Rafael Alun dihukum pidana penjara selama 14 tahun dan denda sebesar Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat. Selain itu, dia juga diwajibkan membayar uang pengganti sejumlah Rp10.079.095.519.

Tanggapan dari pengacara Rafael Alun nih! Dia buka suara soal video narasi yang bilang Rafael terlibat korupsi triliunan rupiah. Menurut dia, informasi dalam video itu tuh bener-bener gak jelas, bahkan sampe disebut-sebut sebagai berita sampah!

“Ini mah benar-benar berita palsu. Gak jelas banget. Gak ada hubungannya sama yang bener,” ujar Junaedi Saibih pada Minggu, 21 April 2024. Gila ya, berita kayak gini bisa heboh gitu!

Kini, pihaknya lagi fokus untuk ajukan kasasi, nih, gengs. “Kita lagi fokus banget nih sama Memori Kasasi yang udah kita ajukan dan juga kontra memori Kasasi,” tambah Junaedi.

Tunggu aja kabar selanjutnya, gengs! Yang penting, jangan langsung percaya sama kabar yang belum tentu kebenarannya, ya!

Jadi, meskipun kabar hoaks tersebut terdengar menggiurkan, sebaiknya tetap bijak dalam menyikapinya. Jangan tergoda dengan berita yang belum tentu kebenarannya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang kasus Rafael Alun yang sebenarnya.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Jadwal Kapal Pelni KM Tidar Tanggal 5 Mei-2 Juni 2024 Ke Sorong, Manokwari, Nabire, Rute Lain dan Harga Tiket Cek Semua Disini

Nah, buat kalian yang lagi di Manokwari atau Sorong dan pengen jalan-jalan ke Makassar atau Ambon, bisa nih naik...

More Articles Like This

Favorite Post