Minggu, Mei 26, 2024

Ternyata Ini Agama Tiktoker Galih Loss, Sekarang Viral Terjerat Kasus Dugaan Penistaan Agama

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Warganet dihebohkan dengan penangkapan TikToker terkenal, Galih Loss, oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya. Ternyata Ini Agama Tiktoker Galih Loss, Sekarang Viral Terjerat Kasus Dugaan Penistaan Agama.

Nama Galih Loss yang sebenernya yaitu Noval Aji. Dia itu dari Bekasi dan udah jadi konten kreator dari tahun 2019 lho. Nah, ini nih biodatanya:

Nama Panggung: Galih Loss

Profesi: Konten kreator dan selebgram

Instagram: @galihloss

TikTok: @galihloss3

Agama: Islam

Penangkapan Galih Loss ini terkait dengan dugaan penyebaran kebencian dan penistaan agama melalui media sosial. Galih Loss sebelumnya mengunggah konten pelesetan zikir dan Taawus, yang menyebabkan kontroversi di kalangan pengguna media sosial.

Kepala Sub Direktorat Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, AKBP Ardian Satrio Utomo, membenarkan penangkapan tersebut.

Galih Loss ditangkap paksa di Jalan Kampung Burangkeng, Bekasi, Jawa Barat, dan dijerat dengan pasal Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang ITE dan/atau Pasal 156a KUHP.

Galih Loss dikenal sebagai konten kreator Tiktok dengan jumlah pengikut lebih dari 90 ribu. Ia sering mengunggah konten hiburan namun juga tak jarang kontroversial. Galih, yang bernama asli Noval Aji, memulai kariernya sebagai kreator konten sejak 2019.

Dengan penampilan nyentrik dan rambut klimis hampir botak, Galih Loss mencuri perhatian. Konten-kontennya yang penuh dengan prank dan video bertagline ‘Apaan Tuh’ selalu mengundang perhatian netizen.

Video Yang Menjerat Galih Loss Ditangkap

Dalam video yang menjadi bukti kasus dugaan penyebaran kebencian dan penistaan agama melalui media sosial, Galih mengajak seseorang untuk main tebak-tebakan dengan jawaban yang dianggap merendahkan agama.

Dalam kontennya itu, ia memplesetkan kalimat Taawwudz.

“Hewan, hewan apa yang bisa ngaji,” tanya Galih kepada bocah.

“Apa ya, Bang? Paus, paus, pak ustaz,” jawab si bocah

“Selain pak ustaz, apaan?” tanya Galih lagi

“Apaan ya? baru tahu. Monyet kali ya,” jawab bocah.

Saat si bocah polos ga bisa ngejawab, Galih memperagakan raungan serigala dan diteruskan membaca bacaan Taawudz.

“Lu udah nyerah belum? Lu mau tau nggak hewan apa? auuudzubillah himinassaitonnirojim, bener nggak?” tanya Galih Loss lagi.

“Hewan apa itu berarti?” tanyanya.

“Serigala,” celetuk si bocah dan dibenarkan Galih Loss.

Kombes Pol Ade Safri dari Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa motif Galih membuat konten penistaan agama ini adalah untuk mendapatkan endorsement. Meski begitu, Galih sendiri telah membuat video klarifikasi dan permintaan maaf atas kontennya yang menimbulkan kontroversi.

“Saudara GNAP adalah pemilik dan yang menguasai akun TikTok @galihloss3. Tujuan yang bersangkutan membuat seluruh konten video dalam akun tersebut untuk untuk mencari endorse,” kata Ade Safri hari Selasa, 23 April 2024.

Sebelum kasus ini, Galih juga sering membuat konten prank yang kontroversial di mana ia kerap membuat geram netizen.

Galih kini dihadapkan pada ancaman hukuman berat, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 156 a KUHP, dengan ancaman pidana penjara maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 5 miliar.

Itulah berita terkini tentang Agama Tiktoker Galih Loss, yang Sekarang Viral Terjerat Kasus Dugaan Penistaan Agama.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Info Terkini KLJ Tahap 2: Lansia DKI Jakarta Harapkan Kelancaran Pencairan

Wah, pencairan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) tahap 2 tahun 2024 masih ditunggu-tunggu nih sama para lansia di Jakarta, guys. Namun...

More Articles Like This

Favorite Post