Kamis, April 25, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Sabtu 6 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
5/5 - (2 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral.

Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam. Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita bahas Injil Katolik buat Sabtu 6 April 2024.

Kalender Liturgi hari ini Sabtu 6 April 2024 merupakan Hari Sabtu Dalam Oktaf Paskah, Hari Sabtu Imam, Santo Selestinus, Paus dan Pengaku Iman, Santa Kresensia Hoess, Pengaku Iman, Santo Notker “Penggagap”, Pengaku Iman, dengan Warna Liturgi Putih.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Sabtu 6 April 2024:

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan April 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Maret 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

Bacaan Pertama Kisah Para Rasul 4:13-21

“Tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar.”

Pada waktu itu Rasul Petrus dan Yohanes dihadapkan ke Mahkamah Agama Yahudi. Ketika para pemimpin Yahudi dan tua-tua umat serta ahli-ahli Taurat melihat keberanian mereka, padahal keduanya adalah orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka.

Dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus. Tetapi karena mereka melihat orang yang disembuhkan para rasul itu berdiri di samping kedua rasul itu mereka tidak dapat mengatakan apa-apa untuk membantahnya.

Maka mereka enyuruh rasul-rasul itu meninggalkan ruang sidang. Lalu berundinglah mereka, dan berkata, “Tindakan apakah yang harus kita ambil terhadap orang-orang ini? Sebab telah nyata kepada semua penduduk Yerusalem, bahwa mereka telah mengadakan suatu mukjizat yang menyolok dan kita tidak dapat menyangkalnya.

Tetapi supaya hal itu jangan makin luas tersiar di antara orang banyak, baiklah kita mengancam dan melarang mereka, supaya mereka jangan berbicara lagi dengan siapa pun dalam nama itu.”

Setelah kedua rasul itu disuruh masuk lagi, mereka diperintahkan supaya sama sekali jangan berbicara atau mengajar lagi dalam nama Yesus. Tetapi Petrus dan Yohanes menjawab mereka, “Silakan kamu putuskan sendiri manakah yang benar di hadapan Allah: Taat kepada kamu atau taat kepada Allah.

Sebab tidak mungkin bagi kami untuk tidak berkata-kata tentang apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar.” Mereka semakin keras mengancam rasul-rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga,

sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak yang memuliakan nama Allah berhubung dengan apa yang telah terjadi.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 118:1.14-15a.16a-18.19-21

Ref. Bersyukurlah kepada Tuhan, karna baiklah Dia!

Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik. Kekal abadi kasih setia-Nya. Tuhan itu kekuatanku dan mazmurku; ia telah menjadi keselamatanku. Suara sorak-sorai dan kemenangan terdengar di kemah orang-orang benar.

Tangan kanan Tuhan melakukan keperkasaan, tangan kanan Tuhan berkuasa meninggikan. Tuhan telah menghajar aku dengan keras, tetapi Ia tidak menyerahkan daku kepada maut.

Bukakan aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada Tuhan. Inilah pintu gerbang Tuhan, orang-orang benar akan masuk ke dalamnya. Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.

Bait Pengantar Injil Mzm 118:24

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita karenanya.

Bacaan Injil Markus 16:9-15

“Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.”

Setelah Yesus bangkit dari antara orang mati, pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

Lalu Maria Magdalena pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.

Tetapi ketika mereka mendengar bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya. Sesudah itu Yesus menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari para murid, ketika keduanya dalam perjalan ke luar kota.

Ketika mereka kembali dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya. Akhirnya Yesus menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan.

Yesus mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya. Lalu Yesus berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk!”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Bacaan Injil Hari Sabtu 6 April 2024

Renungan Harian Katolik Sabtu 6 April 2024

Dalam Bacaan Injil hari ini, kita mendengar tentang mukjizat kebangkitan Yesus Kristus yang pertama kali dilihat oleh Maria Magdalena. Yesus menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena, dan dari situlah dimulai kabar sukacita bahwa Yesus telah bangkit dari antara orang mati.

Kisah ini mengajarkan kepada kita tentang kekuatan iman dan kesaksian. Maria Magdalena adalah contoh nyata bahwa iman yang kuat dan setia kepada Kristus dapat mengubah hidup seseorang. Dulu, Maria Magdalena pernah dikutuk oleh tujuh setan, tetapi setelah bertemu dengan Yesus, hidupnya berubah menjadi saksi setia akan kebangkitan Kristus.

Sikap nyata yang dapat kita contoh dari Maria Magdalena adalah kesediaan untuk memberitakan kabar baik kepada orang lain. Setelah melihat Yesus, dia segera pergi memberitahukannya kepada murid-murid lain meskipun pada awalnya tidak dipercaya. Hal ini mengajarkan kita untuk tidak takut atau malu untuk menyatakan iman kita kepada orang lain, meskipun mungkin akan ada yang tidak percaya atau bahkan menolak.

Perkataan Yesus kepada murid-murid-Nya, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk,” adalah panggilan bagi setiap orang percaya untuk menjadi saksi Kristus di dunia ini. Kita semua dipanggil untuk menyebarkan kabar baik tentang keselamatan yang diberikan oleh Yesus Kristus kepada semua orang, tanpa memandang suku, bangsa, atau latar belakang.

Melalui bacaan ini, kita diajak untuk mempertegas iman kita kepada Yesus Kristus yang telah bangkit, serta menghidupkan sikap kesaksian dan keterbukaan hati untuk menyebarkan kasih dan kabar baik-Nya kepada semua orang.

Sedangkan dalam Bacaan Pertama, Petrus dan Yohanes menunjukkan keberanian mereka dalam menghadapi tantangan dan ancaman demi memenuhi panggilan untuk memberitakan Injil. Mereka tidak takut berbicara tentang apa yang telah mereka lihat dan dengar, meskipun harus menghadapi tekanan dari pemimpin agama Yahudi. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa kita juga harus memiliki keberanian yang sama dalam menyaksikan iman kita, meskipun mungkin dihadapkan pada tantangan dan penolakan.

Dari kedua bacaan tersebut (Bacaan Injil dan Bacaan Pertama), kita pun dapat memahami bahwa iman kita haruslah hidup, bukan hanya sebatas kepercayaan pribadi. Kita harus memiliki keberanian untuk menyaksikan iman kita kepada orang lain, meskipun mungkin dihadapkan pada penolakan atau tekanan. Mari kita terus memperkuat iman kita dan bersaksi tentang kasih Allah kepada semua orang, agar semua makhluk dapat mengenal dan mencintai-Nya. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan yang Maha Agung, dalam kebangkitan-Mu, Engkau mengubah hati Maria Magdalena dari yang dikutuk menjadi saksi setia. Ampunilah dosa-dosaku dan kuatkanlah imanku, agar aku dapat menyaksikan kasih-Mu kepada semua orang dengan penuh keberanian. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

WORK BANGET! Link Download Regedit White 444 V3 Macro APK Regedit VIP MAX FF Anti Banned Real 100% Auto Headshoot

Apa Kabar, Gamer Squad? Kalian pasti udah gak asing lagi sama yang namanya APK Regedit White 444, kan? Nah,...

More Articles Like This

Favorite Post