Kamis, April 25, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 7 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
2.8/5 - (5 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral.

Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam. Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita bahas Injil Katolik buat Minggu 7 April 2024.

Kalender Liturgi hari ini Minggu 7 April 2024 merupakan Hari Minggu Paskah II, Minggu Kerahiman Ilahi, Santo Yohanes de la Salle, Pangaku Iman, Beato Henry Walpole, Martir, dengan Warna Liturgi Putih.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Minggu 7 April 2024:

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan April 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Maret 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 7 April 2024-Hari Minggu Paskah II Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

BACA JUGA: Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Senin 8 April 2024-Hari Raya Kabar Sukacita Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Bacaan Pertama Kisah Para Rasul 4:32-35

Mereka sehati dan sejiwa.

Kumpulan orang yang telah percaya akan Yesus sehati dan sejiwa. Dan tidak seorang pun yang berkata bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.

Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.

Di antara mereka tidak ada seorang pun yang berkekurangan. Karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu,

dan hasil penjualan itu mereka bawa dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 118:2-4.16ab-18.22-24

Ref: Bersyukurlah kepada Tuhan, karna baiklah Dia.

Biarlah Israel berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya!” Biarlah kaum Harun berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya!”Biarlah orang yang takwa pada Tuhan berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya!”

Tangan kanan Tuhan berkuasa meninggikan, tangan kanan Tuhan melakukan keperkasaan. Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan Tuhan! Tuhan telah menghajar aku dengan keras, tetapi Ia tidak menyerahkan daku kepada maut.

Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru. Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita. Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita karenanya.

Bacaan Kedua 1Yohanes 5:1-6

Semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia.

Saudara-saudaraku yang terkasih, setiap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya.

Inilah tandanya bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.

Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Dan perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia.

Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia, yakni iman kita. Tidak ada orang yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah!

Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil Luk 24:32

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Karena telah melihat Aku, Tomas, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

Bacaan Injil Yohanes 20:19-31

“Delapan hari kemudian Yesus datang.”

Setelah Yesus wafat di salib, pada malam pertama sesudah hari Sabat, berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.

Pada waktu itu datanglah Yesus, berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” Sesudah berkata demikian, Yesus menunjukkan tangan dan lambung-Nya kepada mereka.

Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi, “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Dan sesudah berkata demikian, Yesus menghembusi mereka dan berkata, “Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Pada waktu Yesus datang itu Tomas, seorang dari kedua belas murid, yang juga disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya, “Kami telah melihat Tuhan!”.

Tetapi Tomas berkata kepada mereka, “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya, dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu, dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, aku sama sekali tidak akan percaya.”

Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu, dan Tomas bersama-sama dengan mereka.

Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang. Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” Kemudian Yesus berkata kepada Tomas,

“Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku, dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah!”

Tomas menjawab kepada-Nya, “Ya Tuhanku dan Allahku!” Kata Yesus kepadanya, “Karena telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini.

Tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya oleh imanmu itu kamu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Bacaan Injil Hari Minggu 7 April 2024

Renungan Harian Katolik Minggu 7 April 2024

Injil hari ini mengisahkan pertemuan yang penuh makna antara Yesus yang telah bangkit dengan para murid-Nya. Pada saat pintu-pintu terkunci, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan memberikan salam sejahtera. Ini bukan hanya sebuah pertemuan fisik, tetapi juga pertemuan rohani yang mendalam.

Sikap murid-murid sebelum dan sesudah Yesus muncul menggambarkan bagaimana iman mereka diuji dan diperkuat. Pada awalnya, mereka takut dan merasa terisolasi, mengunci diri mereka dalam ketakutan. Namun, kehadiran Yesus yang hidup merubah segalanya. Mereka melihat luka-luka-Nya, tanda-tanda kesengsaraan yang dialaminya, tetapi juga tanda kemenangan atas maut.

Yesus tidak hanya memberikan damai sejahtera, tetapi juga mengutus mereka untuk melanjutkan misi-Nya. Dia memberikan Roh Kudus kepada mereka, memperkuat mereka untuk memberikan pengampunan dan membebaskan orang dari dosa. Yesus juga menegaskan pentingnya iman tanpa melihat secara langsung, mengajarkan bahwa berbahagialah orang-orang yang percaya meskipun tidak melihat.

Tomas, yang awalnya meragukan kebangkitan Yesus, akhirnya menjadi saksi dan menyatakan imannya dengan penuh keyakinan. Dia menyatakan, “Ya Tuhanku dan Allahku!” sebagai pengakuan atas keilahian Yesus dan penerimaan akan kasih dan pengampunan-Nya.

Bagi kita, Injil hari ini mengajarkan tentang kekuatan iman dan pentingnya pengakuan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allah kita. Kita diingatkan bahwa iman bukan hanya tentang melihat secara fisik, tetapi juga tentang percaya tanpa melihat. Melalui iman, kita dapat menerima kasih dan pengampunan Allah, dan melanjutkan misi-Nya di dunia ini. Semoga iman kita semakin kokoh dan kasih kita semakin luas kepada sesama, sehingga kita juga dapat bersaksi akan kebangkitan Kristus bagi dunia.

Bacaan Pertama mengisahkan tentang keberanian Rasul Petrus dan Yohanes dalam menghadapi tantangan dan ancaman dari orang-orang yang tidak setuju dengan ajaran Yesus. Mereka tidak gentar untuk menyatakan kebenaran iman mereka meskipun dihadapkan pada tekanan dan ancaman. Pesan yang dapat dipetik dari bacaan ini adalah pentingnya untuk teguh dalam iman dan bersaksi tentang kebenaran, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan dan rintangan.

Bacaan Kedua menegaskan bahwa iman kepada Yesus Kristus adalah kunci untuk mengalahkan dunia. Melalui iman kepada Kristus, kita dapat mengasihi Allah dan sesama, serta memperoleh kemenangan atas godaan dan pencobaan dunia. Pesan yang dapat diambil dari bacaan ini adalah pentingnya iman yang teguh kepada Yesus Kristus sebagai jalan untuk mengatasi segala tantangan dan godaan dunia.

Hari Minggu ini, kita dipanggil untuk memperkuat iman dan keteguhan hati dalam menghadapi berbagai cobaan dan godaan dalam kehidupan. Kehadiran dan kasih Yesus Kristus harus menjadi landasan kuat dalam hidup kita, sehingga kita mampu menghadapi segala situasi dengan keberanian dan ketenangan batin.
Mari kita bersama-sama menghadapi keraguan dengan keyakinan, mengatasi penindasan dengan keberanian, dan mengalahkan dunia dengan iman kepada Yesus Kristus, Sang Anak Allah yang telah datang dengan air dan darah, dan Roh yang memberi kesaksian tentang kebenaran. Amin.
Doa Penutup

Ya Tuhan yang penuh kasih, kami bersyukur atas kasih-Mu yang tak pernah berkesudahan. Mampukanlah kami untuk selalu mengikuti jejak-Mu dalam iman dan kesetiaan. Berikanlah kami keberanian dan keteguhan hati dalam menghadapi segala cobaan dan godaan dalam kehidupan ini. Kiranya kasih dan damai-Mu senantiasa menyertai kami, agar kami dapat menjadi saksi bagi kemuliaan-Mu di dunia ini. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Promo GENKI SUSHI Terbaru Hari Ini Periode 25-26 April 2024, Payday Party Package Harga 78 Ribu

Ada promo seru nih dari Genki Sushi yang pasti bikin kamu makin kekinian! Promo PAYDAY PARTY PACKAGE cuma Rp....

More Articles Like This

Favorite Post