Selasa, April 30, 2024

Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 14 April 2024-Hari Minggu Paskah III Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Must Read
4/5 - (6 votes)

Mari kita simak Teks Misa Perayaan Ekaristi Hari Minggu 14 April 2024 lengkap Bacaan Injil Katolik dan Renungan Homili.

Hari Minggu 14 April 2024 merupakan Hari Minggu Paskah III, Santo Tiburtius, Valerianus dan Maximus, Martir, Santa Lidwina, Pengaku Iman, dengan Warna Liturgi Putih.

Bapak/Ibu, Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, Hari Minggu 14 April 2024, kita masuk kepada Hari Minggu Paskah III, mari kita mempersembahkan diri kita dengan iman yang teguh kepada Tuhan.

Marilah kita bersama-sama menyanyikan LAGU PEMBUKA (Pastor, Prodiakon, Lektor, Misdinar masuk).

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 14 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan April 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Maret 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

RITUS PEMBUKA
PERARAKAN MASUK

NYANYIAN PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM -berdiri-

P. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
P. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

Dalam Injil hari ini, Yesus membuktikan kehadiran-Nya kepada para murid-Nya dengan meminta makanan. Pesan-Nya kepada mereka adalah menjadi saksi kebangkitan-Nya agar orang bertobat dan mengimani Tuhan. Petrus dan Yohanes juga menjadi saksi kuat, tidak takut mengakui iman mereka di hadapan para pemimpin agama. Kita, sebagai pengikut Kristus, juga diutus untuk menjadi saksi-Nya dengan meninggalkan cara hidup lama dan mentaati perintah-Nya. Marilah kita berdoa agar dapat menjadi saksi Tuhan melalui hidup kita, mengantarkan lebih banyak orang kepada-Nya. Semoga Ekaristi hari ini membuat kita pun diteguhkan untuk juga diutus menjadi saksi iman yang kuat dan gembira dalam kehidupan ini.⁣⁣

SERUAN TOBAT

P. Saudara-saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.

P. Tuhan Yesus Kristus, sabda kekal yang menjelma Engkau telah memilih Bunda Maria menjadi bunda-Mu yang tak bernoda, bebaskanlah kami dari noda dosa.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Penebus dunia melalui malaikat Gabriel, Engkau meminta kesediaan Bunda Maria untuk menerima Engkau di dalam rahimnya. Buatlah hati kami tanggap menerima Engkau.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Allah Putra, melalui Bunda Maria, Engkau menjadi manusia. Curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

P. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
K. Kemuliaan kepada Allah di surga.

U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kasihanilah kami
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kabulkanlah doa kami
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. Kasihanilah kami.
K. Kar’na hanya Engkaulah Kudus.
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus
U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

COLLECTA/ DOA PEMBUKA

P. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)

P.  Allah Bapa Kami yang kekal dan kuasa, Engkau telah memenuhi janji yang diwartakan para nabi, pada Diri Yesus yang bangkit dan hidup mulia. Kami mohon, bersabdalah kepada kami agar kami dapat mengenal Engkau dan mengasihi Engkau sebagai Bapa kami, yang patut dipercaya karena selalu mengatakan yang benar serta melaksanakannya. Sebab, Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

LITURGI SABDA

BACAAN I (Kis 3:13-15.17-19)

Yesus, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati.

Setelah Petrus dan Yohanes menyembuhkan seorang lumpuh, orang banyak yang sangat keheranan mengerumuni mereka. Maka kata Petrus kepada mereka, “Allah Abraham, Ishak dan Yakub, Allah nenek moyang kita telah memuliakan Hamba-Nya, yaitu Yesus yang kamu serahkan dan kamu tolak di depan Pilatus, walaupun Pilatus berpendapat bahwa Ia harus dilepaskan.

Kamu telah menolak Yang Kudus dan Benar, dan malah menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu. Demikianlah Yesus, Pemimpin kepada hidup, telah kamu bunuh, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, dan tentang hal itu kami adalah saksi.

Hai saudara-saudara, aku tahu bahwa kamu telah berbuat demikian karena ketidaktahuan, sama seperti semua pemimpinmu. Tetapi dengan jalan demikian Allah telah menggenapi apa yang telah difirmankan-Nya dahulu dengan perantaraan nabi-nabi-Nya, yaitu bahwa Mesias yang diutus-Nya harus menderita. Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan.”

L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

MAZMUR TANGGAPAN

Ref: Biarlah cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya Tuhan.

Apabila aku berseru, jawablah aku, ya Allah yang membenarkan daku. Engkau memberi kelegaan kepadaku di saat kesesakan; kasihanilah aku, dan dengarkanlah doaku!

Ketahuilah, Tuhan telah memilih bagi-Nya seorang yang Ia kasihi; apabila aku berseru kepada-Nya, Ia mendengarkan.

Banyak orang berkata, “Siapa akan memperlihatkan yang baik kepada kita?” Biarlah cahaya wajah-Mu menyinari kami, ya Tuhan!

Dengan tenteram aku mau membaringkan diri dan segera tertidur, sebab hanya Engkaulah, ya Tuhan, yang membiarkan aku diam dengan aman.

BACAAN II (Yoh 2:1-5a)
Yesus adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan juga untuk dosa seluruh dunia.
Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa. Namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus yang adil. Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita; malahan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

Dan inilah tandanya bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata ‘Aku mengenal Allah’ tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta, dan di dalam dia tidak ada kebenaran. Tetapi barangsiapa menuruti firman allah, di dalam orang itu kasih Allah sungguh sudah sempurna.

L. Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

BAIT PENGANTAR INJIL

Reff. Alleluya, Alleluya, Alleluya

Tuhan Yesus, bukalah arti Kitab Suci bagi kami, dan kobarkanlah hati kami karena ajaran-Mu (Luk 24:32)

BACAAN INJIL (Luk 24:35-48)

“Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.”

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Inilah Injil Suci menurut Lukas (24:35-48)
U. Dimuliakanlah Tuhan.

P. Dua murid yang dalam perjalanan ke Emaus ditemui oleh Yesus yang bangkit segera kembali ke Yerusalem. Di sana mereka menceriterakan kepada saudara-saudara yang lain apa yang telah terjadi di tengah jalan, dan bagaimana mereka mengenal Yesus pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.

Sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” Mereka terkejut dan takut, karena menyangka bahwa mereka melihat hantu.

Akan tetapi Yesus berkata kepada mereka, “Mengapa kamu terkejut, dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hatimu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini! Rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu kan tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”

Sambil berkata demikian, Yesus memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan ketika mereka belum percaya karena girang dan masih heran, berkatalah Yesus kepada mereka, “Adakah padamu makanan di sini?” Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.

Yesus berkata kepada mereka, “Inilah perkataan yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa, kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.” Lalu Yesus membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Kata Yesus kepada mereka, “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita, dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga. Dan lagi: Dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

HOMILI/ RENUNGAN

Saudara-saudari yang terkasih, Injil Lukas yang kita dengarkan di Minggu Paskah ketiga ini mengisahkan kisah perjumpaan para murid dengan Yesus yang telah bangkit. Meskipun kisah ini menceritakan perjumpaan langsung dengan Yesus yang telah bangkit, tidak serta-merta membuat para murid mengenal Yesus dengan segera.

Renungan Katolik berdasarkan bacaan Injil Lukas 24:35-48 mengajarkan kita beberapa hal penting yang dapat kita imani dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Yesus Menyatakan Diri-Nya dengan Nyata: Yesus muncul di tengah-tengah murid-murid-Nya untuk menunjukkan bahwa Dia benar-benar bangkit. Hal ini mengajarkan kita untuk percaya bahwa Yesus adalah Tuhan yang hidup dan nyata di tengah-tengah kehidupan kita saat ini.
  2. Penerimaan dan Kepercayaan: Meskipun awalnya mereka takut dan ragu-ragu, murid-murid akhirnya percaya dan menerima bahwa Yesus benar-benar telah bangkit. Hal ini mengajarkan kita pentingnya memiliki iman dan percaya kepada Yesus, meskipun terkadang kita juga bisa merasa ragu atau takut.
  3. Memahami Kitab Suci: Yesus membuka pikiran murid-murid-Nya agar mereka mengerti Kitab Suci. Ini mengajarkan kita pentingnya memahami dan merenungkan Firman Tuhan agar iman kita semakin bertumbuh dan kita dapat mengenal kehendak-Nya dalam hidup kita.
  4. Menjadi Saksi Kristus: Yesus menyuruh murid-murid-Nya untuk menjadi saksi-saksi-Nya kepada semua bangsa. Hal ini mengajarkan kita untuk menjadi saksi Kristus melalui hidup kita, dengan memberitakan Injil melalui kata dan perbuatan kita sehari-hari.

Petrus dalam bacaan pertama memberikan kesaksian yang kuat tentang kebangkitan Kristus. Ia mengingatkan orang banyak bahwa mereka telah menolak dan membunuh Pemimpin kepada hidup, tetapi Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati. Pesan ini mengajarkan kita bahwa kehidupan Kristen adalah tentang pengampunan, pertobatan, dan penerimaan keselamatan yang ditawarkan oleh Kristus kepada semua orang.

Dalam bacaan kedua, Yohanes menekankan pentingnya taat kepada perintah Allah sebagai tanda bahwa kita mengenal Dia. Percayalah bahwa Yesus adalah pendamaian bagi dosa-dosa kita, tetapi hal itu harus diikuti dengan ketaatan terhadap firman-Nya. Jangan hanya berkata bahwa kita mengenal Allah, tetapi hiduplah sesuai dengan kehendak-Nya, karena hanya dengan demikian kasih Allah sungguh akan sempurna dalam hidup kita.

Pesan yang bisa diambil dari ketiga bacaan ini adalah pentingnya memiliki kesaksian yang kuat akan kebangkitan Kristus, kesediaan untuk bertobat dan hidup sesuai dengan kehendak Allah, serta ketaatan terhadap firman-Nya sebagai tanda bahwa kita benar-benar mengenal-Nya.

Mari kita perbaiki sikap dan tingkah laku kita, perbaiki kualitas iman kita agar hidup kita sungguh menjadi kesaksian bagi sesama di sekitar kita. Bukan hanya lewat kata-kata tetapi lewat perbuatan hidup sehari-hari.

Kita dapat mengenal-Nya dalam tindakan kasih, pengampunan, kesabaran, dan dalam berbagi dengan sesama dalam sikap nyata. Yesus mengajak kita untuk benar-benar mengenal-Nya dengan hati yang terbuka, percaya bahwa Dia adalah Tuhan yang hidup dan hadir di tengah-tengah kita. Amin.

SYAHADAT NIKEA-KONSTANTINOPEL

P + U. Aku percaya akan satu Allah,
Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi,
dan segala sesuatu yang kelihatan dan tak kelihatan;
dan akan satu Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah yang tunggal.
Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad,
Allah dari Allah,
Terang dari Terang,
Allah benar dari Allah benar.
Ia dilahirkan, bukan dijadikan,
sehakikat dengan Bapa;
segala sesuatu dijadikan oleh-Nya.
Ia turun dari surga untuk kita manusia
dan untuk keselamatan kita.
Ia dikandung dari Roh Kudus,
Dilahirkan oleh Perawan Maria, dan menjadi manusia.
Ia pun disalibkan untuk kita, waktu Pontius Pilatus;
Ia menderita sampai wafat dan dimakamkan.
Pada hari ketiga Ia bangkit menurut Kitab Suci.
Ia naik ke surga, duduk di sisi Bapa.
Ia akan kembali dengan mulia,
mengadili orang yang hidup dan yang mati;
kerajaan-Nya takkan berakhir.
aku percaya akan Roh Kudus,
Ia Tuhan yang menghidupkan;
Ia berasal dari Bapa dan Putra,
yang serta Bapa dan Putra,
disembah dan dimuliakan;
Ia bersabda dengan perantaraan para nabi.
aku percaya akan Gereja
yang satu, kudus, katolik dan apostolik.
aku mengakui satu pembaptisan
akan penghapusan dosa.
aku menantikan kebangkitan orang mati
dan hidup di akhirat. Amin.

DOA UMAT-berdiri- 

P. Yesus adalah pengantara kita di hadapan Bapa, juga bila hati kita terganggu oleh kebimbangan dan kita tidak tahu bagaimana pemecahannya. Maka marilah kita panjatkan doa kita kepada Bapa di surga:

L : Bagi kaum awam di dalam Gereja: Semoga Allah Bapa Yang Mahabaik memberkati para rasul awam: para katekis dan pendidik, para pembina dan penjiwa gerakan-gerakan sosial sehingga setiap karya pengabdian mereka dalam karya kerasulan menjadi wujud kesaksian nyata atas iman akan Kristus yang telah bangkit. Marilah kita berdoa,

U : Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami, ya Tuhan.⁣

L : Bagi masyarakat kita. Semoga berkat kebangkitan Kristus, masyarakat kita yang diperbudak oleh kesempitan cinta diri dan ketidaksetiaan,  diperbarui kembali dalam kekudusan seturut kehendak Kristua. Marilah kita berdoa,

U : Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami, ya Tuhan.⁣

L : Bagi para penderita: Semoga berkat kebangkitan Kristus, para penderita cacat dan sakit selalu teguh dalam pengharapan dan setia dalam iman yang terwujud dalam perjuangan tanpa henti untuk berbagi hidup demi masa depan yang semakin cerah. Marilah kita berdoa,

U : Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami, ya Tuhan.⁣

L : Bagi keluarga-keluarga muda di paroki kita: Semoga Allah Bapa Yang Mahasetia berkenan membimbing para keluarga muda di paroki kami agar menemukan ke bahagiaan dalam saling mencinta dan membuktikan kese tiaan yang mantap. Marilah kita berdoa,

E : Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami, ya Tuhan.⁣

I : Bapa kami di surga, dalam diri Yesus yang telah bangkit Eng kau menunjukkan kepada kami bahwa Engkau adalah Allah yang setia, Allah orang-orang hidup dan sukacita kami. Maka, dengarkanlah doa putra dan putri-Mu dan perkenankanlah kami bergembira karena pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami.

U. Amin.
KOLEKTE
PERSIAPAN PERSEMBAHAN
DOA ATAS PERSEMBAHAN

P. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa. (umat berdiri)
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
P. Allah Bapa yang mahakuasa dan kekal, dengan penjelmaan Putra-Mu Gereja mengenali asal-mulanya. Terimalah persembahan umat-Mu agar dapat bersukacita merayakan misteri ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.

PREFASI, KUDUS, DOA SYUKUR AGUNG
PREFASI

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
P. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.

P : Sungguh pantas dan benar, layak dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang Kudus, Allah yang Mahakuasa dan Kekal. Sungguh tak terhingga kemuliaan-Mu: Engkau menopang makhluk yang fana dengan keallahan-Mu; dengan mengubah kodrat yang menyebabkan kami jatuh menjadi sarana keselamatan kami, Engkau menyembuhkan kami yang fana ini, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Dengan pengantaraan Kristus itu, Bala Malaikat, yang bersukacita di hadapan-Mu dalam keabadian, menyembah keagungan-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami memadukan suara dengan mereka dalam sukacita bersama sambil berseru (dilanjutkan KUDUS).

  • KUDUS
  • DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

P. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
P+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.P.  Tuhan, kami mohon, bebaskanlah kami dari segala yang jahat, sudilah memberi damai pada hari-hari kami, supaya, kami yang telah dikuatkan oleh kelimpahan belaskasih-Mu, selalu bebas dari dosa, dan aman dari setiap gangguan: sambil menantikan harapan yang membahagiakan dan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
DOA DAMAI
P. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan berilah damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U. Amin.P. Semoga damai Tuhan selalu bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
 

D/I. Berilah damai satu sama lain.

ANAK DOMBA ALLAH  

PERSIAPAN KOMUNI (umat berlutut/berdiri)
Ajakan menyambut Komuni
P.  Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba.
U. Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.
KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
P. Marilah kita berdoa: Allah Bapa kami di surga, kami bersyukur atas roti kehi dupan yang telah kami terima. Semoga, kami semakin berani untuk menjadi saksi kebangkitan Putra-Mu sehingga warta tentang pengampunan dosa dan ajakan untuk bertobat selalu menggema dalam hidup kami. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.
U. Amin.
PENGUMUMAN
RITUS PENUTUP
BERKAT MERIAH (berdiri)
P. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

P. Semoga berkat perayaan Paskah hari ini Allah yang Mahakuasa memberkati Saudara dan melindungi Saudara dari segala bahaya dosa.
U. Amin.

P. Semoga Allah, yang memulihkan hidup Saudara lewat kebangkitan Putra Tunggal-Nya, memenuhi hati Saudara dengan karunia-karunia abadi.
U. Amin.

P. Semoga sesudah memperingati hari-hari sengsara Tuhan dan merayakan pesta Paskah dengan gembira, Saudara diantar Tuhan memasuki pesta sukacita abadi.
U. Amin.

P. Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra (+) dan Roh Kudus turun atas Saudara dan menetap senantiasa
U. Amin.

PENGUTUSAN
P : Perayaan Sabda kita ini sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.
P : Marilah pergi, kita diutus.
U : Amin.
PERARAKAN KELUAR
Lagu Penutup

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Jadwal Acara ANTV Hari Ini Rabu 1 Mei 2024, MEGA BOLLYWOOD-JUDWAA 2, Film Suzzanna RATU SAKTI CALON ARANG

Hai, sobat hits! ANTV emang juara banget dengan program-programnya yang bikin kita gak bisa berhenti nonton. Dari serial drama...

More Articles Like This

Favorite Post