Minggu, Mei 5, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Selasa 30 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
3.6/5 - (5 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral. Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam.

Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita masuk pada Bacaan Injil Katolik dan Renungan Harian Katolik buat Selasa 30 April 2024.

Kalender Liturgi hari ini Selasa 30 April merupakan Hari Selasa Pekan V Paskah, Peringatan fakultatif Santo Pius V, Paus, Santo Marianus dan Yakobus, Martir, Santo Yosef Benedik Cottolengo, Pengaku Iman, dengan Warna Liturgi Putih.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Selasa 30 April 2024:

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan April 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Maret 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Mei 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Mei 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

Bacaan Pertama Kisah Para Rasul 14:19-28

Waktu Paulus dan Barnabas di kota Listra datanglah orang-orang Yahudi dari Antiokhia dan Ikonium dan mereka membujuk orang banyak itu memihak mereka.

Lalu mereka melempari Paulus dengan batu dan menyeretnya ke luar kota, karena mereka menyangka, bahwa ia telah mati. Akan tetapi ketika murid-murid itu berdiri mengelilingi dia, bangkitlah ia lalu masuk ke dalam kota.

Keesokan harinya berangkatlah ia bersama-sama dengan Barnabas ke Derbe. Paulus dan Barnabas memberitakan Injil di kota itu dan memperoleh banyak murid.

Lalu kembalilah mereka ke Listra, Ikonium dan Antiokhia. Di tempat itu mereka menguatkan hati murid-murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara.

Di tiap-tiap jemaat rasul-rasul itu menetapkan penatua-penatua bagi jemaat itu dan setelah berdoa dan berpuasa, mereka menyerahkan penatua-penatua itu kepada Tuhan, yang adalah sumber kepercayaan mereka.

Mereka menjelajah seluruh Pisidia dan tiba di Pamfilia. Di situ mereka memberitakan firman di Perga, lalu pergi ke Atalia, di pantai.

Dari situ berlayarlah mereka ke Antiokhia; di tempat itulah mereka dahulu diserahkan kepada kasih karunia Allah untuk memulai pekerjaan, yang telah mereka selesaikan.

Setibanya di situ mereka memanggil jemaat berkumpul, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka dan bahwa Ia telah membuka pintu bagi bangsa-bangsa lain kepada iman. Di situ mereka lama tinggal bersama-sama dengan murid-murid itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 145:10-11.12-13ab.21

Ref. Orang-orang yang Kaukasihi, ya Tuhan, mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu.

Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

Mereka memberitahukan keperkasaan-Mu kepada anak-anak manusia, dan memaklumkan kerajaan-Mu yang semarak mulia. Kerajaan-Mu ialah kerajaan abadi, pemerintahan-Mu lestari melalui segala keturunan.

Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada Tuhan dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya.

Bait Pengantar Injil Lukas 24:46.26

Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati, untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya.

Bacaan Injil Yohanes 14:27-31a

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi. Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.

Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Bacaan Injil Hari Selasa 30 April 2024

Renungan Harian Katolik Selasa 30 April 2024

Dalam Injil Yohanes 14:27-31a, Yesus memberikan pesan damai sejahtera kepada murid-murid-Nya. Pesan ini bukanlah damai seperti yang diberikan oleh dunia, melainkan damai yang bersumber dari-Nya sendiri. Yesus mengingatkan agar hati tidak gelisah dan gentar meskipun Dia akan pergi, karena Dia akan kembali kepada Bapa-Nya.

Sikap nyata dalam kehidupan manusia sekarang ini adalah menjadikan damai Kristus sebagai sumber ketenangan dan kekuatan. Dalam keadaan yang penuh tantangan dan ketidakpastian, kita diajak untuk percaya bahwa Kristus selalu bersama kita, memberikan damai yang melebihi pemahaman dunia. Kita diminta untuk tidak terjebak dalam kegelisahan dan ketakutan, melainkan percaya bahwa Allah selalu menyertai kita.

Maksud perkataan Yesus dalam Injil ini adalah menguatkan iman dan percaya bahwa Dia adalah sumber segala damai.

Dalam bacaan pertama kisah para Rasul, Paulus dan Barnabas mengalami berbagai kesulitan dalam memberitakan Injil. Mereka dihujani batu dan Paulus disangka mati, tetapi dengan kuasa Tuhan ia bangkit dan melanjutkan pekerjaan penginjilan. Mereka mengajarkan bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah, kita harus mengalami banyak sengsara. Namun, mereka juga memberikan penghiburan dan peneguhan kepada jemaat, agar mereka tetap bertekun dalam iman.

Pesan yang dapat dipetik dari kedua bacaan ini adalah bahwa sebagai umat Katolik, kita harus mengalami kesetiaan dalam iman, meskipun menghadapi berbagai kesulitan dan cobaan yang sedadang kita alami dengan penuh keimanan.

Tujuan dan pesan dari renungan Injil ini adalah agar kita memahami bahwa dalam setiap perjalanan hidup ini, Kristus senantiasa menyertai kita. Kita diajak untuk memperkuat iman dan mengandalkan Kristus dalam segala hal, sehingga kita mampu menjalani kehidupan dengan penuh keyakinan dan damai dalam hati. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan, dalam segala kesulitan dan ketidakpastian, kami berseru kepada-Mu. Jadikanlah damai-Mu sumber ketenangan dan kekuatan kami. Bimbinglah kami agar tidak terjebak dalam kegelisahan dan ketakutan, tetapi percaya bahwa Engkau senantiasa menyertai kami. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Hari Terakhir! Katalog Promo JSM Superindo Hari Ini 5 Mei 2024, Sosis Kimbo Diskon 50%, Minyak Goreng Superindo 2L Rp31.900

Ada kabar heboh nih buat kalian yang lagi cari promo seru. Superindo punya promo JSM (Jumat Sabtu Minggu) bakal...

More Articles Like This

Favorite Post