Minggu, Juli 21, 2024

Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi 9 Juni 2024-Hari Minggu Biasa X, Lengkap Bacaan Injil dan Renungan Katolik

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Mari kita simak Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Minggu Tanggal 9 Juni 2024- merupakan Hari Minggu Biasa X, Santo Primus dan Felicianus, Martir, Santo Efrem, Pujangga Gereja, Beata Diana, Sesilia dan Amata, Perawan, Beata Anna Maria Taigi, Pengaku Iman, dengan Warna Liturgi Hijau.

Mari kita mempersembahkan diri kita dengan iman yang teguh kepada Tuhan mengikuti Perayaan Ekaristi hari ini.

Marilah kita bersama-sama menyanyikan LAGU PEMBUKA (Pastor, Prodiakon, Lektor, Misdinar masuk).

RITUS PEMBUKA
PERARAKAN MASUK

NYANYIAN PEMBUKA

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Juni 2024 Lengkap Bacaan Injil Harian Katolik dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Misa Minggu 9 Juni 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

TANDA SALIB DAN SALAM

P. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
P. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

Allah adalah kasih! Yesus Kristus, Putra-Nya telah menjadi manusia untuk menebus kita, namun mengapa dunia seakan-akan seperti belum ditebus? Adanya kejahatan di dunia dan orang beriman yang juga turut terlibat dalam kejahatan tersebut menyebabkan orang menjadi putus asa atau justru menantang kritik yang pedas. Melalui Yesus, menjadi jelas bagi kita bahwa setiap orang dipanggil untuk menjadi lebih baik dan bukan menjadi budak kejahatan. Dalam Ekaristi ini, Injil menunjukkan bahwa setan tidak berkuasa sedikit pun terhadap Dia. Dengan mengusir setan Yesus membuktikan siapakah yang lebih berkuasa.

SERUAN TOBAT

P. Saudara-saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.

P. Tuhan Yesus Kristus, sabda kekal yang menjelma Engkau telah memilih Bunda Maria menjadi bunda-Mu yang tak bernoda, bebaskanlah kami dari noda dosa.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Penebus dunia melalui malaikat Gabriel, Engkau meminta kesediaan Bunda Maria untuk menerima Engkau di dalam rahimnya. Buatlah hati kami tanggap menerima Engkau.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Allah Putra, melalui Bunda Maria, Engkau menjadi manusia. Curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

P. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
K. Kemuliaan kepada Allah di surga.

U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kasihanilah kami
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kabulkanlah doa kami
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. Kasihanilah kami.
K. Kar’na hanya Engkaulah Kudus.
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus
U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

COLLECTA

P. Marilah kita berdoa:

Marilah bedoa: Allah Yang Maharahim, Engkau tidak menghendaki agar kami jatuh binasa. Oleh karena itu, buatlah kami bertobat dan berilah kami kekuatan untuk mengalahkan kuasa kejahatan dengan cinta kasih sebagaimana diteladankan oleh Yesus Kristus, Putra-Mu. Sebab, Dialah Tuhan, dan Pengantara kami yang berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan dengan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang masa. Amin.

U. Amin.
LITURGI SABDA

Bacaan Pertama Kej 3:9-15

Tetapi Tuhan Allah memanggil manusia itu dan berfirman kepadanya: “Di manakah engkau?”Ia menjawab: “Ketika aku mendengar, bahwa Engkau ada dalam taman ini, aku menjadi takut, karena aku telanjang; sebab itu aku bersembunyi.

”Firman-Nya: “Siapakah yang memberitahukan kepadamu, bahwa engkau telanjang? Apakah engkau makan dari buah pohon, yang Kularang engkau makan itu?”Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Kautempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.”

Kemudian berfirmanlah Tuhan Allah kepada perempuan itu: “Apakah yang telah kauperbuat ini?” Jawab perempuan itu: “Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan.”Lalu berfirmanlah Tuhan Allah kepada ular itu:

“Karena engkau berbuat demikian, terkutuklah engkau di antara segala ternak dan di antara segala binatang hutan; dengan perutmulah engkau akan menjalar dan debu tanahlah akan kaumakan seumur hidupmu.

Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 130:1-2, 3-4, 5-6b, 7b-8

Ref. Pada Tuhan ada kasih setia dan penebusan berlimpah.

  1. Dari jurang yang dalam aku berseru kepada-Mu ya Tuhan! Tuhan, dengarkanlah suaraku! Biarlah telinga-Mu menaruh perhatian, kepada suara permohonanku.
  2. Jika Engkau mengingat-ingat kesalahan, ya Tuhan, siapakah yang dapat tahan? Tetapi pada-Mu ada pengampunan, maka orang-orang akan bertakwa kepada-Mu.
  3. Aku menanti-nantikan Tuhan, jiwaku menanti-nanti, dan aku mengharapkan Firman-Nya. Jiwaku mengharapkan Than, lebih dari pada pengawal mengharapkan pagi.
  4. Sebab pada Tuhan ada kasih setia, dan Ia banyak kali mengadakan pembebasan. Dialah yang akan membebaskan Israel dari segala kesalahannya.

Bacaan Kedua 2Kor 4:13-5:1

Namun karena kami memiliki roh iman yang sama, seperti ada tertulis: “Aku percaya, sebab itu aku berkata-kata”, maka kami juga percaya dan sebab itu kami juga berkata-kata. Karena kami tahu, bahwa Ia, yang telah membangkitkan Tuhan Yesus, akan membangkitkan kami juga bersama-sama dengan Yesus.

Dan Ia akan menghadapkan kami bersama-sama dengan kamu kepada diri-Nya.Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah.

Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar dari pada penderitaan kami.

Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Bacaan Injil Mrk 3:20-35

Kemudian Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makan pun mereka tidak dapat.Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi.

Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: “Ia kerasukan Beelzebul,” dan: “Dengan penghulu setan Ia mengusir setan.”Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: “Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis?

Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan,dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan.Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya.

Tetapi tidak seorang pun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan.Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal.”

Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat. Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia.

Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: “Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau.”Jawab Yesus kepada mereka: “Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?”

Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

HOMILI-Renungan Harian Katolik Minggu 9 Juni 2024

Saudara-saudari terkasih dalam Kristus,

Hari ini kita merenungkan tiga bacaan yang memberikan pesan penting bagi kehidupan kita sebagai umat Katolik. Mari kita mulai dengan Injil Markus 3:20-35, yang mengisahkan bagaimana Yesus dituduh oleh para ahli Taurat dan keluarga-Nya sendiri meragukan kewarasan-Nya. Yesus, dalam kebijaksanaan-Nya, menjelaskan bahwa sebuah kerajaan yang terpecah tidak akan bertahan. Ia menegaskan bahwa siapa pun yang melakukan kehendak Allah adalah saudara-Nya, ibu-Nya, dan keluarga-Nya.

Bacaan Pertama dari Kejadian 3:9-15 mengisahkan tentang jatuhnya manusia ke dalam dosa. Tuhan Allah memanggil Adam dan Hawa yang bersembunyi karena rasa malu setelah memakan buah terlarang. Dalam dialog ini, kita melihat bagaimana dosa memasuki dunia dan hubungan manusia dengan Allah menjadi renggang. Tuhan Allah memberikan hukuman kepada ular dan menjanjikan permusuhan antara keturunan perempuan dan keturunan ular, menubuatkan kemenangan akhir atas dosa.

Dalam Bacaan Kedua dari 2 Korintus 4:13-5:1, Paulus mengingatkan kita bahwa meskipun tubuh lahiriah kita semakin merosot, manusia batiniah kita diperbarui setiap hari. Paulus menegaskan bahwa penderitaan yang kita alami di dunia ini adalah ringan dibandingkan dengan kemuliaan kekal yang menanti kita. Ia mengajak kita untuk fokus pada yang tak kelihatan, yaitu yang kekal, karena itulah yang sejati dan abadi.

Ketiga bacaan hari ini mengajarkan kita tentang iman, kepercayaan, dan kesetiaan kepada Allah. Injil Markus menekankan pentingnya kesatuan dalam keluarga Allah, yaitu mereka yang melakukan kehendak-Nya. Kejadian mengingatkan kita akan akibat dosa dan janji Allah tentang keselamatan. Surat Paulus kepada jemaat di Korintus mengajak kita untuk tidak putus asa dalam menghadapi penderitaan karena ada kemuliaan kekal yang menanti kita.

SYAHADAT PARA RASUL

P+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,
pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.

DOA UMAT

P: Kristus bersabda, “Barangsiapa melakukan kehendak Allah , dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku” Marilah kita berdoa kepada Allah Bapa agar kita boleh disebut sebagai saudara-saudari Kristus, Putra-Nya.

L: Bagi Bapa Suci, para Uskup dan para Imam: Ya Bapa, sertailah dan dampingilah Bapa Suci, para Uskup dan para Imam agar mereka selalu mewartakan karya keselamatan Kristus di dalam setiap kata dan karya mereka. Semoga kami boleh mengalami kasih setia-Mu melalui karya penggembalaan mereka. Marilah kita mohon….

U: Kabulkanlah Doa Kami ya Tuhan

L: Bagi Para pemimpin bangsa-bangsa: Ya Bapa, terangilah para pemimpin bangsa-bangsa dengan terang Roh-Mu agar dalam mengambil bagian kebijaksanaan, mereka selalu menghormati hak-hak azasi manusia. Pimpinlah umat-Mu untuk selalu berani melaksanakan Sabda-Mu dalam setiap kata dan karya kami. Marilah kita mohon..

U: Kabulkanlah Doa Kami ya Tuhan

L: Bagi kaum muda: Ya Bapa, pimpinlah kaum muda dengan kebijaksanaan-Mu sehingga kreativitas dan sikap kritis mereka selalu mengutamakan cinta kasih-Mu yang berkenan memperbarui dunia sesuai kehendak-Mu. Bimbinglah kami untuk berani mengkritik diri sendiri demi pertobatan dan pembaruan hidup sesuai dengan kehendak-Mu. Marilah kita mohon…

U: Kabulkanlah Doa Kami ya Tuhan

L: Bagi kita sendiri: Ya Bapa, tumbuhkanlah semangat kekeluargaan di antara kami, agar kami saling mendukung dan membantu dalam perjuangan sehari-hari. Ajarilah kami untuk tekun dan setia melaksanakan Sabda-Mu agar layak disebut saudara dan saudari-Mu. Marilah kita mohon…

U: Kabulkanlah Doa Kami ya Tuhan

P: Allah Bapa Yang Mahabaik, segala yang ada pada kami datang daripada-Mu. Teguhkanlah kepercayaan kami dan berilah kami kekuatan untuk membangun dunia yang lebih baik. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin

KOLEKTE
PERSIAPAN PERSEMBAHAN
DOA ATAS PERSEMBAHAN
P. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
P.  Ya Allah, anugerahilah Gereja-Mu persatuan dan damai yang dalam kurban persembahan ini dihadirkan secara tersembunyi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.
PREFASI, KUDUS, DOA SYUKUR AGUNG
PREFASI

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
P. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.kepada Tuhan, Allah kita
P. Sungguh….

  • KUDUS
  • DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

P. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
P+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.P. Tuhan, kami mohon, bebaskanlah kami dari segala yang jahat, sudilah memberi damai pada hari-hari kami, supaya, kami yang telah dikuatkan oleh kelimpahan belaskasih-Mu, selalu bebas dari dosa, dan aman dari setiap gangguan: sambil menantikan harapan yang membahagiakan dan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
DOA DAMAI
P. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu, Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu, janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan berilah damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U. Amin.
P. Semoga damai Tuhan selalu bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
Semuanya memberi damai satu sama lain
ANAK DOMBA ALLAH  
PERSIAPAN KOMUNI
Ajakan menyambut Komuni
P.  Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba.
U. Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.
KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI

P. Marilah kita berdoa:

Ya Allah, kami bersyukur kepada-Mu atas Tubuh Putra-Mu yang telah kami santap. Semoga berkat kesatuan kami dengan Putra-Mu, segala kekuatan jahat terhalau dan segala berhala enyah dari hidup kami sehingga kami dapat hidup bersama dalam suasana cinta kasih, persaudaraan dan kekeluargaan sambil mengharapkan datang-Nya Kerajaan-Mu yang abadi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

U. Amin.
PENGUMUMAN
RITUS PENUTUP
BERKAT MERIAH (berdiri)
P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Semoga Allah memberkati Saudara dengan segala berkat surgawi.
U. Amin.
P. Semoga Allah menjadikan Saudara kudus dan tak bercela di hadapan-Nya.
U. Amin.
P. Semoga Allah melimpahi Saudara dengan kemuliaan-Nya, mengajar Saudara dengan Sabda kebenaran dan Injil keselamatan, dan memenuhi hati Saudara dengan kasih persaudaraan.
U. Amin.
P. Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra (+) dan Roh Kudus turun atas Saudara dan menetap senantiasa
U. Amin.
PENGUTUSAN
P. Saudara-saudari, pergilah dalam damai sambil memuliakan Tuhan dengan hidupmu.
U. Syukur kepada Allah.
PERARAKAN KELUAR
Lagu Penutup

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Gratis Nonton Miss Night and Day Episode 11-12 Sub Indo di Netflix dan Link Streaming Drakor Bilibilli Full Ori

Hey, guys! Buat kalian yang lagi cari info tentang nonton drakor Miss Night and Day episode 11 - 12...

More Articles Like This

Favorite Post