Senin, Mei 20, 2024

Kalender Liturgi Katolik dalam Misa Adven IV Jelang Natal, Minggu 24 Desember 2023, “Sesungguhnya, Engkau Akan Mengandung dan Akan Melahirkan Seorang Anak Laki-Laki”

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Mari kita temukan kedamaian dalam menyambut kedatangan Natal yang suci pada Minggu, 24 Desember 2023, melalui pencerahan dari Kalender Liturgi Katolik.

Dengan penuh keimanan, Kalender Liturgi Katolik kembali menuntun kita menjelang Natal pada Adven IV.

BACA JUGA: Catet Ya! Jadwal Misa Vigili Natal dan Natal 2023 di Gereja Paroki Keuskupan Agung Semarang, Ada Katedral Semarang, Solo, Salatiga

BACA JUGA: Kumpulan Jadwal Misa Natal 2023 Gereja-Gereja Katolik Keuskupan Denpasar Bali, Simak Lengkap Paroki dan Stasinya

BACA JUGA: Rilis! Jadwal Misa Natal 2023 Di Seluruh Gereja Katolik Keuskupan Agung Jakarta, Lengkap Jadwal Pengakuan Dosa dan Misa Tahun Baru, Update Ada Gereja Katedral, Theresia, Blok B

Dalam perjalanannya, Adven IV memberikan kita kesempatan untuk merenungkan dan mempersiapkan hati kita secara menyeluruh. Mari kita sambut Natal dengan kehadiran jiwa yang penuh cinta dan damai.

ANTIFON PEMBUKA – Yes. 45:8⁣
Hai langit, turunkan embun, hai awan, curahkan yang adil, hai bumi, bukalah dirimu, dan tumbuhkanlah Sang Penyelamat.⁣⁣

PENGANTAR⁣
Kelahiran bayi selalu merupakan peristiwa besar bagi setiap ibu dan bahkan bagi setiap keluarga. Seluruh keluarga me nantikannya.

Beberapa hari lagi, kita akan merayakan ke lahiran Yesus di dunia. Nubuat nabi kepada Raja Daud, kisah warta gembira kepada Bunda Maria melukiskan peristiwa agung yang berabad-abad disembunyikan. Allah mau menjadi manusia agar manusia dapat diantar kepada Allah⁣⁣

DOA PEMBUKA⁣
Marilah kita berdoa. (hening sejenak): Ya Allah, Engkau menghendaki agar Putra-Mu datang ke dunia sebagai pemenuhan janji keselamatan-Mu.

Dialah duta kedamaian dan cahaya yang menghalau kegelapan hidup kami. Bukalah hati kami agar menanti kedatangan-Nya yang semakin mendekat dengan penuh iman dan pengharapan.

Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dalam persekutuan Roh Kudus, Allah sepanjang segala masa. Amin.⁣

BACAAN PERTAMA: Bacaan dari Kitab Kedua Samuel 7:1-5.8b-12.14a.16
“Kerajaan Daud akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan Tuhan.”

2Sam 7:1 Ketika raja telah menetap di rumahnya dan TUHAN telah mengaruniakan keamanan kepadanya terhadap semua musuhnya di sekeliling,

2Sam 7:2 berkatalah raja kepada nabi Natan: “Lihatlah, aku ini diam dalam rumah dari kayu aras, padahal tabut Allah diam di bawah tenda.”

2Sam 7:3 Lalu berkatalah Natan kepada raja: “Baik, lakukanlah segala sesuatu yang dikandung hatimu, sebab TUHAN menyertai engkau.”

2Sam 7:4 Tetapi pada malam itu juga datanglah firman TUHAN kepada Natan, demikian:

2Sam 7:5 “Pergilah, katakanlah kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN: Masakan engkau yang mendirikan rumah bagi-Ku untuk Kudiami?

2Sam 7:8 Oleh sebab itu, beginilah kaukatakan kepada hamba-Ku Daud: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Akulah yang mengambil engkau dari padang, ketika menggiring kambing domba, untuk menjadi raja atas umat-Ku Israel.

2Sam 7:9 Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan telah melenyapkan segala musuhmu dari depanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi.

2Sam 7:10 Aku menentukan tempat bagi umat-Ku Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan dan tidak pula ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu,

2Sam 7:11 sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umat-Ku Israel. Aku mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada semua musuhmu. Juga diberitahukan TUHAN kepadamu: TUHAN akan memberikan keturunan kepadamu.

2Sam 7:12 Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.

2Sam 7:14 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.

2Sam 7:16 Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.”

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN: Mazmur 89:2-3.4-5.27.29

Ref. Kerelaan Tuhan hendak kunyanyikan selama-lamanya.

Mzm 89:2 (89-3) Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.

Mzm 89:3 (89-4) Engkau telah berkata: “Telah Kuikat perjanjian dengan orang pilihan-Ku, Aku telah bersumpah kepada Daud, hamba-Ku:

Mzm 89:4 (89-5) Untuk selama-lamanya Aku hendak menegakkan anak cucumu, dan membangun takhtamu turun-temurun.” Sela

Mzm 89:5 (89-6) Sebab itu langit bersyukur karena keajaiban-keajaiban-Mu, ya TUHAN, bahkan karena kesetiaan-Mu di antara jemaah orang-orang kudus.

Mzm 89:27 (89-28) Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi.

Mzm 89:29 (89-30) Aku menjamin akan adanya anak cucunya sampai selama-lamanya, dan takhtanya seumur langit.

BACAAN KEDUA: Roma 16:25-27

“Rahasia yang berabad-abad lamanya tersembunyi kini dinyatakan.”

Rm 16:25 Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, ?menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,

Rm 16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan dan yang menurut perintah Allah yang abadi, telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman?

Rm 16:27 bagi Dia, satu-satunya Allah yang penuh hikmat, oleh Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

BAIT PENGANTAR INJIL:

U : Alleluya

S : (Luk 1:38) Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataan-Mu.
BACAAN INJIL: Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 1:26-38
“Sesungguhnya, engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki.”
Luk 1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,

Luk 1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

Luk 1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”

Luk 1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.

Luk 1:30 Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

Luk 1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

Luk 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,

Luk 1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

Luk 1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”

Luk 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

Luk 1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.

Luk 1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”

Luk 1:38 Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Hari Ini

Bacaan-bacaan pada hari Minggu Adven IV ini menceritakan Tuhan, Allah kita, yang tinggal bersama umatNya. Dalam bacaan pertama, diceritakan Raja Daud hendak membangun rumah bagi Tuhan.

Akan tetapi, melalui Nabi Natan, Tuhan menyatakan akan tinggal dalam suatu tempat yang istimewa; bukan bangunan, melainkan keluarga, yang disebut keturunan Daud.

Setelah menciptakan manusia, alam dan seluruh dunia, Tuhan tidak tinggal diam dalam takhta kemuliaan yang jauh, tetapi selalu menyertai, memimpin kehidupan manusia.

Melalui kelahiran Yesus, Tuhan menyatakan kembali komitmen untuk tinggal bersama umatNya, berjalan bersama di sepanjang sejarah kehidupan manusia.

Dalam Injil Lukas 1:26-38 yang kita dengarkan, Malaikat Gabriel datang kepada Perawan Maria dan memberitahunya bahwa ia akan menjadi ibu Yesus, Anak Allah.

Maria pada awalnya merasa takut dan bingung, tetapi ia dengan rendah hati menerima kehendak Allah dan berkata: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu.”

Dengan sikap ini, Maria menunjukkan kerendahan hati yang luar biasa dalam menanggapi kehendak Allah yang tak terduga.

Ia tidak mempertanyakan rencana Allah atau meminta penjelasan lebih lanjut, tetapi ia percaya sepenuhnya bahwa Allah memiliki rencana yang lebih besar dan lebih baik dari yang bisa ia bayangkan.

Ia mengandalkan imannya yang kuat untuk memimpinnya dalam melaksanakan tugas yang besar ini.

Dalam hidup, seringkali kita mengalami ketidakpastian dan ketakutan ketika kita dihadapkan dengan keputusan yang sulit atau perubahan yang tak terduga.

Bahkan sampai merasa ditinggal sendiri, terutama ketikan beban persoalan dan tantangan menumpuk dan terasa makin berat dalam menjalani hidup.

Namun, seperti Maria, kita harus mengandalkan kerendahan hati dan iman yang kuat untuk membimbing kita dalam menghadapi tantangan ini. Sebagai orang beriman, kita diajak untuk tetap berpengharapan pada Tuhan yang menyertai kita.

Dengan banyak cara, Ia mengantar kita sampai pada akhir yang baik. Terus bangun iman yang kuat bahwa Allah akan terus memimpin kita melalui setiap langkah perjalanan hidup kita.

DOA UMAT⁣

I : Allah Bapa begitu mengasihi kita semua hingga berkenan mengutus Putra-Nya demi keselamatan kita. Marilah kita memanjatkan doa-doa yang mengalir dari iman akan janji keselamatan-Nya.⁣
L : Bagi Bapa Suci, para Uskup, dan semua pejabat Gereja. Allah Bapa Mahakasih, curahkanlah Roh Kudus-Mu bagi Bapa Suci, para Uskup, dan semua pejabat Gereja sehingga mereka selalu siap sedia dan setia seperti Bunda Maria dalam melaksanakan panggilan dan perutusan mereka sebagai gembala Gereja, Marilah kita mohon.⁣
U : Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.⁣
L : Bagi para pejabat pemerintahan. Allah Bapa Mahabaik, dampingilah para pejabat pemerin tahan agar berani membela kepentingan umum meskipun mungkin merugikan kedudukannya sendiri. Marilah kita mohon.⁣
U : Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.⁣
L : Bagi orang tua kaum remaja. Allah Bapa Mahabaik, dampingilah para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Semoga mereka selalu berpegang pada Sabda kebenaran-Mu dalam menghadapi dan mena- ngani masalah anak-anak mereka. Marilah kita mohon⁣
U : Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami.⁣
L : Bagi kita di sini. Allah Bapa Mahasetia, semoga kami semakin tekun dan setia dalam menanggapi panggilan kami sebagai umat-Mu sebagaimana Bunda Maria dengan tekun dan setia pula me nerima tugas perutusan menjadi Bunda Penyelamat. Marilah kita mohon…⁣
U : Tuhan, Engkaulah tumpuan harapan dan keselamatan kami. ⁣
I : Allah Bapa kami, setiap hari kami menantikan kedatangan Putra-Mu. Berilah kami kekuatan agar kami sungguh meng hayati dengan benar harapan kami itu dalam tingkah laku kami sehari-hari. Semoga, kami mampu menjadi bentara dan pembuka jalan bagi Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami. Amin⁣⁣

LITURGI EKARISTI⁣⁣

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN⁣

Bapa Yang Mahakudus, terimalah persembahan yang kami haturkan kepada-Mu sebagai ungkapan syukur kami atas pemenuhan janji keselamatan-Mu yang akan segera terlaksana dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami. Amin⁣⁣

ANTIFON KOMUNI – Yes 7: 14⁣

Seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki yang akan diberi nama Immanuel⁣⁣

DOA PENUTUP⁣

Marilah kita berdoa: Ya Tuhan, kami bersyukur atas santapan surgawi yang telah kami terima.

Kuatkanlah selalu iman kami akan kehadiranMu dalam tiap langkah hidup kami.

Semoga perayaan kelahiranMu pada hari Natal membawa sukacita berlimpah dalam hati setiap pribadi dan dalam keluarga-keluarga kami.

Semoga, kami selalu Kauteguhkan dalam mengharapkan keselamatan abadi yang telah Kaujanjikan dalam diri Putra-Mu, Tuhan kami, Yesus Kristus, yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa.

Amin

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Katalog HAP Promo Alfamidi Weekday Terbaru Periode 20-26 Mei 2024, Teh Kotak Ultra Rp6.500 Dapat 2

Hai, genks! Alfamidi kembali dengan promo seru! Katalog HAP (Hemat Awal Pekan) 20-26 Mei 2024 menawarkan beragam barang kebutuhan...

More Articles Like This

Favorite Post