Sunday, May 22, 2022

Tips Liburan saat Pandemi dan PPKM khususnya Liburan Natal dan Tahun Baru

Masa liburan sebentar lagi tiba, liburan Natal dan Tahun Baru. Sayangnya PPMK Level 3 sudah diterapkan. Berikut Tips liburan saat pandemi

Must Read
Mohon Kasih Bintang

Jakarta, GENDIS.ID – Masa pandemi Covid 19, membuat aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah, karena lebih aman dan nyaman dibandingkan diluar. Namun, sebagai mahluk sosial, tetap saja ada kegiatan yang lebih baik dilakukan diluar, entah itu bekerja di kantor, meeting, atau liburan untuk melepas penat di dalam rumah.

Adanya adaptasi kebiasaan baru (new normal), membuat masyarakat harus cerdas dan bijak bila ingin liburan mengunjungi tempat wisata atau menginap staycation. Apalagi menjelang libur tanggal merah, yang terdekat saat ini adalah liburan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 01 Januari 2022, akan terjadi lonjakan wisatawan yang ingin menikmati liburan bersama keluarga.

Mal Tutup Jam Brapa saat Nataru? Info Lengkap Aturan Terbaru saat Nataru

Walau Pemerintah sudah mengeluarkan pembatasan-pembatasan dan aturan baru untuk menghindari lonjakan perjalanan jarak jauh masyarakat, namun alangkah baiknya, dari diri sendiri ada kesadaran untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya.

Bila ingin liburan yang aman dan nyaman saat pandemi covid-19, sebaiknya lakukan tips cerdas dan bijak berikut ini sebelum liburan agar berjalan lancar dan membawa kebahagiaan, bukannya malah membawa penyakit :

1) Sebelum dan Selama Perjalanan Tubuh Sehat

Dilansir dari alodokter, bila berencana liburan atau perjalanan jarak jauh, sebelumnya upayakan tubuh dalam kondisi benar-benar sehat dan prima. Mulai minum vitamin dan jaga kesehatan beberapa hari sebelum berangkat, karena virus corona cepat menular pada orang yang daya tahan tubuhnya rendah/ sedang tidak fit.

Selama perjalanan, harus juga menjaga kesehatan tubuh, jangan kecapekan, tidur dan istirahat yang cukup dan minumlah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Ada beberapa daerah dan tempat wisata yang mewajibkan test PCR atau Antigen, supaya hasil tes negatif, tubuh juga harus sehat. Sehingga perjalanan dapat berjalan lancar sesuai rencana, badan sehat, hasil tes negatif pun sudah ditangan sebagai syarat perjalanan.

2) Tempat Yang Dikunjungi Tidak Ramai & Disiplin Prokes

Pilih tempat liburan yang tidak ramai untuk menghindari kerumunan. Karena virus corona cepat menular di tempat yang tertutup, penuh dan padat. Cari tahu kapan dan jam berapa biasanya tempat wisata itu sepi, misalnya datanglah saat weekday (hari biasa) bukan weekend atau liburan, datang pada jam awal baru dibuka. Bisa pilih juga tempat yang luas, terbuka serta tidak ramai seperi di pantai atau kebun teh. Semakin sedikit jumlah orang yang berkunjung, maka semakin mudah physical distancing.

Jangan lupa, pilih tempat yang disiplin menerapkan aturan protokol kesehatan di areanya dan kepada pengunjung, minimal hal ini sudah mengurangi penyebaran virus corona.

3) Hindari Zona Merah

Tundalah perjalanan bila daerah yang dikunjungi masih dalam zona merah, artinya penyebaran virus corona masih tinggi di daerah tersebut. Kunjungilah tempat wisata yang sudah dalam zona hijau, minimal sudah di zona kuning, artinya resiko penularannya sudah rendah atau berkurang. Anda akan merasa aman dan nyaman bila mengetahui daerah yang anda kunjungi sudah zona hijau kan? Dengan catatan, tetap lakukan protokol kesehatan ya.

4) Bawa Peralatan Pribadi & Utamakan: Masker, Sabun, Hand Sanitizer

Mengunjungi keluarga, staycation di hotel atau ke tempat wisata lainnya, pastikan sudah membawa peralatan pribadi masing-masing anggota keluarga. Tidak menggunakan peralatan pribadi orang lain bersama-sama, seperti handuk, sikat gigi, tempat minum, alat makan.

Peralatan perang yang wajib disiapkan dan mudah dijangkau tangan karena sewaktu-waktu penting dipakai adalah, masker, sabun dan hand sanitizer. Bawa juga cadangan agar bisa diganti yang baru untuk masker, dan stok hand sanitizer untuk berjaga-jaga jika habis. Sabun juga perlu dibawa di tas kecil atau kantong, karena sering kali lokasi wisata ada air tetapi tidak ada sabun. Karena mencuci tangan dengan sabun tetap lebih efektif untuk menghindari virus corona.

Lakukan tips cerdas berwisata saat pandemi di atas, Anda akan siap berlibur di Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 01 Januari 2022 ini. Jangan lupa tetap disiplin protokol kesehatan dan selalu jaga kesehatan diri dan keluarga ya!

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post