Jumat, Mei 3, 2024

Jadwal Gerhana Bulan Sebagian, Siap-Siap Sholat Khusuf, Guyss! Bentar Lagi Eiii, Ini Detailnya

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Ada kabar nih dari Kementerian Agama (Kemenag) yang mengajak kita, umat Islam, buat ngeramein Sholat Gerhana Bulan atau Sholat Khusuf pas Gerhana Bulan Sebagian (disingkat: GBS) yang bakal muncul pada Ahad, 29 Oktober 2023.

“Insya Allah pada Ahad, 29 Oktober 2023 di sebagian wilayah Indonesia akan mengalami gerhana bulan. Karenanya, kami mengajak umat Islam yang mengalami gerhana bulan sebagian untuk melakukan Sholat Sunah Khusuf sesuai tuntunan syariah,” ungkap Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Selama GBS berlangsung, ada beberapa amalan yang kita disarankan lakuin, guys.

Kita harus takbir dulu, kemudian lebih banyak dzikir, istighfar, berderma (sedekah), dan amalan-amalan kebaikan lainnya.

Jadi, intinya, kita diminta buat banyak berdoa dan berbuat baik selama gerhana bulan berlangsung.

Nah, buat yang penasaran wilayah-wilayah mana aja yang bisa liat gerhana bulan sebagian, gini nih.

Berikut detail wilayah yang dapat melihat GBS berdasarkan jadwal munculnya:

  1. Untuk yang ada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Buat kalian di wilayah-wilayah ini, GBS bisa dilihat dari kontak Umbra 1 (U1) jam 02.34 WIB sampai kontak Umbra 4 (U4) jam 03.53 WIB.

2. Buat yang di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo, kalian juga bisa ngerasain gerhana bulan.

GBS bisa dilihat dari kontak Umbra 1 (U1) jam 03.34 WITA sampai kontak Umbra 4 (U4) jam 04.53 WITA.

3. Terus, buat yang ada di Maluku Utara dan sebagian besar Maluku, kalian juga bisa ikut nonton gerhana bulan nih.

Kontak Umbra 1 (U1) dimulai jam 04.34 WIT sampai kontak Umbra 4 (U4) jam 05.53 WIT. Seru, kan?

4. Nah, buat yang ada di Papua, sebagian Papua Barat, dan sebagian Maluku, gerhana bulan juga bisa dilihat. Kontak Umbra 1 (U1) dimulai jam 04:34:37 WIT sampai waktu Bulan terbenam di wilayah setempat.

Jadi, jangan sampai kelewatan, gengs! Gerhana bulan itu momen langka, dan Sholat Khusuf ini bisa jadi kesempatan buat kita lebih mendekatkan diri ke Sang Pencipta.

Ayo, persiapkan diri dan jadwal kita buat ngeramein momen langka ini.

Boleh juga sambil ajang nonton bareng dan doa bersama kan?

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

TERBARU! Jadwal Buka Tutup Puncak Bogor Tanggal 3-5 Mei 2024, Aturan Ganjil Genap dan One Way di Puncak Bogor Mulai Berlaku Jam Segini

Hayo siapa nih yang lagi nungguin long weekend? Pastinya banyak yang udah merencanakan liburan seru bareng temen-temen atau keluarga....

More Articles Like This

Favorite Post