Minggu, Juli 21, 2024

Chuseok Thanksgiving ala Korea: Mengungkap Keajaiban Kehidupan di Korea

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

JAKARTA – Cuy, lu pada tahu ga apa itu Chuseok? Chuseok itu kayaknya bisa disebut Thanksgiving versi Korea gitu, beda-bedaan sama yang di Amrik sih.

Jadi, Chuseok ini adalah waktunya keluarga Korea kumpul-kumpul dari jauh-jauh. Mereka ngumpul sambil makan enak dan bercerita, pokoknya seru gitu deh.

BACA JUGA: Bocoran Hangat! Aktor Asal Korea Selatan, Lee Sang Yeob, Bakal Nikah Tahun Depan! Siapa Calon Istrinya?

Chuseok itu salah satu dari tiga hari libur penting di Korea, selain Seollal sama Dano. Orang juga suka manggil Chuseok sebagai Hangawi. Nah, katanya “Han” itu artinya besar, trus “gawo” itu artinya hari ke-15 di bulan kedelapan atau musim gugur gitu.

Intinya, Chuseok ini mirip-mirip sama Thanksgiving. Jadi, orang-orang Korea pada ngucapin terima kasih dan syukur buat leluhur mereka atas hasil panen tahun itu. Kayak Lebaran di Indonesia gitu, mereka juga punya tradisi pulang kampung saat Chuseok.

Di tahun ini, Chuseok dirayakan tanggal 9-11 September, jadi catet ya!

TRENDING: Nge-Review HP Itel S23 Plus: Gaya Premium, Harga Gak Bikin Kere!

Nah, di Korea, Chuseok itu hari libur nasional, jadi sekolah libur, trus kebanyakan orang juga dapet tiga hari libur. Biasanya, orang Korea pada balik ke kampung halaman mereka buat merayakan Chuseok, meskipun udah pindah jauh.

Selama Chuseok, ada tradisi dan adat yang seru banget. Di pagi Chuseok, keluarga-keluarga pada kumpul di rumah kepala keluarga buat upacara peringatan (charye) buat ngormatin leluhur yang sudah meninggal. Mereka siapin makanan, kayak beras, alkohol, dan kue beras setengah bulan yang disebut songpyeon buat dipersembahkan ke leluhur.

Setelah upacara, semua bisa langsung makan. Selain itu, ada tradisi Seongmyo, yang artinya kunjungan ke makam leluhur buat ngasi penghormatan. Keluarga membersihkan makam dan ngadain upacara sederhana buat ngormatin leluhur.

Nah, yang seru lagi, di zaman modern, mereka suka saling ngasih hadiah, ga cuma ke keluarga, tapi juga ke teman dan rekan bisnis buat nunjukin terima kasih dan penghargaan.

Yang paling ditunggu-tunggu selama Chuseok pasti makanan khasnya. Salah satunya, ada songpyeon, itu kue beras yang diisi biji wijen, kacang merah, atau bahan lainnya. Terus dikukus sambil dilapisi daun pinus buat tambah aromanya.

BACA JUGA: Trik Jitu: Panduan Langkah Demi Langkah Menggunakan Meterai Elektronik dengan Mudah!

Selain itu, ada alkohol tradisional sama pajeon, pancake ala Korea. Pajeon itu terbuat dari ikan, daging, dan sayuran yang digoreng pake tepung sama telur. Enak banget, apalagi sambil minum alkohol tradisional Korea.

Selama Chuseok juga ada berbagai hiburan dan permainan tradisional. Ada tarian rakyat namanya ganggangsullae buat hasilin panen yang banyak. Ada juga permainan gulat tradisional ala Korea, ssireum, di dalam lubang pasir.

Jadi, itu dia nih tentang Chuseok, hari raya seru dari Korea! Semoga lu pada nambah wawasan deh!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Gratis Nonton Miss Night and Day Episode 11-12 Sub Indo di Netflix dan Link Streaming Drakor Bilibilli Full Ori

Hey, guys! Buat kalian yang lagi cari info tentang nonton drakor Miss Night and Day episode 11 - 12...

More Articles Like This

Favorite Post