Friday, October 7, 2022

Tips Tangguh Dan Sukses bagi Mahasiswa Baru

Menjadi mahasiswa baru tidak gampang, banyak hal harus segera dipelajari. Berikut tips bagi mahasiswa baru agar mudah segera beradaptasi.

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Berubah status dari pelajar menjadi mahasiswa adalah impian bagi para lulusan pelajar SMA/ sederajat. Tentunya dunia mahasiswa baru akan jauh berbeda dengan masa sekolah. Entah itu adanya perbedaan mulai dari suasananya, pertemanan, sistem belajarnya hingga tantangan yang akan dihadapi. Seringkali, banyak mahasiswa baru yang bingung dan merasa khawatir saat menghadapi berbagai perubahan saat baru mengenyam pendidikan kuliah di kampus.

Di dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut lebih mandiri, bertanggung jawab, aktif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah. Jangan cemas, dunia perkuliahan tak begitu menakutkan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar dunia perkuliahan menjadi lebih lancar, lebih indah dan mendapatkan buah hasil yang maksimal.

Baca Juga:

Cara Daftar Kuliah Gratis Dengan Daftar KIP Kuliah 2022 Dari Pemerintah

Membanggakan! Ini dia Daftar Artis Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri dan Berprestasi

Dirangkum dari media sosial @radiokampusitb dari beberapa mahasiswa ITB, berikut ini adalah tips bagi mahasiswa baru agar tangguh selama masa perkuliahan di perguruan tinggi:

1. Cari teman yang membuatmu maju lebih baik

Adaptasi dengan teman-teman baru memang tidak mudah. Tetapi agar bisa nyaman berada di lingkungan baru, pilihlah teman yang asik dan sama-sama punya visi yang mampu membuatmu jadi lebih baik dan lebih dewasa saat kuliah di kampus. Pemilihan teman itu penting, jangan sampai kamu bergaul dengan teman yang malah membuatmu terpuruk tidak punya kemajuan.

2. Adaptasi Dengan Kehidupan Mahasiswa

Menjadi mahasiswa harus lebih mandiri dan aktif. Jangan sampai masih membawa gaya belajar seperti waktu SMA yang dituntun dan diawasi guru. Menjadi seorang mahasiswa dituntut untuk bisa berkomunikasi dan melakukan segala hal dengan aktif dan mandiri. Wajar kalau masih canggung di awal, tetapi dengan membangun relasi komunikasi dan berkoordinasi dengan teman-teman di kampus, bagus bagi mahasiswa baru akan terbiasa.

3. Pantang Menyerah

Keberhasilan nilai akademik tergantung bagaimana cara mengatur dan menyiasatinya. Dalam masa transisi, tentunya tidak mungkin tiba-tiba langsung beradaptasi dengan kegiatan belajar di kampus. Namun jangan pantang menyerah. Untuk menyesuaikan diri, buatlah jadwal belajar yang tepat sehingga tidak ketinggalan materi-materi yang diberika dosen. Sehingga saat ujian tiba, kamu bisa menjawab soal yang diujikan.

4. Jangan Ikut-Ikutan

Di kampus memang banyak kegiatan komunitas atau organisasi yang bisa diikuti. Tapi jangan hanya asal ikut-ikutan saja karena alasan ikut teman atau karena ingin dipandang di kampus. Dampak buruk bagi mahasiswa baru yang hanya ingin ikut-ikutan tapi sebenarnya tidak suka yaitu bisa membuat stress, khawatir berlebihan tentang citra diri sendiri. Oleh karena itu, ikutilah kegiatan yang menurut kamu sukai, cocok dengan visi, hobi dan bisa melatih diri untuk memasuki fase dunia kerja setelah lulus nanti.

5. Manage Waktu Dengan Baik

Dengan berbagai macam kegiatan belajar serta kegiatan organisasi di kampus, akan membuat banyak kesibukan. Tetapi ingat, prioritas di kampus adalah untuk belajar, apalagi tugas kuliah akan lebih banyak dan susah dibanding saat masih SMA. Pilihlah prioritas kegiatan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Managelah waktu dengan baik sesuai skala prioritas, agar tidak ada sistem kebut semalam jika ada tugas atau ujian. Karena sistem kebut semalam hanya membuat kewalahan dan kurang istirahat di detik-detik terakhir, bahkan malah saat diujikan tidak mampu konsentrasi.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post