Friday, October 7, 2022

Perlu Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Saat Usia Memasuki 40 Tahun

Semakin bertambahnya usia, tubuh akan semakin lemah mudah sakit. Maka segera tinggalkanlah Kebiasaan Buruk Anda. Hidupilah Pola Hidup Sehat

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Memasuki fase usia 40 tahun , kondisi tubuh sudah tidak lagi muda, sehingga kita harus menjaga kesehatan sedini mungkin. Di umur 40 tahun ada kebiasaan buruk atau kebiasaan tidak sehat yang dilakukan sehari-hari perlu dihindari. Jika tetap dilakukan terus menerus, kebiasaan buruk itu bisa berpotensi mengganggu kesehatan.

Baca Juga:

Lakukan 7 Cara Ini Agar Menjadi Ayah Yang Baik Dan Hebat

Tips Mengatasi Stress Agar Tidak Bosan Di Masa Pandemi

Usia 40 tahun bisa menjadi suatu peringatan untuk memperbaiki hidup demi menjaga kesehatan, karena semakin tua maka semakin rentan pula terhadap segala macam penyakit. Menghentikan beberapa kebiasaan buruk bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain, sehingga tidak menyesal di masa tua.

Seperti dikutip dari health.com berikut ini kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan memasuki usia 40 tahun demi masa tua yang bahagia:

1. Merokok

Sebenarnya pada usia berapapun, kebiasaan merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Tetapi kalau kebiasaan merokok terus dilakukan sampai usia 40 tahun, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, paru-paru, stroke dan penyakit berbahaya lainnya. Menurut sebuah studi tahun 2013 di New England Journal of Medicine, berhenti merokok di usia 40 tahun mampu mencegah kematian dini akibat penyakit jantung, kanker dan paru-paru.

2. Kecanduan gadget

Sudah ada beberapa studi yang menyatakan kalau pancaran gadget tidak baik untuk kesehatan. Sebuah studi di Harvard yang dikeluarkan tahun 2011, terlalu sering menatap layar ponsel dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dan jantung. Para peneliti di Brigham & Women’s Hospital di Boston pun menyatakan bahwa gelombang dari gadget bisa mengacaukan irama sirkadian tubuh, yang memicu sesorang susah tidur.

3. Kurang istirahat

Saat usia 20 sampai 30 tahunan ada ambisi mengejar karier kerja keras larut malam sampai lupa waktu untuk mengistirahatkan tubuhdan otak. Di usia 40 tahun mulailah menjaga keseimbangan hidup antara bekerja dan beristirahat demi kesehatan tubuh di masa tua. Manusia dewasa membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap malam. Kurang tidur akan meningkatkan risiko hipertensi, obesitas, stroke dan penuaan biologis yang membuat wajah serta tubuh terlihat jauh lebih tua.

4. Cuek dengan tanda sakit

Rasa sakit pada tubuh sebenarnya adalah alarm yang diberikan tubuh yang menunjukkan ada yang sakit. Jangan cuek dan mengabaikan peringatan gangguan kesehatan yang diberikan oleh tubuh tersebut. Segera periksa ke dokter untuk mengidentifikasi masalah kesehatan sejak dini sehingga memiliki peluang kesembuhan yang lebih besar, dan bisa mengetahui kebiasaan apa yang perlu diperbaiki.

5. Konsumsi garam berlebih

Garam memang baik buat tubuh, tetapi di usia 40 tahun saatnya membatasi asupan garam yang masuk kedalam tubuh. Disarankan mengkonsumsi garam tidak lebih dari setengah sendok teh dalam sehari. Karena terlalu banyak menkonsumsi garam bisa menyebabkan hipertensi, yang merupakan pemicu utama serangan jantung dan stroke.

6. Sering minum manis

Metabolisme tubuh seiring bertambahnya usia tidak lagi berlaku seperti ketika muda. Secara keseluruhan terjadi pernurunan dalam metabolism tubuh. Konsumsi minuman manis pun sudah perlu dikurangi, karena terlalu banyak konsumsi minuman manis dapa meningkatkan resistensi insulin dan diabetes.

7. Melupakan seks

Kesibukan pada pekerjaan dan mengurus anak membuat pasangan suami istri seringkali mengabaikan seks. Padahal menjaga kehidupan seks yang sehat antara suami istri saat memasuki usia paruh baya, merupakan bagian penting dari keintiman. Bahkan sangat mungkin anda memperoleh manfaat kesehatan mental dan fisik yang lebih baik dari aktivitas seksual yang teratur.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post