Sabtu, Mei 25, 2024

Tips Perawatan Kulit yang Efektif untuk Menghadapi Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Akhir-akhir ini, cuaca panas ekstrem kerap menyerang banyak kota-kota di Indonesia. Berbeda dengan panas yang biasanya kamu rasakan sehari-hari, cuaca ekstrem ini bisa membuat suhu di siang hari mencapai 37 derajat Celsius.

Tanpa kita sadari, cuaca panas terik yang menyengat dapat membuat kulit menjadi kering, retak, gatal, dan kusam. Jika dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat maka dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut, muncul bercak kehitaman, dan lebih cepat menua.

Cuaca panas, selain menghasilkan peningkatan pigmen pada kulit, juga dapat menyebabkan kulit terbakar. Agar kulit tetap sehat dan tidak kusam, diperlukan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi cuaca panas yang sangat ekstrem:

1. Banyak Minum Air Putih

Cuaca yang panas akan membuat kita gampang dehidrasi. Jadi banyak-banyak minum air putih sangat dianjurkan. Selain agar badan tetap fit dan nggak kehausan, juga agar kulit tetap sehat. Asupan hidrasi dari dalam ini penting sekali lho, sama pentingnya dengan mengoleskan skincare untuk menghidrasi kulit. Selain itu, coba untuk mengurangi konsumsi kopi dan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air.

2. Pakailah Sunblock Yang Telaten

Sunblock atau tabir surya seolah menjadi perisai bagi kulit. Kandungan Sun Protector Faktor (SPF) yang ada di dalamnya bisa menahan sengatan sinar ultraviolet sehingga membuat kulit jadi tidak terbakar dan tidak mudah keriput. Namun, masih banyak yang kurang telaten menggunakannya.

Dokter Devina mengatakan bahwa ketahanan sunblock tidak akan bertahan lama. Normalnya, harus digunakan lagi (reapply) setiap empat jam sekali. “Menurut jurnal memang empat jam sekali. Tapi, kalau misalnya merasa aktivitasnya sangat berlebih pakai sunblock bisa dua jam sekali. Atau, misal kalian di kantoran mau keluar, itu sebelum keluar pakai sunblock dulu,” jelasnya lagi.

3. Gunakan Pelembab Kulit

Selain menjaga asupan air putih yang cukup, penting bagi Anda untuk rutin menggunakan pelembab pada kulit saat menghadapi cuaca panas. Hal ini dikarenakan cuaca panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu munculnya masalah kulit lainnya.

4. Asupan Vitamin

Tidak hanya berdampak pada tubuh, cuaca ekstrem juga dapat menyebabkan masalah kulit yang perlu diperhatikan. Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi vitamin untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kelembaban kulit. Sebagai contoh, mengonsumsi vitamin C dan E dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan kulit Anda.

5. Eksfoliasi Sesuai Kondisi Kulit

Pada musim panas, kulit cenderung lebih rentan terhadap kusam dan kotoran. Namun, penting untuk diingat bahwa eksfoliasi tidak boleh dilakukan secara berlebihan saat cuaca panas karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Penting untuk melakukan eksfoliasi dengan lembut dan hati-hati saat cuaca panas. Jangan melakukannya terlalu sering agar kulit tidak menjadi terlalu sensitif atau iritasi. Jika Anda memiliki kondisi kulit khusus atau sedang menggunakan produk perawatan kulit tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum melakukan eksfoliasi.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Penjelasan Lengkap Arti Kata Sotagasur, Makna Vulgar di Balik Kata Viral TikTok

Nah, gini nih guys, ada istilah keren lagi yang lagi hits di TikTok, yaitu "sotagasur". Istilah ini sering banget...

More Articles Like This

Favorite Post