Kamis, April 25, 2024

Tips dan Trik untuk Tampil Memukau dengan Kebaya Kutubaru

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Kebaya kutubaru atau kebaya bef adalah salah satu jenis kebaya klasik yang terkenal di Indonesia.

Kebaya ini memiliki ciri khas berupa tambahan kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada.

Pada akhir abad ke-18, kebaya kutubaru digunakan sebagai busana sehari-hari oleh wanita di berbagai lapisan sosial.

Namun, popularitasnya sempat tergerus oleh gaya berbusana ala Barat pada era globalisasi.

Pada tahun 1990-an, banyak perancang Indonesia mulai memperhatikan kembali kebaya dan mencari cara agar kebaya dapat diterima dan menjadi pilihan wanita modern tanpa menghilangkan karakter aslinya.

Salah satu perancang ternama, Edward Hutabarat, memperkenalkan kebaya berkonsep East meets West pada masa itu.

Desain kebaya Edo menggabungkan lace berhias payet dengan bustier, serta padanan dengan songket Palembang yang indah.

Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman, kebaya kutubaru juga mendapatkan perhatian dari generasi muda sebagai pelestari budaya.

Vera Anggraini, seorang desainer kebaya generasi baru yang sedang naik daun, menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, minat terhadap kebaya, terutama kebaya kutubaru, meningkat.

Untuk tetap relevan bagi generasi muda, kebaya klasik perlu diolah dengan teknik dan material modern tanpa menghilangkan identitas aslinya.

Bagi Anda yang ingin tampil dengan kebaya kutubaru, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menciptakan penampilan yang klasik dan elegan:

  1. Perhatikan Detail Kain: Pilihlah kain yang berkualitas dan memiliki motif atau corak yang indah. Kualitas kain akan mempengaruhi penampilan keseluruhan kebaya. Usahakan memilih kain dengan warna yang sesuai dengan warna kulit Anda agar tampilan lebih harmonis.
  2. Perawatan yang Tepat: Setelah digunakan, jangan lupa untuk merawat kebaya kutubaru dengan baik. Hindari mencuci kebaya dengan mesin cuci dan gunakan deterjen yang lembut agar tidak merusak kain dan warna. Simpan kebaya di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.
  3. Konsultasikan dengan Penjahit Profesional: Jika Anda ingin memiliki kebaya kutubaru yang pas dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan penjahit yang berpengalaman. Mereka dapat membantu Anda memilih model dan mengatur ukuran kebaya agar sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Eksplorasi dengan Aksesori: Jangan takut untuk bereksperimen dengan aksesori tambahan seperti kalung, gelang, atau ikat pinggang. Aksesori yang dipilih dengan tepat dapat memberikan sentuhan yang menarik pada penampilan kebaya kutubaru Anda.
  5. Percayakan pada Desainer Kebaya Profesional: Jika Anda ingin memiliki kebaya kutubaru yang unik dan eksklusif, Anda dapat mencari desainer kebaya yang berpengalaman dan terkenal. Mereka akan dapat menciptakan kebaya yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat tampil dengan kebaya kutubaru yang cantik, elegan, dan tetap menghargai keunikan budaya Indonesia.

Pastikan untuk mengenalkan keindahan kebaya kutubaru melalui media sosial atau platform lainnya, agar inspirasi ini dapat diterima oleh netizen lainnya dan semakin memperkaya kesadaran akan kekayaan budaya Indonesia.

Kebaya kutubaru adalah simbol keanggunan dan keindahan warisan budaya Indonesia.

Melalui pemakaian yang tepat dan dengan sentuhan modern yang sesuai, kita dapat mempertahankan kebaya kutubaru sebagai busana yang cantik, elegan, dan relevan dalam kehidupan sehari-hari.

Teruslah mengapresiasi dan melestarikan keindahan batik Kutu Baru untuk menjaga warisan budaya kita tetap hidup dan berkembang di era modern ini.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Bukan Rahasia Lagi! Cara Mudah Nonton Video Bokeh Viral di Yandex RU Browser Jepang!

Bro sis, bosen nonton video yang gitu-gitu aja? Coba deh nonton video bokeh viral gratis di Yandex RU Yandex...

More Articles Like This

Favorite Post