Kamis, April 25, 2024

Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 7 April 2024-Hari Minggu Paskah II Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Must Read
4.2/5 - (5 votes)

Mari kita simak Teks Misa Perayaan Ekaristi Hari Minggu 7 April 2024 lengkap Bacaan Injil Katolik dan Renungan Homili.

Hari Minggu 7 April 2024, Kalender Liturgi Minggu 7 April 2024 merupakan Hari Minggu Paskah II, Minggu Kerahiman Ilahi, Santo Yohanes de la Salle, Pangaku Iman, Beato Henry Walpole, Martir, dengan Warna Liturgi Putih.

Bapak/Ibu, Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, Hari Minggu 7 April 2024, kita masuk kepada Hari Minggu Paskah II, mari kita mempersembahkan diri kita dengan iman yang teguh kepada Tuhan.

Bersama-sama menyanyikan LAGU PEMBUKA (Pastor, Prodiakon, Lektor, Misdinar masuk).

RITUS PEMBUKA
PERARAKAN MASUK

NYANYIAN PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM -berdiri-

I. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin

I. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu

U. Dan bersama rohmu

Hari ini, kita merayakan Minggu Kedua Paskah dan Hari Minggu Kerahiman Ilahi. Kita merenungkan Allah yang penuh kasih kepada kita, meskipun kita berdosa. Allah menyelamatkan kita dari kematian kekal dengan penuh belas kasihan-Nya. Dalam bacaan pertama, kita belajar tentang kebersamaan jemaat perdana yang hidup dalam cinta kasih dan saling melengkapi. Mereka tidak hanya berdoa bersama, tetapi juga hidup bersama dan berbagi. Kita bisa mencontoh semangat hidup bersama mereka untuk memperkuat iman kita. Rasul Yohanes mengatakan bahwa iman kita adalah kunci untuk mengalahkan dunia. Dalam bacaan Injil, kita mendengarkan kisah Yesus yang menampakkan diri kepada para rasul. Yesus menegur Tomas yang ragu-ragu, tetapi memberkati kita yang percaya tanpa melihat. Mari saling mendukung agar iman kita diteguhkan dan kita tidak merasa sendirian. Amin.

[hening sejenak]

TOBAT DAN PERMOHONAN AMPUN

P : Marilah menyesali dan mengakui bahwa kita telah berdosa, supaya kita siap mendengarkan Sabda Allah, Terang dan Pedoman hidup kita.

U : Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa, dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.

P : Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U : Amin.

KEMULIAAN

P : Kemuliaan kepada Allah di surga
U : dan damai di bumikepada orang yang berkenan pada-Nya.
P : Kami memuji Dikau,
U : Kami meluhurkan Dikau.
P : Kami menyembah Dikau,
U : Kami memuliakan Dikau.
P : Kami bersyukur kepada-Mu,karena kemuliaan-Mu yang besar.
U : Ya Tuhan Allah, raja surgawi,Allah Bapa yang Mahakuasa.
P : Ya Tuhan Yesus Kristus, Putera yang tunggal.
U : Ya Tuhan Allah, Anak Domba Allah, Putera Bapa.
P : Engkau yang menghapus dosa dunia,kasihanilah kami.
U : Engkau yang menghapus dosa dunia,kabulkanlah doa kami.
P : Engkau yang duduk di sisi Bapa,kasihanilah kami.
U : Karena hanya Engkaulah kudus.
P : Hanya Engkaulah Tuhan.
U : Hanya Engkaulah Mahatinggi, ya Yesus Kristus.
P : bersama dengan Roh Kudus,
U : dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

COLLECTA/ DOA PEMBUKA

P : Marilah kita bersama-sama berdoa (hening sejenak):

Allah yang Maharahim, dalam perayaan pesta Paskah ini Engkau menyalakan iman umat yang dikuduskan bagi-Mu. Tambahkanlah rahmat yang telah Engkau anugerahkan agar kami semua semakin memahami betapa agung pembaptisan yang menyucikan kami, betapa luhur Roh yang melahirkan kami kembali, dan betapa mulia darah yang menebus kami. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

U : Amin.

AJAKAN MENDENGARKAN SABDA TUHAN

P : Marilah kita membuka hati kita untuk mendengarkan Sabda Tuhan dan menerimanya agar Sabda Tuhan menjadi pelita iman kita dan tongkat penuntun jalan hidup kita. [Bacaan dibacakan dari Alkitab]

LITURGI SABDA

Bacaan Pertama Kisah Para Rasul 4:32-35

Mereka sehati dan sejiwa.

Kumpulan orang yang telah percaya akan Yesus sehati dan sejiwa. Dan tidak seorang pun yang berkata bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama.

Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus, dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah.

Di antara mereka tidak ada seorang pun yang berkekurangan. Karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu,

dan hasil penjualan itu mereka bawa dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 118:2-4.16ab-18.22-24

Ref: Bersyukurlah kepada Tuhan, karna baiklah Dia.

Biarlah Israel berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya!” Biarlah kaum Harun berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya!”Biarlah orang yang takwa pada Tuhan berkata, “Kekal abadi kasih setia-Nya!”

Tangan kanan Tuhan berkuasa meninggikan, tangan kanan Tuhan melakukan keperkasaan. Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan Tuhan! Tuhan telah menghajar aku dengan keras, tetapi Ia tidak menyerahkan daku kepada maut.

Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru. Hal itu terjadi dari pihak Tuhan, suatu perbuatan ajaib di mata kita. Inilah hari yang dijadikan Tuhan, marilah kita bersorak-sorai dan bersukacita karenanya.

Bacaan Kedua 1Yohanes 5:1-6

Semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia.

Saudara-saudaraku yang terkasih, setiap orang yang percaya bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya.

Inilah tandanya bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.

Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Dan perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia.

Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia, yakni iman kita. Tidak ada orang yang mengalahkan dunia, selain dia yang percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah!

Dia inilah yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus; bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil Luk 24:32

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Karena telah melihat Aku, Tomas, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.

Bacaan Injil Yohanes 20:19-31

“Delapan hari kemudian Yesus datang.”

Setelah Yesus wafat di salib, pada malam pertama sesudah hari Sabat, berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi.

Pada waktu itu datanglah Yesus, berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” Sesudah berkata demikian, Yesus menunjukkan tangan dan lambung-Nya kepada mereka.

Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan. Maka kata Yesus sekali lagi, “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

Dan sesudah berkata demikian, Yesus menghembusi mereka dan berkata, “Terimalah Roh Kudus. Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Pada waktu Yesus datang itu Tomas, seorang dari kedua belas murid, yang juga disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya, “Kami telah melihat Tuhan!”.

Tetapi Tomas berkata kepada mereka, “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya, dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu, dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, aku sama sekali tidak akan percaya.”

Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu, dan Tomas bersama-sama dengan mereka.

Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang. Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!” Kemudian Yesus berkata kepada Tomas,

“Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku, dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah!”

Tomas menjawab kepada-Nya, “Ya Tuhanku dan Allahku!” Kata Yesus kepadanya, “Karena telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini.

Tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya oleh imanmu itu kamu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

HOMILI (RENUNGAN)

Injil hari ini mengisahkan pertemuan yang penuh makna antara Yesus yang telah bangkit dengan para murid-Nya. Pada saat pintu-pintu terkunci, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan memberikan salam sejahtera. Ini bukan hanya sebuah pertemuan fisik, tetapi juga pertemuan rohani yang mendalam.

Sikap murid-murid sebelum dan sesudah Yesus muncul menggambarkan bagaimana iman mereka diuji dan diperkuat. Pada awalnya, mereka takut dan merasa terisolasi, mengunci diri mereka dalam ketakutan. Namun, kehadiran Yesus yang hidup merubah segalanya. Mereka melihat luka-luka-Nya, tanda-tanda kesengsaraan yang dialaminya, tetapi juga tanda kemenangan atas maut.

Yesus tidak hanya memberikan damai sejahtera, tetapi juga mengutus mereka untuk melanjutkan misi-Nya. Dia memberikan Roh Kudus kepada mereka, memperkuat mereka untuk memberikan pengampunan dan membebaskan orang dari dosa. Yesus juga menegaskan pentingnya iman tanpa melihat secara langsung, mengajarkan bahwa berbahagialah orang-orang yang percaya meskipun tidak melihat.

Tomas, yang awalnya meragukan kebangkitan Yesus, akhirnya menjadi saksi dan menyatakan imannya dengan penuh keyakinan. Dia menyatakan, “Ya Tuhanku dan Allahku!” sebagai pengakuan atas keilahian Yesus dan penerimaan akan kasih dan pengampunan-Nya.

Bagi kita, Injil hari ini mengajarkan tentang kekuatan iman dan pentingnya pengakuan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Allah kita. Kita diingatkan bahwa iman bukan hanya tentang melihat secara fisik, tetapi juga tentang percaya tanpa melihat. Melalui iman, kita dapat menerima kasih dan pengampunan Allah, dan melanjutkan misi-Nya di dunia ini. Semoga iman kita semakin kokoh dan kasih kita semakin luas kepada sesama, sehingga kita juga dapat bersaksi akan kebangkitan Kristus bagi dunia.

Bacaan Pertama mengisahkan tentang keberanian Rasul Petrus dan Yohanes dalam menghadapi tantangan dan ancaman dari orang-orang yang tidak setuju dengan ajaran Yesus. Mereka tidak gentar untuk menyatakan kebenaran iman mereka meskipun dihadapkan pada tekanan dan ancaman. Pesan yang dapat dipetik dari bacaan ini adalah pentingnya untuk teguh dalam iman dan bersaksi tentang kebenaran, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan dan rintangan.

Bacaan Kedua menegaskan bahwa iman kepada Yesus Kristus adalah kunci untuk mengalahkan dunia. Melalui iman kepada Kristus, kita dapat mengasihi Allah dan sesama, serta memperoleh kemenangan atas godaan dan pencobaan dunia. Pesan yang dapat diambil dari bacaan ini adalah pentingnya iman yang teguh kepada Yesus Kristus sebagai jalan untuk mengatasi segala tantangan dan godaan dunia.

Hari Minggu ini, kita dipanggil untuk memperkuat iman dan keteguhan hati dalam menghadapi berbagai cobaan dan godaan dalam kehidupan. Kehadiran dan kasih Yesus Kristus harus menjadi landasan kuat dalam hidup kita, sehingga kita mampu menghadapi segala situasi dengan keberanian dan ketenangan batin.
Mari kita bersama-sama menghadapi keraguan dengan keyakinan, mengatasi penindasan dengan keberanian, dan mengalahkan dunia dengan iman kepada Yesus Kristus, Sang Anak Allah yang telah datang dengan air dan darah, dan Roh yang memberi kesaksian tentang kebenaran. Amin.

SYAHADAT PARA RASUL

(Umat berdiri, kata-kata yang dicetak miring diucapkan sambil membungkuk)
P+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.

Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.
Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang Kudus, Persekutuan para Kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.
DOA UMAT

p.   Kristus telah bangkit dan bersabda kepada para murid, “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.” Marilah kita berdoa kepada Bapa yang telah mengutus Putra-Nya demi keselamatan dan kesejahteraan kita:

L. Bagi para gembala umat beriman: Semoga para gembala umat beriman mempergunakan daya penyembuhan, pengampunan dan pendamaian yang dipercayakan oleh Yesus kepada mereka untuk mengabdi Umat Allah dan melayani orang-orang yang mencari kebenaran. Marilah kita mohon,…
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi persekutuan bangsa kita: Semoga Bapa memberkati bangsa kita, semoga tercapailah rekonsiliasi dalam masalah-masalah yang masih memecah-belah bangsa kami, semoga baik para pemimpin maupun rakyat percaya akan hari depan yang dibangun atas dasar keadilan dan perdamaian. Marilah kita mohon,…
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L. Bagi dunia yang berada dalam cengkeraman perang dan kekerasan, kecurangan dan penyalahgunaan kekuasaan: Semoga senjata-senjata perang tidak dipergunakan lagi di seluruh dunia, sehingga kasih dan persaudaraan menang atas kebencian dan kekerasan. Marilah kita mohon,…
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L.  Bagi mereka yang sedang sakit, menderita dan mengalami cobaan hidup: Semoga mereka yang sedang menderita tetap percaya kepada Tuhan, Sang Penyembuh dan Pemberi hidup. Marilah kita mohon,…..
U. Dengarkanlah umat-Mu.

L.  Bagi umat di paroki kita …… dan di tempat-tempat lain: Semoga iman kepada Yesus menuntun kita sehingga dapat mempercayai kebaikan orang lain dan dipersatukan dalam cinta kasih-Nya. Marilah kita mohon,…..
U. Dengarkanlah umat-Mu.

P.  Allah Bapa yang Maharahim, Putra-Mu yang bangkit telah menyatakan belas kasih-Mu. Semoga kerukunan di antara kami dan cinta kasih antar kami, menjadi tanda bagi semua orang yang menyaksikan cara hidup kami, bahwa Engkau berbelas kasih kepada siapa pun. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.
KOLEKTE
PERSIAPAN PERSEMBAHAN
DOA ATAS PERSEMBAHAN
P. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
P.  Allah Bapa kami, yang Mahakudus, terimalah persembahan ini dan jadikanlah sebagai sarana untuk memperbarui perjanjian-Mu dengan kami, yaitu Tubuh dan Darah Putra-Mu, Tuhan kami, Yesus Kristus, Sang Juruselamat, kini dan sepanjang masa.
U. Amin.
PREFASI, KUDUS, DOA SYUKUR AGUNG
PREFASI

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
P. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.

P : Sungguh pantas dan benar, layak dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang Kudus, Allah yang Mahakuasa dan Kekal. Sungguh tak terhingga kemuliaan-Mu: Engkau menopang makhluk yang fana dengan keallahan-Mu; dengan mengubah kodrat yang menyebabkan kami jatuh menjadi sarana keselamatan kami, Engkau menyembuhkan kami yang fana ini, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Dengan pengantaraan Kristus itu, Bala Malaikat, yang bersukacita di hadapan-Mu dalam keabadian, menyembah keagungan-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami memadukan suara dengan mereka dalam sukacita bersama sambil berseru (dilanjutkan KUDUS).

  • KUDUS
  • DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

P. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
P+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.P.  Tuhan, kami mohon, bebaskanlah kami dari segala yang jahat, sudilah memberi damai pada hari-hari kami, supaya, kami yang telah dikuatkan oleh kelimpahan belaskasih-Mu, selalu bebas dari dosa, dan aman dari setiap gangguan: sambil menantikan harapan yang membahagiakan dan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.

U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.

DOA DAMAI

P. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu: Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu: janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan berilah damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.

U. Amin.

P. Semoga damai Tuhan selalu bersamamu
U. Dan bersama rohmu.

P. Berilah damai satu sama lain.
ANAK DOMBA ALLAH
KOMUNI

Lanjut Pastor berlutut menghormati Sakramen Mahakudus, lalu berdiri menghunjukkan hosti kudus kepada umat, sambil berkata:

P : Lihatlah Anak Domba Allah. Lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah saudara-saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba.

U : Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh

Dengan khidmat, Pastor menyambut Tubuh Kristus terlebih dulu, lalu Prodiakon. Sesudah itu, Pastor melayani umat yang menyambut komuni, dibantu Prodiakon seraya setiap kali berkata:

P : Tubuh Kristus.

U : Amin.

PENYAMBUTAN KOMUNI diiringi dengan nyanyian koor.

DOA SESUDAH KOMUNI

P. Marilah kita berdoa: Ya Allah, sumber kehidupan sejati, kami bersyukur atas roti kehidupan yang telah kami terima sebagai bekal perjalanan hidup kami menuju kepada-Mu. Semoga, pengorbanan Putra-Mu yang kami rayakan ini, mendorong kami untuk berani berkorban demi kesejahteraan bersama. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami.

U. Amin.

PENGUMUMAN

RITUS PENUTUP
BERKAT MERIAH (berdiri)
P. Tuhan bersamamu

U. Dan bersama rohmu

P. Semoga berkat perayaan Paskah hari ini Allah yang Mahakuasa memberkati Saudara dan melindungi Saudara dari segala bahaya dosa.
U. Amin.

P. Semoga Allah, yang memulihkan hidup Saudara lewat kebangkitan Putra Tunggal-Nya, memenuhi hati Saudara dengan karunia-karunia abadi.
U. Amin.

P. Semoga sesudah memperingati hari-hari sengsara Tuhan dan merayakan pesta Paskah dengan gembira, Saudara diantar Tuhan memasuki pesta sukacita abadi.
U. Amin.

P. Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra (+) dan Roh Kudus turun atas Saudara dan menetap senantiasa
U. Amin.

PENGUTUSAN
P : Perayaan Sabda kita ini sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.
P : Marilah pergi, kita diutus.
U : Amin.
PERARAKAN KELUAR
Lagu Penutup

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Promo Hokben Terbaru Hari Ini Setiap Hari Rabu Promo Heboh QRIS Jenius, Beli Paket Simple Set Teriyaki Cuma 9 Ribuan

Hai, Sobat Kuliner! Ada kabar seru nih dari HokBen yang pasti bikin kamu makin happy! Sekarang, dengan menggunakan QRIS...

More Articles Like This

Favorite Post