Minggu, Mei 19, 2024

Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Kamis 9 Mei 2024-Hari Raya Kenaikan Tuhan, Pekan VI Paskah, Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Must Read
3/5 - (6 votes)

Mari kita simak Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Kamis 9 Mei 2024-Hari Raya Kenaikan Tuhan, Pekan VI Paskah, Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil.

Hari Kamis 9 Mei 2024 merupakan Hari Kamis Pekan VI  Paskah, HARI RAYA KENAIKAN TUHAN, Santo Sirilus dari Sasarea, Martir, dengan Warna Liturgi Putih.

Bapak/Ibu, Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, Hari Kamis 9 Mei 2024, kita masuk kepada Hari Minggu Paskah VI, mari kita mempersembahkan diri kita dengan iman yang teguh kepada Tuhan.

Marilah kita bersama-sama menyanyikan LAGU PEMBUKA (Pastor, Prodiakon, Lektor, Misdinar masuk).

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Mei 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Mei 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Jadwal Lengkap Misa Hari Raya Kenaikan Tuhan di Keuskupan Agung Jakarta Tanggal 9 Mei 2024

BACA JUGA: Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 12 Mei 2024-Hari Minggu Paskah VII, Hari Komunikasi Sedunia, Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Kamis 9 Mei 2024 HARI RAYA KENAIKAN TUHAN, Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

RITUS PEMBUKA
PERARAKAN MASUK

NYANYIAN PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM -berdiri-

P. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
P. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

Hari ini, setelah sekitar 40 hari dari kebangkitan-Nya, umat Katolik merayakan Kenaikan Yesus ke surga. Injil hari ini mengisahkan pesan terakhir Yesus kepada para murid-Nya sebelum naik ke surga. Pesan ini tidak hanya ditujukan kepada kesebelas murid yang hadir saat itu, tetapi kepada semua murid-Nya, termasuk kita semua yang mengaku sebagai pengikut-Nya. Perkataan Yesus dalam injil ini mengandung makna mendalam. Ia menjanjikan tanda-tanda yang akan menyertai orang-orang yang percaya, sebagai bukti kebenaran ajaran-Nya. Hal ini mengajak kita untuk hidup dalam kepercayaan penuh pada-Nya, tanpa ragu atau ketakutan, karena Tuhan akan melindungi dan memelihara kita.

SERUAN TOBAT

P. Saudara-saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.

P. Tuhan Yesus Kristus, sabda kekal yang menjelma Engkau telah memilih Bunda Maria menjadi bunda-Mu yang tak bernoda, bebaskanlah kami dari noda dosa.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Penebus dunia melalui malaikat Gabriel, Engkau meminta kesediaan Bunda Maria untuk menerima Engkau di dalam rahimnya. Buatlah hati kami tanggap menerima Engkau.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Allah Putra, melalui Bunda Maria, Engkau menjadi manusia. Curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

P. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
K. Kemuliaan kepada Allah di surga.

U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kasihanilah kami
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kabulkanlah doa kami
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. Kasihanilah kami.
K. Kar’na hanya Engkaulah Kudus.
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus
U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

COLLECTA/ DOA PEMBUKA

P. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)

P. Marilah kita berdoa, [hening sejenak] Allah, Bapa yang mahakuasa, Engkau telah mengangkat Yesus Putra-Mu memasuki kemuliaan di sisi kanan-Mu. Kenaikan-Nya ke surga menjadi pengharapan bagi kami, bahwa kami pun kelak akan
hidup bersama Dia di sisi-Mu. Dalam perjalanan hidup kami di dunia ini, kami masih akan melanjutkan warta dan karya-Nya. Dampingilah kami dengan penerangan Roh Kudus-Mu, agar kami dapat mendengarkan Sabda Putra-Mu dan merenungkannya dengan tulus ikhlas. Demi Kristus, Tuhan kami dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa, bersama dengan Dikau, dalam persatuan dengan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

BACAAN I (Kis 1:1-11)

“Mereka melihat Dia terangkat ke surga.”

L. Bacaan dari Kisah Para Rasul 1:1-11

Hai Teofilus, dalam bukuku yang pertama aku menulis tentang segala sesuatu yang dikerjakan dan diajarkan Yesus, sampai pada hari Ia terangkat. Sebelum itu Ia telah memberikan perintah-Nya oleh Roh Kudus kepada rasul-rasul yang dipilih-Nya. Kepada mereka Ia menampakkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak tanda Ia membuktikan bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah. Pada suatu ketika, waktu makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, sebab beginilah kata-Nya – “telah kamu dengar dari pada-Ku, Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.” Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ, “Tuhan, pada masa inikah Engkau mau memulihkan kerajaan bagi Israel?” Jawab-Nya, “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya. Tetapi kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, kamu akan menerima kuasa, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem, di seluruh Yudea dan Samaria, dan sampai ke ujung bumi. Sesudah mengatakan demikian, terangkatlah Yesus disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka. Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Yesus naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka. Kedua orang itu berkata kepada mereka, “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus yang terangkat ke surga meninggalkan kamu ini akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga.”

L. Demikianlah Sabda Tuhan

U. Syukur kepada Allah.

MAZMUR TANGGAPAN
 (PS 825)

Allah telah naik diiringi sorak sorai, Tuhan mengangkasa diiringi bunyi sangkakala.

1. Hai segala bangsa, bertepuk-tanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak sorai! Sebab Tuhan, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja Agung atas seluruh bumi.
2. Allah telah naik diiringi sorak-sorai. Tuhan mengangkasa diiringi bunyi sangkakala. Bermazmurlah bagi Allah, bermazmurlah! Kidungkanlah mazmur bagi Raja kita, kidungkan mazmur!
3. Sebab Allah adalah Raja atas seluruh bumi, bermazmurlah dengan lagu yang paling indah! Allah merajai segala bangsa, di atas takhta-Nya yang kudus Ia bersemayam.

BACAAN II  (Ef 4:1-13)
L. Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Efesus 4:1-13
Saudara-saudara, aku, yang dipenjarakan demi Tuhan, menasihati kamu, supaya sebagai orang-orang yang terpanggil, kamu hidup berpadanan dengan panggilanmu itu. Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan roh dalam ikatan damai sejahtera. Satu tubuh, satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu. Satu Tuhan, satu iman, satu baptisan. Satu Allah dan Bapa kita sekalian, yang mengatasi semua, menyertai semua dan menjiwai semua. Kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Itulah sebabnya Kitab Suci berkata: Tatkala naik ke tempat tinggi, la membawa tawanan-tawanan; la memberikan pemberian-pemberian kepada manusia. Bukankah “la telah naik” berarti bahwa la juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah? Dia yang telah turun itu, Dialah pula yang telah naik jauh lebih tinggi daripada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu. Dialah juga yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pewarta Injil, gembala umat maupun pengajar, semuanya itu untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi tugas pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus. Dengan demikian akhirnya kita semua akan mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus.
Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah

 

BAIT PENGANTAR INJIL (PS 962)

Alleluya, Alleluya, Alleluya, Alleluya

Pergilah dan ajarlah semua bangsa, firman Tuhan. Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman.
BACAAN INJIL (Mrk 16:15-20)
   

“Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil.”

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Inilah Injil Suci menurut Markus 16:15-20
U. Dimuliakanlah Tuhan.

P. Pada suatu hari Yesus yang telah bangkit dari antara orang mati menampilkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.” Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.
HOMILI / RENUNGAN

Dari Bacaan Injil hari ini, kita dipanggil untuk menjadi utusan Kristus. Yesus tidak hanya mengajak murid-murid-Nya pada zaman itu, tetapi juga kita semua, untuk melanjutkan tugas perutusan-Nya. Seperti yang telah dilakukan Yesus kepada murid-murid-Nya selama tiga tahun lebih, Ia juga mempersiapkan kita untuk menjadi utusan-Nya. Kita tidak hanya menjadi pengikut Kristus, tetapi juga utusan-Nya. Di mana pun kita berada, kita adalah wakil Kristus yang mengemban Sabda-Nya.

Selain itu, kita juga dipanggil untuk hidup sesuai dengan Sabda Tuhan. Tanda-tanda yang disebutkan oleh Yesus, seperti mengusir setan, berbicara dalam bahasa-bahasa baru, dan menyembuhkan orang-orang, menggambarkan kualitas orang-orang yang percaya kepada-Nya. Hal ini menunjukkan bahwa iman kita harus tercermin dalam sikap dan tindakan nyata kita sehari-hari.

Dari Bacaan Pertama dan Kedua, kita ditegaskan kembali untuk memberitakan kabar baik Injil. Pesan Tuhan ini tidak hanya berlaku untuk zaman dahulu, tetapi juga untuk kita semua saat ini. Memberitakan Injil tidak hanya dengan kata-kata, tetapi juga dengan sikap dan tindakan nyata kita sehari-hari. Sikap kasih sayang, keadilan, dan kesantunan dalam kehidupan sehari-hari adalah wujud nyata dari Injil yang kita beritakan.

Kita juga diajak untuk percaya bahwa Allah akan menyertai kita dalam setiap langkah kita. Tujuan dari perintah Yesus ini adalah agar semua orang mendengar kabar baik tentang kasih dan keselamatan Allah, sehingga mereka dapat percaya dan diselamatkan.

Semoga kenaikan Yesus ke surga membuat iman kitasemakin  kuat karena Yesus sungguh menaruh kepercayaan kepada kita untuk menjadi utusan-Nya. Semoga kita menjadi murid dan sekaligus utusan-Nya yang baik. Amin.

SYAHADAT PARA RASUL

P+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,
pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.

DOA UMAT

P. Sebelum naik ke surga, Kristus bersabda, “Kamu adalah saksi dari semuanya ini. Dan, Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku.” Marilah kita berdoa kepada Bapa dengan kepercayaan bahwa Kristus akan mengirimkan kepada kita apa yang telah dijanjikan Bapa bagi kita.

L. Bagi Bapa Suci, para uskup, dan seluruh umat Allah. Semoga Bapa mendorong Bapa Suci, dan para Uskup, serta seluruh Umat Allah untuk menempuh jalan pembaharuan tanpa takut; dan berani percaya pada masa depan yang cerah sesuai dengan kehendak-Nya. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi pemimpin masyarakat. Semoga Bapa menyertai dan mencurahkan Roh Kudus- Nya kepada pemimpin masyarakat kita sehingga pelayanan mereka selalu digerakkan dan terarah kepada Injil-Nya yang adalah Kabar Gembira cinta kasih, keadilan, dan perdamaian. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi mereka yang menderita demi Injil. Semoga Bapa menguatkan hati dan iman saudara-saudari kita yang dianiaya karena Injil-Nya. Semoga mereka tidak pernah merasa sia-sia atas kesaksian hidup mereka. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita semua. Semoga Bapa membuka hati kita terhadap Roh-Nya; membuat kita rukun dan bersatu sehati dan sejiwa sehingga bersama-sama kita membangun suatu jemaat, dan kita memperlakukan sesama kita seperti Engkau telah memperlakukan kita. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Allah Bapa di surga, Engkau telah menyerahkan segala kuasa di surga dan di bumi kepada Kristus Putra-Mu. Berkat Roh-Mu, semoga kami dapat menjadi Sabda dan kehadiran Kristus bagi dunia ini. Sebab, Dialah Tuhan dan Pengantara kami.

U : Amin

KOLEKTE
PERSIAPAN PERSEMBAHAN
DOA ATAS PERSEMBAHAN
P. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
P. Ya Allah, dengan rendah hati kami mempersembahkan kurban ini pada perayaan kenaikan Putra-Mu yang menakjubkan. Kami mohon, semoga berkat pertukaran yang amat kudus ini kami turut bangkit menuju sukacita surgawi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.
U. Amin.
PREFASI, KUDUS, DOA SYUKUR AGUNG
PREFASI

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
P. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.

P : Sungguh pantas dan benar, layak dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang Kudus, Allah yang Mahakuasa dan Kekal. Sungguh tak terhingga kemuliaan-Mu: Engkau menopang makhluk yang fana dengan keallahan-Mu; dengan mengubah kodrat yang menyebabkan kami jatuh menjadi sarana keselamatan kami, Engkau menyembuhkan kami yang fana ini, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Dengan pengantaraan Kristus itu, Bala Malaikat, yang bersukacita di hadapan-Mu dalam keabadian, menyembah keagungan-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami memadukan suara dengan mereka dalam sukacita bersama sambil berseru (dilanjutkan KUDUS).

  • KUDUS
  • DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

P. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
P+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.P. Tuhan, kami mohon, bebaskanlah kami dari segala yang jahat, sudilah memberi damai pada hari-hari kami, supaya, kami yang telah dikuatkan oleh kelimpahan belaskasih-Mu, selalu bebas dari dosa, dan aman dari setiap gangguan: sambil menantikan harapan yang membahagiakan dan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
DOA DAMAI
P. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu, Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu, janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan berilah damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U. Amin.
P. Semoga damai Tuhan selalu bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
D/I. Berilah damai satu sama lain.
ANAK DOMBA ALLAH  
PERSIAPAN KOMUNI (umat berlutut/berdiri)
Ajakan menyambut Komuni
P.  Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba.
U. Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.
KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
P. Marilah kita berdoa:
Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau memperkenankan kami yang hidup di dunia ini menikmati misteri-misteri ilahi. Kami mohon, bangkitkanlah dalam diri kami kerinduan akan tanah air surgawi, tempat kami ditinggikan dalam kemuliaan-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U. Amin.
PENGUMUMAN
RITUS PENUTUP
BERKAT MERIAH (berdiri)
P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Semoga Allah yang mahakuasa memberkati Saudara demi Yesus Kristus, Sang Putra Tunggal, yang hari ini naik ke surga dan membukakan pintu surga bagi Saudara.
U. Amin.
P.  Semoga Kristus, yang sesudah kebangkitan-Nya, menampakkan diri kepada para murid, juga menyatakan kemurahan-Nya kepada Saudara apabila Ia datang untuk menghakimi dunia.
U. Amin.
P.  Semoga Kristus yang kini bersemayam di sisi Bapa selalu mendampingi Saudara sampai akhir zaman seperti dijanjikan-Nya.
U. Amin.
P. Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra (+) dan Roh Kudus turun atas Saudara dan menetap senantiasa
U. Amin.
PENGUTUSAN
P : Perayaan Sabda kita ini sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.
P : Marilah pergi, kita diutus.
U : Amin.
PERARAKAN KELUAR
Lagu Penutup

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Versi Baru! Download Royal Dream Joy Domino Apk V6.20 Merah Putih X8 Speeder Terbaru 2024 Mudah Jackpot

Ada kabar seru nih buat kamu para gamers! Sudah pernah dengar tentang Royal Dream Joy Domino Apk V6.20 Merah...

More Articles Like This

Favorite Post