Minggu, Mei 19, 2024

Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 12 Mei 2024-Hari Minggu Paskah VII–Novena Roh Kudus III (Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-58) Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Must Read
5/5 - (1 vote)

Mari kita simak Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 12 Mei 2024-Hari Minggu Paskah VII–Novena Roh Kudus III (Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-58) Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil.

Bapak/Ibu, Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, Hari Minggu 12 Mei 2024, kita masuk kepada Hari Minggu Paskah VII dan Novena Roh Kudus III Hari Minggu Komunikasi Sedunia, mari kita mempersembahkan diri kita dengan iman yang teguh kepada Tuhan.

Marilah kita bersama-sama menyanyikan LAGU PEMBUKA (Pastor, Prodiakon, Lektor, Misdinar masuk).

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Mei 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Mei 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Tata Cara Doa Rosario Lengkap Renungan Setiap Peristiwa, Ada Link PDF Disini

RITUS PEMBUKA
PERARAKAN MASUK

NYANYIAN PEMBUKA

TANDA SALIB DAN SALAM

P. Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U. Amin
P. Semoga Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah dan persekutuan Roh Kudus bersamamu
U. Dan bersama rohmu

PENGANTAR

Dalam Injil Yohanes 17:11b-19, Yesus mendoakan perlindungan dan pengudusan bagi murid-murid-Nya. Doa ini mencerminkan kasih dan perhatian Yesus terhadap mereka, serta keinginan-Nya agar mereka tetap teguh dalam iman dan hidup kudus. Dalam kehidupan kita saat ini, kita juga mengalami tantangan dan godaan yang memerlukan perlindungan dan pertolongan Allah. Kita perlu meminta bantuan-Nya agar tetap setia dalam iman dan terhindar dari godaan jahat.

SERUAN TOBAT

P. Saudara-saudari, marilah mengakui dosa-dosa kita, supaya kita layak merayakan misteri suci ini.

P. Tuhan Yesus Kristus, sabda kekal yang menjelma Engkau telah memilih Bunda Maria menjadi bunda-Mu yang tak bernoda, bebaskanlah kami dari noda dosa.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Penebus dunia melalui malaikat Gabriel, Engkau meminta kesediaan Bunda Maria untuk menerima Engkau di dalam rahimnya. Buatlah hati kami tanggap menerima Engkau.
K. Kristus, kasihanilah kami
U. Kristus, kasihanilah kami

P. Tuhan Yesus Kristus, Allah Putra, melalui Bunda Maria, Engkau menjadi manusia. Curahkanlah rahmat-Mu ke dalam hati kami.
K. Tuhan, kasihanilah kami
U. Tuhan, kasihanilah kami.

P. Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin.

MADAH KEMULIAAN
K. Kemuliaan kepada Allah di surga.

U. Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
K. Kami memuji Dikau
U. Kami meluhurkan Dikau
K. Kami menyembah Dikau
U. Kami memuliakan Dikau
K. Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar.
U. Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang mahakuasa
K. Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal,
U. Ya Tuhan Allah, Anak domba Allah, Putra Bapa.
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kasihanilah kami
K. Engkau yang menghapus dosa dunia
U. Kabulkanlah doa kami
K. Engkau yang duduk di sisi Bapa,
U. Kasihanilah kami.
K. Kar’na hanya Engkaulah Kudus.
U. Hanya Engkaulah Tuhan
K. Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus
U. Bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

COLLECTA/ DOA PEMBUKA

P. Marilah kita berdoa:
(hening sejenak)

P. Marilah kita berdoa. (hening sejenak): Ya Allah, Engkau menghendaki agar kami selalu hidup rukun dan bersatu padu membangun Gereja-Mu. Kami mohon, semoga kami semakin berkembang dalam cinta kasih yang merupakan pengikat persatuan, baik di antara kami maupun antara kami dengan Dikau. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U. Amin.

Bacaan I

Kisah Para Rasul 1:15-17,20a.20c-26

Pada waktu itu, tidak lama sesudah Yesus naik ke surga, berdirilah Petrus di tengah- tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya. la berkata, “Hai, Saudara-saudara, haruslah digenapi sabda Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang- orang yang menangkap Yesus itu. Dahulu ia termasuk bilangan kami, dan mengambil bagian dalam pelayanan ini. Sebab ada tertulis dalam Kitab Mazmur: ‘Biarlah jabatannya diambil alih orang lain.’ Jadi harus ditambahkan kepada bilangan kami satu orang yang dipilih dari antara mereka yang selalu tinggal bersama kami selama Tuhan Yesus tinggal di tengah-tengah kita, yaitu sejak baptisan Yohanes sampai pada hari Yesus terangkat ke surga meninggalkan kita. Bersama kami, dia harus menjadi saksi tentang kebangkitan Yesus.” Lalu mereka mengusulkan dua orang: yang satu Yusuf, yang disebut Barsabas dan juga bernama Yustus, dan yang lain Matias. Lalu mereka semua berdoa, “Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang. Tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini, untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu jabatan rasul, yang ditinggalkan Yudas, yang telah menemui nasib yang wajar baginya.” Lalu mereka membuang undi atas kedua orang itu, dan yang kena undi adalah Matias. Dengan demikian Matias ditambahkan pada bilangan kesebelas rasul. Demikianlah Sabda Tuhan.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ref. Puji, jiwaku, nama Tuhan, jangan lupa pengasih Yahwe.

Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan segala kebaikan-Nya!

Setinggi langit dari bumi, demikianlah besarnya kasih setia Tuhan atas orang-orang yang takwa kepada-Nya! sejauh timur dari barat, demikianlah pelanggaran-pelanggaran kita dibuang-Nya.

Tuhan sudah menegakkan takhta-Nya di surga dan kerajaan-Nya berkuasa atas segala sesuatu. Pujilah Tuhan, hai malaikat-malaikat-Nya, Agungkanlah Dia hai pahlawan-pahlawan perkasa.

Bacaan II

1 Yohanes 4:11-16

Saudara-saudaraku yang terkasih, Allah begitu mengasihi kita! Maka haruslah kita juga saling mengasihi. Tidak ada seorang pun yang pernah melihat Allah. Tetapi jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. Beginilah kita ketahui bahwa kita berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita, yakni bahwa la telah mengaruniai kita mendapat bagian dalam Roh-Nya. Kami telah melihat dan bersaksi bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juru Selamat dunia. Siapa saja yang mengaku bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan siapa saja yang tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.Demikianlah Sabda Tuhan.
Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.
Bait Pengantar Injil
Alleluya, Alleluya, Alleluya
Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku pergi dan akan datang datang kembali kepadamu, dan hatimu akan bersukacita.
BACAAN INJIL (Yohanes 17:11b-19)
P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Inilah Injil Suci menurut Yohanes 17:11b-19
U. Dimuliakanlah Tuhan.
P. Dalam perjamuan malam terakhir Yesus menengadah ke langit dan berdoa bagi semua murid-Nya, “Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku. Aku telah menjaga mereka, dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu. Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka, dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran. Firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia. Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran.
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.
HOMILI / RENUNGAN

Dalam Injil Yohanes 17:11b-19, Yesus berdoa kepada Bapa untuk melindungi dan menguduskan murid-murid-Nya. Doa ini mencerminkan kasih dan perhatian Yesus yang mendalam terhadap para murid-Nya, serta keinginan-Nya agar mereka tetap teguh dalam iman dan hidup kudus.

Contoh sikap nyata dari doa Yesus dalam kehidupan manusia saat ini adalah ketika kita mengalami tantangan dan godaan dalam menjalani kehidupan. Dalam situasi-situasi tersebut, kita perlu meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah, agar kita tetap setia dalam iman dan terhindar dari godaan yang jahat. Karna disaat kita rapuh, sedih dan terlukam biasanya godaan jahat itu selalu datang menghampiri untuk mengambil hati kita yang sebenarnya baik, kuat dan percaya pada Allah.

Maksud dari perkataan Yesus dalam Injil ini adalah untuk menunjukkan bahwa meskipun kita hidup di dunia yang penuh dengan godaan dan kesesatan, kita tidak sendirian. Allah selalu bersama kita, melindungi dan menguatkan kita dalam menghadapi segala cobaan.

Kisah Para Rasul menunjukkan momen penting dalam pengisian kembali jabatan rasul yang ditinggalkan Yudas. Mereka memilih Matias untuk menggantikannya, menunjukkan bahwa pelayanan dalam Gereja membutuhkan pilihan yang bijak dan doa kepada Tuhan. Hal ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha melakukan kehendak Allah dalam pelayanan kita.

Dalam surat 1 Yohanes, kita dipanggil untuk saling mengasihi, karena Allah sendiri adalah kasih. Meskipun tidak pernah melihat Allah, kita dapat merasakan keberadaan-Nya melalui kasih yang kita tunjukkan kepada sesama. Kasih adalah tanda bahwa Allah ada di dalam kita dan kita di dalam-Nya.

Dari ketiga bacaan ini, kita diajak untuk hidup dalam kesatuan, melakukan pelayanan dengan bijaksana, dan saling mengasihi sebagai bukti keberadaan Allah dalam hidup kita. Mari kita jadikan kasih sebagai landasan hidup kita, sehingga kita dapat menjadi saksi-saksi Kristus di dunia ini.

Semoga kita dapat memahami pentingnya hidup dalam kebenaran dan kudus di hadapan Allah. Dengan mengikuti teladan Yesus dan menerima firman-Nya, kita dapat mengalami kedamaian dan sukacita yang sejati, meskipun dunia mungkin membenci kita karena kita berbeda dengan dunia. Amin.

SYAHADAT PARA RASUL

P+U. Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa,
pencipta langit dan bumi.
Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh perawan Maria.

Yang menderita sengsara, dalam pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, wafat dan dimakamkan.
Yang turun ketempat penantian,
pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati.
Yang naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang mahakuasa.
Dari situ Ia akan datang mengadili orang hidup dan mati.
Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus,
pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan kekal. Amin.

DOA UMAT

P. Tuhan Yesus Kristus menghendaki kita semua bersatu dengan-Nya dan Bapa di surga. Maka, marilah kita berdoa dengan penuh pengharapan dan kepercayaan bahwa Tuhan akan mempersatukan kita dengan-Nya di dalam Kerajaan kasih-Nya.

L. Bagi Gereja. Semoga Gereja-Nya senantiasa dijiwai dengan Roh Kudus agar sanggup menjadi pelita bagi dunia dan penunjuk jalan ke arah keselamatan.Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi para pemimpin negara. Semoga Roh Kudus mendampingi para pemimpin Negara dalam membasmi segala hambatan yang merintangi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi mereka yang dalam kesesakan hidup. Semoga sinar terang Roh Kudus memancar ke dalam hati mereka yang sedang kebingungan agar semakin nyata bahwa Roh-Nyalah penolong orang dalam kesesakan. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

L. Bagi kita di sini. Semoga kami dipenuhi dengan Roh Kudus agar dalam hidup sehari-hari, kami selalu memancarkan Roh-Nya dalam cinta kasih kepada sesama. Marilah kita mohon.

U. Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

P. Allah Bapa Yang Mahaagung, doa-doa ini kami panjatkan kepada-Mu dengan rendah hati, karena kami yakin bahwa Engkau akan mengutus Roh Kudus, yang telah dijanjikan oleh Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami.

Amin.

KOLEKTE
PERSIAPAN PERSEMBAHAN
DOA ATAS PERSEMBAHAN
P. Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa yang mahakuasa.
U. Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta seluruh umat Allah yang kudus.
P. Ya Allah, terimalah persembahan yang kami unjukkan se bagai ungkapan cinta kasih kami kepada-Mu ini. Semoga, kami semakin maju dalam cinta kasih sebagai tanda keikut sertaan kami dalam mewujudkan karya keselamatan-Mu di dunia ini. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. 
U. Amin.
PREFASI, KUDUS, DOA SYUKUR AGUNG
PREFASI

P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan
P. Marilah bersyukur kepada Tuhan, Allah kita
U. Sudah layak dan sepantasnya.

P : Sungguh pantas dan benar, layak dan menyelamatkan, bahwa kami selalu dan di mana pun bersyukur kepada-Mu, Tuhan, Bapa yang Kudus, Allah yang Mahakuasa dan Kekal. Sungguh tak terhingga kemuliaan-Mu: Engkau menopang makhluk yang fana dengan keallahan-Mu; dengan mengubah kodrat yang menyebabkan kami jatuh menjadi sarana keselamatan kami, Engkau menyembuhkan kami yang fana ini, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Dengan pengantaraan Kristus itu, Bala Malaikat, yang bersukacita di hadapan-Mu dalam keabadian, menyembah keagungan-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami memadukan suara dengan mereka dalam sukacita bersama sambil berseru (dilanjutkan KUDUS).

  • KUDUS
  • DOA SYUKUR AGUNG

BAPA KAMI

P. Atas petunjuk Penyelamat kita dan menurut ajaran ilahi, maka beranilah kita berdoa
P+U. Bapa kami yang ada di surga, dimuliakanlah nama-Mu, datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga. Berilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami; dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.P. Tuhan, kami mohon, bebaskanlah kami dari segala yang jahat, sudilah memberi damai pada hari-hari kami, supaya, kami yang telah dikuatkan oleh kelimpahan belaskasih-Mu, selalu bebas dari dosa, dan aman dari setiap gangguan: sambil menantikan harapan yang membahagiakan dan kedatangan Penyelamat kami, Yesus Kristus.
U. Sebab Engkaulah Raja yang mulia dan berkuasa untuk selama-lamanya.
DOA DAMAI
P. Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah bersabda kepada para Rasul-Mu, Damai-Ku Kutinggalkan bagimu, damai-Ku Kuberikan kepadamu, janganlah memperhitungkan dosa kami, tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu, dan berilah damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
U. Amin.
P. Semoga damai Tuhan selalu bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
D/I. Berilah damai satu sama lain.
ANAK DOMBA ALLAH  
PERSIAPAN KOMUNI (umat berlutut/berdiri)
Ajakan menyambut Komuni
P.  Lihatlah Anak Domba Allah, lihatlah Dia yang menghapus dosa dunia. Berbahagialah Saudara-Saudari yang diundang ke perjamuan Anak Domba.
U. Tuhan, saya tidak pantas, Engkau datang kepada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.
KOMUNI

DOA SESUDAH KOMUNI
P. Marilah kita berdoa:
Allah yang Mahakuasa dan kekal, Engkau memperkenankan kami yang hidup di dunia ini menikmati misteri-misteri ilahi. Kami mohon, bangkitkanlah dalam diri kami kerinduan akan tanah air surgawi, tempat kami ditinggikan dalam kemuliaan-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.
U. Amin.
PENGUMUMAN
RITUS PENUTUP
BERKAT MERIAH (berdiri)
P. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu
P. Semoga Allah yang mahakuasa memberkati Saudara demi Yesus Kristus, Sang Putra Tunggal, yang hari ini naik ke surga dan membukakan pintu surga bagi Saudara.
U. Amin.
P.  Semoga Kristus, yang sesudah kebangkitan-Nya, menampakkan diri kepada para murid, juga menyatakan kemurahan-Nya kepada Saudara apabila Ia datang untuk menghakimi dunia.
U. Amin.
P.  Semoga Kristus yang kini bersemayam di sisi Bapa selalu mendampingi Saudara sampai akhir zaman seperti dijanjikan-Nya.
U. Amin.
P. Semoga berkat Allah yang Mahakuasa, Bapa dan Putra (+) dan Roh Kudus turun atas Saudara dan menetap senantiasa
U. Amin.
PENGUTUSAN
P : Perayaan Sabda kita ini sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah.
P : Marilah pergi, kita diutus.
U : Amin.
PERARAKAN KELUAR
Lagu Penutup

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Starlink Resmi Meluncur, Internet Murah dan Cepat Hadir di Seluruh Wilayah Pelosok Indonesia

Yo guys, pada tau gak kalau Starlink, layanan internet satelit punya Elon Musk, resmi diluncurin di Indonesia hari ini!...

More Articles Like This

Favorite Post