Sabtu, Juni 15, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 29 Mei 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
5/5 - (1 vote)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral. Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam.

Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita masuk pada Bacaan Injil Katolik dan Renungan Harian Katolik buat Rabu 29 Mei 2024.

Kalender Liturgi hari ini Rabu 29 Mei 2024 merupakan Hari Rabu Biasa, Santa Teodosia dari Konstantinopel, Martir, Santo Max(iminus), Uskup, dengan Warna Liturgi Hijau.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Rabu 29 Mei 2024:

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Mei 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Mei 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Tata Cara Doa Rosario Lengkap Renungan Setiap Peristiwa, Ada Link PDF Disini

Bacaan Pertama 1Ptr 1:18-25

Kalian telah ditebus dengan darah yang berharga, darah anak Domba tak bernoda, yaitu darah Kristus.

Saudara-saudara, kalian tahu bahwa kalian telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu.Kalian telah ditebus bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus, yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda

dan tak bercacat.Kristus telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir karena kalian.Oleh Dialah kalian percaya kepada Allah, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakan-Nya, sehingga iman dan pengharapanmu tertuju kepada Allah.

Kalian telah menyucikan diri dengan mentaati kebenaran.Maka kalian sanggup mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas.Oleh sebab itu hendaklah kalian sungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hati.

Sebab kalian telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang baka, yaitu oleh sabda Allah yang hidup dan kekal.Sebab semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya laksana bunga rumput!

Rumput menjadi kering dan bunga gugur.Tetapi sabda Tuhan tetap untuk selama-lamanya. Inilah sabda yang disampaikan Injil kepada kalian.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 147:12-13.14-15.19-20

Ref: Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem!

Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion!

Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.

Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik.Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi; dengan segera firman-Nya berlari.

Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.

Bait Pengantar Injil Mrk 10:45

Putera Manusia datang untuk melayani dan menyerahkan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi semua orang.

Bacaan Injil Mrk 10:32-45

Sekarang kita pergi ke Yerusalem, dan Anak Manusia akan diserahkan.

Sekali peristiwa Yesus dan murid-murid-Nya sedang dalam perjalanan ke Yerusalem. Yesus berjalan di depan. Para murid merasa cemas, dan orang-orang yang mengikuti Dia dari belakang pun merasa takut.

Sekali lagi Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan Ia mulai mengatakan kepada mereka apa yang akan terjadi atas diri-Nya.Yesus berkata, “Sekarang kita pergi ke Yerusalem, dan Anak Manusia akan diserahkan kepada imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat.

Mereka akan menjatuhi Dia hukuman mati. Mereka akan menyerahkan Dia kepada bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Ia akan diolok-olokkan, diludahi, disesah dan dibunuh,dan sesudah tiga hari Ia akan bangkit.”

Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus.Mereka berkata,

“Guru, kami harap Engkau mengabulkan suatu permohonan kami.”Jawab Yesus, “Apakah yang kalian ingin Kuperbuat bagimu?”Mereka menjawab, “Perkenankanlah kami ini duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, seorang lagi di sebelah kanan, dan seorang di sebelah kiri-Mu.”

Tetapi kata Yesus kepada mereka, “Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Sanggupkah kalian meminum piala yang harus Kuminum?Dan dibaptis dengan pembaptisan yang harus Kuterima?”Mereka menjawab, “Kami sanggup.”

Yesus lalu berkata kepada mereka, “Memang, kamu akan meminum piala yang harus Kuminum, dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima.Tetapi hal duduk di sebelah kanan atau di kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang yang baginya telah disediakan.”Mendengar itu,

kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes.Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata, “Kalian tahu, bahwa orang-orang yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi,

dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.Tetapi janganlah demikian di antara kalian! Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kalian,

hendaklah ia menjadi pelayanmu. Dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kalian, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Sebab Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Bacaan Injil Hari Rabu 29 Mei 2024

Renungan Harian Katolik Rabu 29 Mei 2024

Renungan Katolik dari Bacaan Injil Markus 10:32-45 mengajarkan kita tentang pelayanan dan kesederhanaan. Sikap pelayanan dan kesederhanaan sangat relevan dalam kehidupan manusia saat ini. Di tengah dunia yang seringkali materialistik dan egois, kita dipanggil untuk menjadi pelayan sesama, bukan untuk mencari keuntungan atau kedudukan yang tinggi. Yesus sendiri memberikan teladan yang sempurna dengan hidup-Nya yang penuh kasih dan penuh pelayanan kepada orang lain.

Melalui injil ini, kita juga diajak untuk merenungkan tentang arti sejati dari kesetiaan kepada Kristus. Yakobus dan Yohanes meminta tempat duduk yang tinggi di samping Yesus, tetapi Yesus mengajarkan bahwa kesetiaan sejati bukanlah tentang mencari kemuliaan atau keuntungan pribadi, melainkan tentang melayani dengan tulus dan ikhlas.

Dalam bacaan pertama, Rasul Petrus mengingatkan kita bahwa kita telah ditebus oleh Kristus dengan darah-Nya yang berharga, bukan dengan harta duniawi. Kristus, yang tak bernoda dan tak bercacat, telah memberikan diri-Nya sebagai korban untuk menebus dosa-dosa kita. Oleh karena itu, kita harus hidup dalam kasih dan kebenaran, saling mengasihi dengan tulus ikhlas dan mengamalkan kebenaran Allah.

Pesan yang dapat dipetik dari kedua bacaan ini adalah pentingnya kesederhanaan, pelayanan, dan kasih dalam kehidupan kita sebagai umat Katolik. Kita dipanggil untuk mengikuti teladan Kristus, yang datang bukan untuk dilayani, tetapi untuk melayani. Kita juga diingatkan bahwa kita telah ditebus dengan harga yang mahal, oleh karena itu, kita harus hidup dalam kasih dan kebenaran, menjauhi cara hidup yang sia-sia dan fana.

Mari kita renungkan dan memahami bahwa kesederhanaan, pelayanan, dan kasih merupakan bagian integral dari kehidupan kita sebagai umat Katolik. Amin.

Doa Penutup

Tuhan yang Maha Baik, ampunilah dosa-dosaku dan berikanlah aku kekuatan untuk mengikuti teladan Kristus dalam pelayanan dan kesederhanaan. Bimbinglah aku dalam menghindari godaan dunia yang fana ini, agar hidupku menjadi saksi kasih dan kebenaran-Mu. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Jadwal KM Leuser 2024 Juni-Juli 2024 Rute, Harga Tiket, dan Tips Beli Tiketnya!

Brosis, Buat kalian yang mau traveling naik KM Leuser, ini nih jadwalnya dari 12 Juni sampai 7 Juli 2024....

More Articles Like This

Favorite Post