Senin, Februari 26, 2024

Kupas Tuntas! Bacaan Injil Katolik Terbaru, Minggu 10 Desember 2023, Renungan, Doa Penutup

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hey, fellas! Hari Minggu ini, tanggal 10 Desember 2023, loh! Umat Katolik, pasti udah pada ngeh, kan? Hari ini adalah Hari Minggu Adven II, guys!

Minggu ini juga kita ngerayain juga Santo Miltiades, sang Paus kece yang jadi pemimpin Gereja Katolik dari 2 Juli 311 sampai 11 Januari 314. Asik banget, ya!

TERKAIT: Bacaan Injil Katolik Hari Ini, Minggu 10 Desember 2023, Lengkap Dari Bacaan Pertama Sampai Bacaan Injil, Luruskanlah Jalan Bagi Tuhan

Warna liturgi hari ini ungu, lho! Bikin suasana Adven ke-2 makin greget dengan lilin Adven yang dinyalain dua pcs. Siap-siap, deh, buat natalan yang super syahdu!

Bacaan Pertama : Yes 40:1-5.9-11

Siapkanlah jalan bagi Tuhan.

Beginilah firman Tuhan,”Hiburkanlah, hiburlah umat-Ku!Tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya bahwa perhambaannya sudah berakhir,

bahwa kesalahannya telah diampuni,sebab ia telah menerima hukuman dari tangan Tuhan dua kali lipat karena segala dosanya.

Ada suara yang berseru-seru,’Siapkanlah di padang gurun jalan bagi Tuhan,luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!

Setiap lembah harus ditimbuni,setiap gunung dan bukit diratakan. Tanah yang berbukit-bukit harus menjadi rata,dan yang berlekuk-lekuk menjadi datar.

Maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama.Sungguh, Tuhan sendiri telah mengatakannya.’

Hai Sion, pembawa kabar baik,naiklah ke gunung yang tinggi!Hai Yerusalem, pembawa kabar baik,nyaringkanlah suaramu kuat-kuat,nyaringkanlah suaramu, jangan takut!

Katakanlah kepada kota-kota Yehuda, ‘Lihat, itu Allahmu!’Lihat, itu Tuhan Allah!

Ia datang dengan kekuatan,dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa.Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia,dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya.

Seperti seorang gembala Ia menggembalakan kawanan ternak-Nya dan menghimpunkannya dengan tangan-Nya.Anak-anak domba dipangku-Nya, induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan : Mzm. 85:9ab-10.11-12.13-14

Ref: Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan,dan berilah kami keselamatan yang dari pada-Mu.

Aku ingin mendengar apa yang hendak difirmankan Tuhan.Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai?Sungguh, keselamatan dari Tuhan dekat pada orang-orang takwa,dan kemuliaan-Nya diam di negeri kita.

Kasih dan kesetiaan akan bertemu,keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan.

Kesetiaan akan tumbuh dari bumi,dan keadilan akan merunduk dari langit.

Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan,dan negeri kita akan memberi hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya,dan damai akan menyusul di belakang-Nya.

Bacaan Kedua : 2Ptr 3:8-14

Kita menantikan langit dan bumi yang baru.

Saudara-saudaraku terkasih,hal yang satu ini tidak boleh kamu lupakan,yaitu bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun,dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya,sekalipun ada orang yang menganggapnya demikian. Tetapi Tuhan sabar terhadap kamu,karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa,

melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat,

dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api;bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian,betapa suci dan salehnya kamu harus hidup.Kamu menantikan dan berusaha mempercepat kedatangan hari Allah.

Pada hari itu langit akan binasa oleh api dan unsur-unsur dunia akan lebur oleh nyalanya.

Tetapi sesuai dengan janji Allah,kita menantikan langit dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

Sebab itu, saudara-saudaraku terkasih,seraya menantikan semuanya ituharuslah kamu berusahasupaya kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan Allah,dan dalam perdamaian dengan Dia.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil : Luk 3:4.6

Siapkanlah jalan bagi Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya;dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.

Bacaan Injil : Markus 1:1-8

Luruskanlah jalan bagi Tuhan.

Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya,’Lihatlah Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau,ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun:

Siapkanlah jalan bagi Tuhan,luruskanlah jalan bagi-Nya,’demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurundan menyerukan,”Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu.”

Lalu datanglah kepada Yohanes orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem,dan sambil mengakui dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan.

Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit,makanannya belalang dan madu hutan. Inilah yang diberitakannya,”Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa daripadaku. Membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.

Aku membaptis kamu dengan air,tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Renungan Bacaan Liturgi Katolik: “Nikmatin Deh Bacaannya Minggu Ini!”

Yang suka bacaan liturgi ala Katolik, nih! Gak boleh ketinggalan, yuk simak bacaan liturgi hari Minggu, 10 Desember 2023.

Dalam bacaan Injil Markus 1:1-8, Tuhan mengajarkan pentingnya menyambut kedatangan-Nya.

Kabar baik disampaikan melalui nubuat pemulihan dalam Kitab Yesaya, menegaskan bahwa pemulihan bukan hanya kebebasan fisik, tapi juga panggilan untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa.

Nubuat ini menantang pandangan pesimis terhadap janji Tuhan, mengingat masa pembuangan umat Israel yang panjang. Firman yang kekal membantah pandangan manusia yang keliru.

Bacaan kedua menegaskan kedatangan Yesus yang kedua kali.

Sikap kita perlu seimbang, tidak ekstrem dalam menanggapi waktu kedatangan-Nya.

Kedatangan Yesus menandai akhir dunia dengan hancurnya bagi yang tidak percaya, sementara orang percaya memiliki harapan baru.

Injil Markus memulai dengan pelayanan Yohanes Pembaptis, utusan Allah yang mempersiapkan jalan bagi Yesus.

Khotbah Yohanes seperti buldoser yang mempersiapkan hati setiap orang untuk pertobatan, dengan pemulihan yang lebih dalam melalui baptisan Roh Kudus yang dijanjikan Yesus.

Petrus mengajarkan tiga hal: Tuhan kekal, janji-Nya pasti, dan kita harus menjaga sikap yang seimbang dalam menantikan kedatangan-Nya.

Harapannya, pada hari kemuliaan itu, Yesus akan memberikan mahkota bagi mereka yang hidup setia dan kudus.

Semua ini mengajarkan kita untuk tetap siap dan mengingat janji Tuhan yang tidak pernah terlupakan.

Doa Penutup: “Siap-Siap Sambut Kedatangan Yesus”

Bapa yang Mahakuasa dan Maharahim, jangan biarkan satu kesalahan pun ngalangin kita buat nyiapin diri buat menyambut kedatangan Putera-Mu, Yesus Kristus – Tuhan dan Juruselamat kita.

Semoga berkat bimbingan Roh Kudus-Mu, kita boleh bersatu dengan Yesus Kristus. Amin

Itu dia, rangkuman artikelnya versi kekinian dan gaul abis, guys! Jangan lupa, siapin diri buat menyambut Natal dengan penuh suka cita!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Senin Anti Bucin! Nih Kode Redeem FF Terbaru 26 Februari 2024, Dapatkan Hadiah Emote dan Skin Unik!

Hai, survivor Free Fire! Buat elo yang lagi anti bucin di Senin ini, ada kabar gembira nih! Garena ngeluarin...

More Articles Like This

Favorite Post