Sabtu, Mei 25, 2024

Pemalas Tapi Mau Sehat? Ini Tips Sehat yang Terbukti Ampuh Untuk Si Pemalas

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Banyak orang mengalami masalah nyata akibat kebiasaan malas gerak atau malas olahraga yang sering disebut sebagai “mager”.

Kebiasaan ini berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Namun, bagi mereka yang merasa pemalas, jangan cepat menyerah karena masih ada cara mudah untuk menjalani gaya hidup sehat.

Istilah “mager” kini semakin populer, terutama di kalangan anak muda, untuk menggambarkan kurangnya keinginan untuk beraktivitas.

Hal ini seiring dengan kemajuan teknologi yang membuat hidup semakin mudah dan instan. Sebagai contoh, Anda dapat memesan makanan melalui aplikasi ojek online tanpa harus berjalan ke luar kantor.

Namun, terlalu sering mengikuti rasa malas dan tidak aktif dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Banyak orang menginginkan gaya hidup sehat, namun sulit untuk memulainya karena merasa malas. Akibatnya, rencana untuk menjalani gaya hidup sehat hanya tinggal wacana belaka.

Bagi Anda yang pemalas juga dapat menjalani gaya hidup sehat dengan beberapa cara. Simak yuk caranya:

  1. Pastikan Tidur Yang Cukup

Pergunakanlah waktu istirahat untuk tidur yang cukup. Terbukti, kunci untuk menurunkan berat badan dapat dicapai dengan tidur yang cukup.

Studi menunjukkan bahwa tidur setidaknya tujuh jam setiap malam sangat penting untuk menjaga berat badan yang ideal.

Dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter menjelaskan bahwa tidur yang cukup dapat menekan nafsu makan karena hormon leptin dan ghrelin menjadi lebih terkontrol.

Dengan kata lain, tidur yang cukup berkontribusi pada menjaga kestabilan berat badan, yang akan lebih optimal jika dikombinasikan dengan pengaturan pola makan dan olahraga secara rutin.

2. Bergaul dengan Teman yang Miliki Kebiasaan Sehat

Menghabiskan waktu dengan teman-teman yang memiliki kebiasaan hidup sehat dapat membantu Anda tetap sehat tanpa mengorbankan kegiatan sosial.

Sebagai makhluk sosial, manusia cenderung meniru kebiasaan orang-orang di sekitarnya, jadi daripada bergaul dengan orang yang suka minum alkohol atau merokok, cobalah untuk bergaul dengan teman-teman yang memiliki kebiasaan sehat seperti minum jus, berolahraga, atau makan makanan sehat.

Dengan begitu, Anda tidak hanya akan menghabiskan waktu dengan cara yang lebih sehat, tetapi juga dapat memperoleh motivasi dari teman-teman Anda untuk menjaga pola hidup sehat.

  1. Minum Air Putih Yang Cukup

Minum air putih dalam jumlah yang cukup adalah salah satu cara sehat yang sangat penting, termasuk bagi mereka yang cenderung malas atau pemalas.

Pentinya minum air putih yang cukup karena mampu menjaga hidrasi, membantu fungsi organ, menjaga suhu tubuh, membantu penurunan berat badan bahkan meningkatkan fungsi otak.

Untuk menjaga kesehatan, disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas (sekitar 2 liter) air putih per hari.

Namun, kebutuhan air dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat aktivitas fisik, cuaca, dan kondisi kesehatan individu.

Penting untuk mendengarkan tubuh dan minum air lebih banyak jika merasa haus atau berada dalam situasi yang meningkatkan kebutuhan cairan, seperti saat berolahraga intens atau berada di lingkungan yang panas.

4. Makan Cokelat

Siapa sih yang tidak suka cokelat? Rasanya hampir tidak ada. Berita bagusnya, makan cokelat bisa membantu tubuh lebih sehat.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, manfaat makan cokelat adalah:

Menurunkan risiko penyakit jantung koroner karena sumbatan pembuluh darah. Sumbatan pembuluh darah dapat terjadi karena sel darah trombosit menggumpal, peradangan pada sel endotel (pelapis) pembuluh darah, dan menyumbat pembuluh darah.

Flavonoid dalam cokelat telah diteliti dapat meningkatkan fungsi sel endotel (pelapis) pembuluh darah dan sel trombosit, serta memiliki efek anti peradangan.

Sehingga tidak mudah terjadi penggumpalan sel trombosit dan penyumbatan pembuluh darah.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.
  • Menurunkan risiko diabetes. Salah satu faktor terjadinya diabetes adalah menurunnya sensitivitas insulin. Konsumsi cokelat ternyata dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Menurunkan tekanan darah dan melancarkan aliran darah pada pembuluh darah arteri.
  • Meningkatkan aliran darah dan oksigen ke kulit, meningkatkan kelembapan kulit, serta melindungi kulit dari efek sinar UV. Sehingga dapat menjadikan kondisi kulit lebih sehat dan halus.

“Namun, tentu kita perlu berhati-hati terhadap jenis cokelat yang dikonsumsi. Cokelat yang mengandung bahan campuran gula, susu, krim, dan lainnya dapat mengandung kalori, lemak, dan kolesterol yang tinggi,” kata dr. Dyan.

Pilihlah cokelat yang mengandung kandungan cokelat berpersentase tinggi sekitar 70-80%, untuk efek kesehatan yang baik,” tambahnya.

5. Duduk Tegak

Bagi Anda yang bekerja dengan duduk berjam-jam di depan laptop, cobalah duduk dengan posisi yang benar dan tegak agar terhindar dari masalah kesehatan.

Jika terlalu lama berada di satu posisi yang sama, tidak baik bagi kesehatan. Punggung harus lurus supaya tidak pegal.

“Ubah posisi duduk setiap 30 menit. Bila Anda pekerja kantoran dengan rutinitas menghabiskan delapan jam duduk di depan komputer, sebaiknya lakukan peregangan (berdiri, meregangkan tubuh sesaat, atau berjalan),” ungkap dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter.

6. Jalan Kaki 20 Menit Per Hari

Melakukan kegiatan berjalan kaki setidaknya selama 20 menit setiap hari memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Saat ini, telah banyak jam tangan yang dapat menghitung langkah dan durasinya, yang dapat kamu gunakan untuk memantau kemajuanmu.

Durasi ideal untuk berjalan kaki setiap harinya adalah 20 menit. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

Salah satu cara untuk mencapai target ini adalah dengan berjalan-jalan bersama anak kecil atau mengajak hewan peliharaanmu. Selain memenuhi target harianmu, kamu juga bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dengan mereka.

7. Olahraga dengan Pasangan

Buat yang sudah menikah, ada satu kegiatan yang mungkin akan memberikan pengalaman yang berbeda. Kamu dapat menjalin hubungan intim dengan pasanganmu secara lebih aktif.

Dengan melakukan ini, secara tidak langsung kamu sedang berolahraga dengan cara yang menyenangkan dan penuh gairah.

Ajak pasanganmu untuk melakukan gerakan yang dapat membuat tubuhmu berkeringat lebih banyak.

Menurut penelitian, perempuan dapat membakar sekitar 90 kalori dalam satu sesi hubungan intim. Jumlah ini setara dengan melakukan jogging selama 30 menit.

Itulah cara jalani gaya hidup sehat bagi si pemalas. Ingat, rasa malas berlebihan juga tidak baik. Ayo, segera bangkit dan lakukan beberapa kebiasaan yang membuat Anda tetap sehat.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Penjelasan Lengkap Arti Kata Sotagasur, Makna Vulgar di Balik Kata Viral TikTok

Nah, gini nih guys, ada istilah keren lagi yang lagi hits di TikTok, yaitu "sotagasur". Istilah ini sering banget...

More Articles Like This

Favorite Post