Sunday, May 22, 2022

Sebelum Nikah, Simak 4 Manfaat Pemeriksaan Pra Nikah untuk Wanita

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Apakah Anda saat ini sedang merencanakan pernikahan? Jika iya, maka Anda harus tahu bahwa dalam tahapannya seorang calon mempelai wanita harus mengikuti serangkaian pemeriksaan. Pemeriksaan lengkap dilakukan khususnya di Puskesmas. Memangnya apa manfaat pemeriksaan pra nikah untuk wanita?

1.     Dapat Mengetahui Riwayat Kesehatan Secara Keseluruhan

Manfaat pemeriksaan pra nikah untuk wanita yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara menyeluruh. Nantinya calon pengantin akan melakukan serangkaian screening dan pemeriksaan fisik.

Dari situlah nanti akan ketahuan seperti apa riwayat kesehatan Anda. Jika berpengaruh pada hubungan seksual atau bayi yang akan dilahirkan, maka calon pengantin harus segera melakukan pengobatan.

2.     Dapat Mencegah Berbagai Macam Penyakit pada Bayi

Dengan adanya pemeriksaan pada calon pengantin wanita, bisa mencegah berbagai jenis penyakit untuk calon bayi. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui artikelnya pada 14 Agustus 2018 pemeriksaan pra nikah bisa mencegah berbagai penyakit pada calon bayi seperti; talasemia, diabetes melitus, dan lain sebagainya.

3.     Membuat Seorang Wanita Makin Mantap Menjalankan Pernikahan

Dengan adanya pemeriksaan kesehatan dan ternyata hasilnya adalah aman maka Anda pasti akan merasa mantap untuk menjalankan pernikahan. Calon mempelai pria pun juga akan semakin yakin bahwa Anda lah yang terbaik.

4.     Mencegah Penyakit Menular Seksual

Terakhir, pemeriksaan calon pengantin juga bisa mendeteksi berbagai jenis penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS, Sifilis, dan lain sebagainya. Pemeriksaan ini penting karena pernikahan pasti identik dengan berhubungan seksual.

Jika terbukti ada penyakit menular seksual maka sebaiknya segera ditangani. Ada baiknya juga calon mempelai laki-laki juga melakukan tes agar hubungan terbebas dari penyakit menular seksual. Hal ini dilakukan demi kesehatan kedua calon pengantin itu sendiri.

Jadi, itu dia beberapa manfaat pemeriksaan pra nikah untuk wanita. Pada saat pemeriksaan, wanita tak hanya dicek kesehatannya melainkan juga diberikan vaksin Tetanus. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan bayi dan ibu terkena bakteri penyebab tetanus saat melahirkan. Sebab, saat proses melahirkan banyak alat yang terbuat dari logam.

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post