Friday, October 7, 2022

Jangan Disepelekan! Begini Manfaat Pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu

Setelah melahirkan seorang ibu biasanya melanjutkannya dengan memberikan asi. Nah ini manfaat pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Setelah melahirkan, Ibu yang sehat diwajibkan untuk memberi ASI kepada anaknya. Namun, nyatanya banyak ibu yang tak mau melakukannya padahal banyak sekali manfaat di balik itu semua. Ini dia beberapa manfaat pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu:

Mencegah Kanker Payudara

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemkes) pada 15 Agustus 2018, ASI eksklusif bisa meminimalkan risiko kanker payudara. Ya, air susu yang seharusnya keluar tetapi tidak dikeluarkan bisa menyebabkan bengkak.

Bengkaknya payudara bisa menimbulkan infeksi dan membuat payudara rentan penyakit. Sel kanker juga bisa tumbuh karena kurangnya pemberian ASI eksklusif untuk bayinya sendiri.

Membantu Penurunan Berat Badan setelah Melahirkan

Nyatanya, banyak sekali kalori yang hilang saat Anda menyusui. Oleh karena itu, banyak ibu yang merasa lapar setelah menyusui. Oleh karena itu, jika Anda menyusui bayi di samping makan yang terkontrol bisa sambil menurunkan berat badan.

Sebab, berat badan saat hamil biasanya meningkat dan membuat badan menjadi terlihat gemuk. Namun seiring dengan menyusui maka berat badan juga ikut turun.

Mengatasi Baby Blues

Banyak sekali ibu yang mengalami trauma, merasa tidak bisa merawat bayinya, dan perasaan tidak baik lainnya. Itulah yang dinamakan dengan baby blues.

Ternyata menyusui secara eksklusif bisa mengatasi baby blues. Anggapan yang semula tidak bisa merawat bayi, menjadi ibu adalah orang yang paling dibutuhkan bayi.

Meningkatkan Bonding dengan Anak

Masih berkaitan dengan baby blues, dengan menyusui maka ibu dan bayi menjadi lebih dekat. Ibu bisa merasakan bagaimana lemahnya bayi jika tidak ada dirinya.

Bayi pun juga akan merasa lebih nyaman dan merasa disayangi oleh ibunya. Inilah yang menyebabkan bonding antara ibu dan anak menjadi terasa lebih erat.

Wah, ternyata ada banyak sekali manfaat pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu. Jadi sebaiknya jangan lewatkan momen yang satu ini dan jadilah orang yang bahagia karena berguna untuk manusia kecil di depan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membuat Anda makin semangat mengASIhi.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post