Senin, Februari 26, 2024

UGM Gelar UTBK 2023 Hari Ini, 13.448 Peserta Bersaing

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Hari ini, Senin tanggal 8 Mei hingga 14 Mei 2023, akan dilaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Universitas Gadjah Mada (UGM), sebagai salah satu pusat pelaksana UTBK, akan menyelenggarakan 11 sesi tes di 12 lokasi yang berada di lingkungan UGM.

“Pusat UTBK UGM menyelenggarakan UTBK dalam periode gelombang 1 saja.  Sejumlah 13.448 peserta dari berbagai daerah di Indonesia terdaftar untuk mengikuti,” kata Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Gandes Retno Rahayu, seperti yang dilansir di laman UGM pada Senin, 8 Mei 2023.

ARTIKEL TERKAIT: Persiapkan Diri dengan Matang untuk UTBK 2023: Jadwal, Tips, dan Informasi Penting untuk Calon Mahasiswa

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Jalur seleksi ini terbuka bagi siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). 

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Gandes Retno Rahayu, menjelaskan bahwa pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 terdiri dari dua sesi dalam satu hari, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi dimulai pukul 06.45–10.00 WIB, sementara sesi siang dimulai pada pukul 12.30–16.15 WIB. Setiap sesi akan diikuti oleh sekitar 1.223 peserta, kecuali pada sesi ke-12 yang akan diikuti oleh 1.218 peserta.

Pusat UTBK UGM akan menyelenggarakan ujian di 12 lokasi yang berbeda. Adapun lokasi tersebut meliputi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK), Fakultas MIPA, Gedung Suhardi Sigit Departemen Ekonomika dan Bisnis SV, Gedung Magister Manajemen (MM), Gedung Magister Ekonomi Publik (MEP), Perpustakaan Pusat UGM, dan Gedung TILC Sekolah Vokasi UGM.

LAGI TREND:

5 Pilihan Baju Couple Simpel yang Bisa Bikin Kamu dan Pasangan Terlihat Lebih Kece!

Nikmati Beragam Pilihan Dimsum Tanpa Batas di 10 Restoran Ayce Dimsum di Bandung

Nah ini Loh 6 Cara Membersihkan Jam Tangan Stainless Biar Tetep Kinclong

“UTBK-SNBT 2023 kali ini juga diikuti oleh satu orang peserta difabel tunadaksa, yang akan mengikuti tes di FK-KMK. Peserta difabel ini nantinya akan didampingi oleh Pokja Peduli Difabel UGM selama mengikuti tes,” terang Gandes.

Dalam pelaksanaan UTBK, terdapat berbagai macam materi ujian yang akan diujikan kepada para peserta. Salah satu materi UTBK adalah tes potensi skolastik yang mencakup kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Selain itu, para peserta juga akan menghadapi tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Tes Penalaran Matematika.

Untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ujian, para peserta UTBK diharapkan hadir di lokasi ujian 45 menit sebelum sesi dimulai. Selain itu, para peserta juga wajib membawa Kartu Tanda Peserta UTBK 2023 dan dokumen resmi lainnya, serta menggunakan masker dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan di Pusat UTBK.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

NGILER DISKON! Katalog Promo NAGA Swalayan Terbaru 25 Februari-10 Maret 2024, Diskon Gila-gilaan!

Moms, ada promo seru nih di Naga Swalayan dari tanggal 25 Februari sampai 10 Maret 2024! Jangan sampai ketinggalan...

More Articles Like This

Favorite Post