Sabtu, Mei 25, 2024

4 Universitas Negeri Ini Buka Jalur Seleksi Mandiri PTN 2023 Tanpa Persyaratan UTBK

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Kabar gembira bagi para calon mahasiswa! Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) telah mengumumkan kebijakan baru yang pasti mengundang antusiasme.

Mereka kini membuka seleksi jalur masuk mandiri tanpa syarat penggunaan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Artinya, bagi mereka yang tidak mengikuti UTBK, masih ada peluang besar untuk diterima di perguruan tinggi negeri impian mereka!

Pelaksanaan UTBK sendiri telah dimulai sejak 8-14 Mei 2023. Sementara untuk UTBK gelombang kedua akan dilaksanakan pada 22-28 Mei 2023.

Jangan lewatkan, inilah adalah daftar perguruan tinggi negeri yang membuka seleksi mandiri tanpa mengharuskan nilai UTBK:

  1. Universitas Padjajaran (UnPad)

Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran (SMUP) menyediakan opsi menarik bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi tanpa menggunakan nilai UTBK. SMUP menawarkan dua skema pendaftaran yang dapat dipilih oleh peserta:

  1. Skema 1: Peserta menggunakan nilai SNBT/UTBK 2023.
  2. Skema 2: Peserta dapat menggunakan nilai SMUP (untuk lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023).

Pelaksanaan ujian SMUP hanya dilakukan satu kali untuk semua jalur masuk. Jadwal pelaksanaan ujian SMUP telah ditentukan pada tanggal 8-10 Juli 2023.

Bagi peserta yang memilih seleksi mandiri dengan skema nilai SMUP, kriteria kelulusan akan ditentukan berdasarkan nilai tertinggi sesuai dengan kuota daya tampung yang tersedia.

Ujian SMUP terdiri dari Ujian Tes Kemampuan Belajar (TKB) yang sepadan dengan ujian SNBT dan dilaksanakan secara daring.

Dengan adanya opsi seleksi mandiri ini, SMUP memberikan pilihan kepada calon mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi tanpa melibatkan nilai UTBK.

Ada dua skema pendaftaran yang tersedia, peserta dapat memilih sesuai dengan keadaan dan preferensi masing-masing.

Pelaksanaan ujian SMUP yang hanya dilakukan sekali menjadikan proses seleksi menjadi lebih efisien dan merata bagi semua jalur masuk.

Bagi calon mahasiswa yang berminat mengikuti seleksi mandiri SMUP, disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mempelajari materi ujian TKB secara seksama.

SMUP berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang adil kepada calon mahasiswa dalam mewujudkan impian mereka untuk bergabung dengan Universitas Padjajaran.

Dengan opsi seleksi mandiri yang fleksibel dan pelaksanaan ujian daring, SMUP menunjukkan dedikasinya dalam menyediakan jalur akses yang efektif dan inklusif bagi para calon mahasiswa.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang mengadakan seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru, tanpa mensyaratkan hasil tes UTBK.

Menurut informasi yang diperoleh dari situs resmi ITS, seleksi mandiri ITS (SMITS) menggunakan nilai tes tulis serta mempertimbangkan prestasi akademik dan non-akademik.

ITS juga memperhatikan rapor dan deskripsi diri bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021, 2022, dan 2023. Berikut adalah persyaratan untuk mengikuti seleksi mandiri ITS:

  1. Nilai tes SMITS tahun 2023.
  2. Nilai rapor.
  3. Deskripsi diri.
  4. Prestasi-prestasi lainnya.

Selama proses seleksi, panitia juga akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yang dapat dibuktikan dengan dokumen pendukung. Beberapa prestasi yang dapat diunggah sebagai bukti capaiannya antara lain:

  1. Juara lomba tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional.
  2. Penghafal kitab suci.
  3. Pengalaman dalam organisasi.
  4. Pengalaman menjadi ketua panitia.

Bagi calon mahasiswa yang akan memilih program studi di bidang seni rupa, mereka diharuskan untuk mengunggah portofolio desain.

Pendaftaran seleksi mandiri ITS 2023 akan dibuka mulai tanggal 5 hingga 25 Juni 2023, sedangkan tes online akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juli 2023.

3. Universitas Brawijaya (Unibraw)

Universitas Brawijaya (Unibraw) telah membuka seleksi mandiri jalur prestasi sebagai alternatif bagi calon mahasiswa yang tidak diwajibkan untuk mengikuti tes UTBK.

Berdasarkan informasi yang diambil dari laman resmi universitas, terdapat sejumlah persyaratan khusus yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti seleksi ini. Berikut adalah syarat-syarat yang harus diperhatikan:

> Prestasi akademik: Calon mahasiswa harus meraih peringkat 1, 2, 3, atau setara pada tingkat internasional dan nasional dalam bidang akademik.

> Prestasi non-akademik: Calon mahasiswa harus meraih peringkat 1, 2, atau 3, dan/atau medali Gold, Silver, atau Bronze pada tingkat internasional dan nasional dalam lomba atau kejuaraan di bidang olahraga, kesenian, ketrampilan, keagamaan, serta menjadi penghafal kitab suci.

> Peserta pendaftar kelas internasional: Calon mahasiswa yang mendaftar dalam kategori ini harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL atau IELTS resmi. Sertifikat ini dapat dilampirkan saat pendaftaran.

Selain itu, peserta juga diwajibkan hadir secara langsung di Kampus UB untuk mengikuti Tes Bahasa Inggris yang akan diadakan di Ruang Laboratorium, dengan waktu pelaksanaan yang akan diumumkan kemudian.

> Peserta program seni rupa: Calon mahasiswa yang memilih program studi seni rupa harus mengunggah portofolio sebagai persyaratan tambahan.

Pendaftaran seleksi mandiri jalur prestasi di Universitas Brawijaya akan dimulai pada tanggal 16 Mei 2023 dan akan berlangsung hingga 22 Juni 2023.

Para calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan disarankan untuk segera mendaftar dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Unibraw berharap dengan seleksi mandiri jalur prestasi ini, mereka dapat menerima calon mahasiswa yang memiliki dedikasi tinggi, prestasi akademik dan non-akademik yang membanggakan, serta potensi untuk berkembang di lingkungan kampus yang berkualitas.

4. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga mengadakan seleksi mandiri melalui beberapa jalur tanpa mengharuskan nilai UTBK.

Berdasarkan informasi dari situs resmi UNY, berikut adalah beberapa jenis seleksi mandiri yang tersedia:

  1. SM-S1 Talent Scouting: Seleksi berdasarkan bakat dan prestasi di bidang akademik dan non-akademik dengan minimal peringkat 3 tingkat kabupaten/kota.
  2. SM-S1 Prestasi Olahraga Unggul: Seleksi berdasarkan bakat dan prestasi dalam bidang olahraga dengan minimal peringkat 3 tingkat provinsi.
  3. SM-S1 Prestasi Akademik: Seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik.
  4. SM-S1 Prestasi Unggul: Seleksi berdasarkan prestasi unggul di bidang akademik dan non-akademik seperti seni, olahraga, dan penghafal kitab suci.
  5. SM-S1 CBT: Seleksi berdasarkan tes berbasis komputer yang dilaksanakan di kampus UNY atau di tempat tinggal peserta.

Berikut adalah jadwal seleksi mandiri UNY secara lengkap:

  • Talent scouting: 27 Maret – 22 Juni 2023
  • Prestasi Olahraga Unggul: 27 Maret – 22 Juni 2023
  • Prestasi akademik: 27 Maret – 6 Juli 2023
  • Prestasi unggul: 27 Maret – 6 Juli 2023
  • Skor UTBK-SNBT: 12 Juni – 15 Juli 2023
  • CBT di kampus: 29 Mei – 4 Juli 2023
  • CBT di domisili: 14 Juni – 20 Juli 2023

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Penjelasan Lengkap Arti Kata Sotagasur, Makna Vulgar di Balik Kata Viral TikTok

Nah, gini nih guys, ada istilah keren lagi yang lagi hits di TikTok, yaitu "sotagasur". Istilah ini sering banget...

More Articles Like This

Favorite Post