Kamis, Mei 30, 2024

Pendaftaran CPNS 2023 Sekarang dibuka Lagi. Ini Peluang Emas. Kejaksaan RI juga Membuka Pendaftaran Loh

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

JAKARTA – Bro Sis, kabar baik nih buat kamu yang ngejar jadi pegawai negeri atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja! Hari ini, tepatnya 17 September 2023, pendaftaran buat CPNS dan PPPK udah dibuka loh. Jangan sampai kelewatan!

Gimana cara daftarnya? Tenang, gue punya info lengkapnya buat kamu. Pendaftaran CPNS 2023 bisa loh kamu lakukan secara online di website sscasn.bkn.go.id. Tapi perlu diinget, sebelumnya kamu harus punya akun SSCASN dulu ya.

YANG JUGA MENARIK: Bagaimana cara memesan tiket kereta cepat dari Jakarta ke Bandung?

Nah, menurut kabar resmi dari Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), Suharmen, BKN udah siapin semua persiapan buat seleksi CPNS dan PPPK 2023. Mereka udah berkolaborasi sama beberapa instansi pemerintah, termasuk yang urusin jaringan komunikasi data, infrastruktur teknologi informasi, dan materai elektronik.

Buat formasi jabatan yang bakal dibuka tahun ini, kayak tenaga kesehatan dan guru, BKN udah integrasiin portal SSCASN sama data Dapodik dari Kemendikbud dan SISDMK dari Kemenkes. Jadi semuanya lancar jaya!

BACA JUGA: Yuk, Daftar CPNS dan PPPK 2023: Simak Info dan Jadwalnya!

Pendaftaran CPNS 2023

Gue saranin banget, sebelum daftar, pastiin kamu udah cek semua persyaratan administrasinya. Jangan sampe ketinggalan info seleksinya juga ya, cek terus kanal informasi resmi pemerintah.

Oke, sekarang gue mau kasih tau cara buat akun SSCASN. Simak baik-baik ya!

  1. Pertama, masuk aja ke situs daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
  2. Isi data diri kamu, kayak NIK, nomor kartu keluarga, nama lengkap, tanggal lahir, nomor HP yang masih aktif, sama email yang juga masih aktif.
  3. Pas udah isi semua, ketik kode captcha yang muncul di laman itu.
  4. Lanjut, klik “Lanjutkan.”
  5. Sekarang, lengkapi data yang diminta dan upload foto scan KTP serta swafoto sesuai ketentuan. Abis itu, klik “Lanjutkan” lagi.
  6. Kalau semuanya udah bener, klik “Proses Pendaftaran Akun.”
  7. Sebelum selesai, bakal muncul konfirmasi, klik “Iya.”
  8. Nah, selesai deh! Kamu bakal lihat tampilan konfirmasi bahwa pendaftaran berhasil, trus bisa pilih mau cetak info pendaftaran atau lanjutin login pendaftaran.
  9. Setelah itu, kamu udah bisa login ke portal SSCASN pake akun yang udah kamu daftar tadi.

Ingat, kalau ada masalah validasi data kependudukan, langsung aja hubungi Dukcapil. Dan hati-hati ya, jangan sampe pake dua NIK yang berbeda pas daftar akun, nanti bisa kena sanksi!

Formasi Pendaftaran CPNS 2023 Kejaksaan RI

Buat yang pengen jadi bagian dari Kejaksaan RI, ada info juga nih. Mereka buka banyak formasi CPNS dan PPPK 2023, ribuan lho! Ada formasi buat lulusan baru dan yang udah berpengalaman.

Posisi dan syarat pendidikan buat CPNS Kejaksaan tahun ini ada Jaksa (kualifikasi pendidikan S1 Ilmu Hukum), Pengelola Penanganan Perkara (SLTA/sederajat), Petugas Barang Bukti (D3 Ekonomi, Manajemen, Teknik Informatika, Akuntansi, dll), dan Penjaga Tahanan (SLTA/sederajat).

Syarat Jadi Jaksa

Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan RI, Hermon Dekristo, juga ngejelasin beberapa syarat penting buat lulusan yang mau jadi jaksa. Usia maksimal 27 tahun, sehat jasmani dan rohani, tinggi badan minimal 155 cm untuk perempuan dan 160 cm untuk laki-laki, berat badan ideal, dan siap ditempatin di seluruh Indonesia.

Buat yang mau jadi jaksa, IPK minimal 3,00 dan nggak boleh menikah sebelum lulus pendidikan jaksa ya!

Kalo kamu lulusan SMA atau setara, diutamakan yang punya skill bela diri dan bisa operasin komputer. Itu bisa jadi nilai plus buat kamu!

Kejaksaan RI juga bakal rekrut PPPK sebanyak 249 formasi, terutama buat tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Adhyaksa.

Buat yang udah ngelewatin SMA, inget ya, kamu harus bisa bela diri dan ngerti komputer!

Terakhir, ada juga syarat foto dan ijazah buat seleksi CPNS Kejaksaan 2023

Pastiin ijazah kamu sesuai sama kualifikasi pendidikan formasi yang kamu tuju. Dan foto juga ada dua macam, swafoto dan foto formal, yang mesti diunggah pas pendaftaran. Swafoto harus jelas muka kamu, latar belakang bebas, pake baju sopan. Kalau foto formal, latar belakang merah, pake kemeja putih, ukuran maksimal 200 KB, format file jpg atau jpeg, dan foto terbaru, minimal 3 bulan terakhir.

Jadi, itu tadi info buat buat akun SSCASN dan formasi CPNS Kejaksaan 2023. Ingat, lengkapi semua persyaratan dan jangan sampai kelewatan tanggal pentingnya, yaitu hari ini, 17 September 2023! Semangat ya, guys! 🚀👨‍⚖️👩‍⚖️

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Jadwal Kapal Pelni KM Kelud Tanggal 31 Mei-6 Juni 2024 Ke Tanjung Priok, Batam, Tanjung Balai Karimun, Rute Lain Cek Semua Disini

Eh, guys! Buat kalian yang suka jalan-jalan naik kapal, nih ada info seru tentang rute dan jadwal kapal Pelni...

More Articles Like This

Favorite Post