Sunday, May 22, 2022

Seru! 11.11 Jadi Hari Jomblo Sedunia dan Harbolnas

Tanggal 11.11 sudah lewat kemarin, namun perayaannya tetap ada. 11.11 Hari Jomblo Sedunia dan Harbolnas. Ya diskon besar-besaran toko online.

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Kenapa tanggal 11 November atau biasa disebut11.11 selalu disebut hari single day bahkan mengular menjadi hari promo belanja online yang menawarkan banyak promo diskon besar-besaran?

Dilansir dari Investopedia, awal mula kenapa ada Hari Jomblo Sedunia yang diperingati setiap tanggal 11 November, dimulai dari tahun 1993 di negara China, angka 11.11 mewakili empat orang jomblo yang berdiri bersama-sama. Empat orang mahasiswa laki-laki yang berstatus single dari asrama Mingcaiwuzhu Nanjing University diskusi untuk melepas kegelisahan mereka karena tidak kunjung punya pasangan. Dipilihlah angka 11.11 dimana banyak menggunakan angka 1 yang melambangkan status mereka sedang seorang diri atau yang biasa disebut single atau jomblo. Maka jadilah yang namanya Hari Jomblo Sedunia

Baca Juga:

Biaya Admin Untuk Jualan di Shopee dan Tokopedia

4 Alasan Banyak Orang Lebih Memilih Belanja Online Kebutuhan Dapur

Perayaan yang dimulai tahun 1993 oleh mahasiswa Universitas Najing China ini pun dijadikan sebagai Hari Anti Valentine. Single Day tanggal 11 November ini semakin populer di seluruh daerah China dan dijadikan ajang pertemuan dalam pesta dan pertemuan sosial baik itu perempuan atau laki-laki yang berstatus single. Ada juga yang membuat tangal 11.11 ini menjadi hari memanjakan diri bagi para lajang untuk belanja hadiah membahagiakan dirinya sendiri.

Lalu pada tahun 2009, Alibaba sebagai perusahaan raksasa e-commerce China mengambil momentum tanggal 11.11 untuk mendapatkan keuntungan besar saat Hari Perayaan Single Day di China, memberikan kesempatan berbelanja untuk membahagiakan diri, dengan dengan diskon yang sangat besar selama 24 jam dimulai pada pukul. 00.00 di tanggal 11.11.2009. Dan, wow, strategi pemasaran Alibaba untuk menarik minat konsumen single malah memberikan keuntungan yang fantastis bahkan melampaui target. Dikutip dari Vox, Alibaba berhasil mendapatkan sekitar 7 juta dollar dalam penjualan di pernghujung hari tanggal 11 November 2009.

Single day di China ini menjadi identik dengan pengeluaran berbelanja, seperti di Amerika Serikat bernama Black Friday dan Cyber Monday.

Kepopuleran perusahaan Alibaba ini mulai ditiru perusahaan e-commerce di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Para perusahaan e-commerce di Indonesia banyak yang menawarkan program diskon besar-besaran bahkan sampai gratis ongkir untukmenarik konsumen agar mau belanja online, dan memang menunjukkan peningkatan yang signifikan. E-commerce belanja online yang memiliki banyak konsumen di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Lazada dan BliBli. Oleh karena itu, tanggal 11.11 menjadi Hari Belanja Online (HARBOLNAS), konsumen akan dimanjakan dengan harga diskon besar-besaran.

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post