Kamis, April 25, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Senin 26 Februari 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
3/5 - (2 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral.

Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam. Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita bahas Injil Katolik buat Senin, 26 Februari 2024.

Kalender Liturgi hari ini Senin, 26 Februari 2024 merupakan Hari Senin Prapaskah II, Santo Alexandros, Pengaku Iman, Santo Didakus Carvalho, Martir, dengan Warna Liturgi Ungu.

BACA JUGA: Panduan Doa Jalan Salib Katolik Lengkap Memuat 14 Perhentian Jalan Salib, Daraskan Tiap Hari Jumat Masa PraPaskah

BACA JUGA: RILIS! Kalender Liturgi Katolik Lengkap Bulan Maret 2024, Ada Bacaan Injil Harian Tanggal 1-31 Maret 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Senin, 26 Februari 2024:

Bacaan Pertama Dan. 9:4b-10

Tuhan, Allah yang Mahabesar dan dahsyat, yang memegang perjanjian dan kasih setia terhadap mereka yang mengasihi Engkau serta berpegang pada perintah-Mu, kami telah berbuat dosa dan salah;

kami telah berlaku fasik dan telah memberontak; kami telah menyimpang dari perintah dan peraturan-Mu. Kami pun tidak taat kepada hamba-hamba-Mu, para nabi, yang telah berbicara atas nama-Mu kepada raja-raja kami, kepada pemimpin-pemimpin kami, kepada bapa-bapa kami dan kepada segenap rakyat negeri.

Ya Tuhan, Engkaulah yang benar! Patutlah kami malu seperti pada hari ini, kami orang-orang Yehuda, penduduk kota Yerusalem, dan segenap orang Israel, mereka yang dekat dan mereka yang jauh, di segala negeri ke mana Engkau telah membuang mereka oleh karena mereka berlaku murtad kepada Engkau.

Ya Tuhan, kami, raja-raja kami, pemimpin-pemimpin kami, dan bapa-bapa kami patutlah malu, sebab kami telah berbuat dosa terhadap Engkau.

Pada Tuhan, Allah kami, ada belas kasih dan pengampunan, walaupun telah memberontak terhadap Dia, dan tidak mendengarkan suara Tuhan, Allah kami, yang menyuruh kami hidup menurut hukum yang telah diberikan-Nya kepada kami dengan perantaraan para nabi, hamba-hamba-Nya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 79:8.9.11.13

Ref. Tuhan tidak memperlakukan kita setimpal dengan dosa kita.

Janganlah perhitungkan kepada kami kesalahan nenek moyang! Kiranya rahmat-Mu segera menyongsong kami, sebab sudah sangat lemahlah kami.

Demi kemuliaan-Mu, tolonglah kami, ya Tuhan penyelamat! Lepaskanlah kami dan ampunilah dosa kami, oleh karena nama-Mu!

Biarlah sampai ke hadapan-Mu keluhan orang tahanan; sesuai dengan kebesaran lengan-Mu, biarkanlah hidup orang-orang yang ditentukan untuk mati dibunuh.

Maka kami, umat-Mu, dan kawanan domba gembalaan-Mu akan bersyukur kepada-Mu untuk selama-lamanya, dan akan memberitakan puji-pujian bagi-Mu turun temurun.

Bacaan Injil Luk. 6:36-38

“Ampunilah, dan kamu akan diampuni.”

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.” “Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi.

Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu.

Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Bacaan Injil Hari Senin 26 Februari 2024

Renungan Harian Katolik Senin 26 Februari 2024

Dalam Bacaan Injil Lukas hari ini, Yesus mengajarkan kepada kita tentang pentingnya ampun dan kemurahan hati. Dia mengingatkan kita bahwa jika kita ingin diampuni oleh Allah, kita juga harus bersedia memaafkan orang lain. Yesus mengatakan, “Ampunilah, dan kamu akan diampuni.”

Mengampuni adalah salah satu ajaran utama dalam agama Katolik. Ketika kita memaafkan orang lain, kita juga membuka pintu untuk menerima ampunan dan belas kasihan Allah. Hal ini mengingatkan kita akan kemurahan hati Allah yang tidak terbatas. Allah selalu siap untuk mengampuni kita jika kita dengan tulus meminta ampunan-Nya.

Selain itu, Yesus juga mengingatkan kita untuk tidak menghakimi atau menghukum orang lain. Kita seringkali cenderung menilai orang lain tanpa memperhatikan kesalahan kita sendiri. Namun, Yesus mengajarkan agar kita bersikap rendah hati dan tidak sombong.

Bacaan Pertama dari Kitab Daniel mengingatkan kita tentang pentingnya mengakui dosa-dosa kita di hadapan Tuhan. Daniel dan umat Israel mengakui dosa-dosa mereka kepada Allah, mengakui bahwa mereka telah berbuat fasik, memberontak, dan menyimpang dari perintah-perintah Allah. Namun, mereka juga mengakui belas kasih dan pengampunan Allah, meskipun mereka telah berdosa.

Pesan Tuhan hari ini kepada kita bahwa sebagai umat Katolik, kita harus selalu mengutamakan kasih dan ampunan dalam hidup kita. Kita perlu bersikap murah hati seperti Bapa Surgawi, tidak menghakimi atau menghukum sesama, siap untuk memaafkan dan mengasihi sesama, tanpa memandang status atau latar belakang mereka.

Kita juga harus selalu mengakui dosa-dosa kita di hadapan Tuhan, memohon belas kasihan dan pengampunan-Nya, serta berusaha untuk hidup sesuai dengan kehendak-Nya.

Marilah kita renungkan dan berdoa agar Allah memberkati dan memberikan kekuatan kepada kita untuk hidup seperti yang Dia kehendaki, dengan penuh kasih dan pengampunan. Amin.

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Rabu 28 Februari 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Kamis 29 Februari 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Doa Penutup

Ya Tuhan Yang Maha Pengampun, ajarlah kami untuk hidup dalam ampunan dan kemurahan hati, seperti yang Engkau ajarkan melalui Yesus Putra-Mu. Bantulah kami untuk tidak menghakimi atau menghukum sesama, tetapi selalu siap memaafkan dan mengasihi. Kembangkanlah hati kami agar selalu merindukan belas kasihan dan pengampunan-Mu. Amin

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Ternyata Ini Agama Tiktoker Galih Loss, Sekarang Viral Terjerat Kasus Dugaan Penistaan Agama

Warganet dihebohkan dengan penangkapan TikToker terkenal, Galih Loss, oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya. Ternyata Ini...

More Articles Like This

Favorite Post