Sabtu, Mei 25, 2024

Efek Berbahaya Penggunaan Earphone Dalam Waktu Lama

Siapa nih yang sering menggunakan earphone? Tahu gak, efek berbahaya dari pemakaian earphone/ headphone dalam waktu lama dan terus menerus bagi tubuh kita?

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Gendis.id – Siapa nih yang sering menggunakan earphone? Tahu gak, efek berbahaya dari pemakaian earphone/ headphone dalam waktu lama dan terus menerus bagi tubuh kita? Simak penjelasannya yuks.

Earphone pada zaman ini tentu sudah sangat banyak modelnya dan hampir lazim digunakan khalayak umum, khususnya anak muda untuk mendengarkan musik dan podcast lewat telepon selular/ handphone.

Tak hanya itu, aktivitas penggunaaan earphone bahkan bisa berlangsung selama berjam-jam dan mungkin setiap hari.

Tetapi, apakah kalian tau efek berbahaya penggunaan earphone yang berlangsung lama itu bisa mengganggu dan bahkan merusak fungsi organ tubuh loh.

Artikel Terkait:

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Karena efek berbahaya penggunaan headphone yang terlalu lama, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkiraan, sekitar satu miliar anak muda di seluruh dunia berisiko terganggu hingga kehilangan fungsi pendengaran.

Lebih parah lagi, efek berbahaya penggunaan earphone dalam waktu lama dan terus menerus ini bukan saja bagi pendengaran tetapi juga berdampak buruk untuk tubuh.

Terdapat beberapa efek samping berbahaya penggunaan headphone atau earphone dalam waktu lama setiap hari. seperti dilansir dari laman Times Now News, Senin [13/2/23]

Nah, mari lanjutkan membaca untuk mengetahui apa saja sih efek berbahaya dari penggunaan earphone yang terlalu lama dan sering ini?

  • Gangguan Pendengaran
    Penggunaan headphone secara terus-menerus memengaruhi pendengaran. Kapasitas pendengaran telinga hanya 90 desibel, yang berkurang menjadi 40-50 desibel dengan mendengarkan terus menerus, hingga Anda tidak akan dapat mendengar suara yang jauh.
  • Risiko Penyakit Jantung
    Mendengarkan musik melalui headphone atau earphone, menurut pakar kesehatan, tidak baik untuk telinga dan juga jantung. Tidak hanya membuat detak jantung menjadi lebih cepat, tetapi juga menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada jantung.
  • Sakit Kepala
    Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari headphone dan earphone berdampak buruk pada otak, menyebabkan sakit kepala berdenyut dan migrain. Banyak orang juga menderita gangguan tidur, susah tidur atau insomnia, atau bahkan sleep apnea.
  • Tingkatkan Stres dan Kecemasan
    Penggunaan headphone dalam waktu lama dapat memengaruhi kehidupan sosial, kesehatan mental, dan kemampuan seseorang untuk tampil di tingkat optimal.
  • Infeksi Telinga
    Earphone yang dicolokkan langsung ke liang telinga bisa menjadi penghalang saluran udara. Penyumbatan kemudian dapat menjadi penyebab umum dari berbagai jenis infeksi telinga, termasuk pertumbuhan bakteri.

Artikel Menarik:

4 Tips Perawatan Rambut Agar Sehat

Para ahli merekomendasikan untuk menghindari berbagi earphone dengan siapa pun. Sebab, bakteri berbahaya dapat berpindah dari satu telinga ke telinga lainnya.

Nah, setelah mengetahui efek penggunaan earphone yang terlalu lama dan sering itu berbahaya, sebaiknya kita atur yuks supaya menggunakan earphone seperlunya saja.

Tentunya hal itu demi kesehatan penggunanya, terutama bagi kaum muda yang merupakan generasi penerus masa depan.

Sekian informasi mengenai efek berbahaya penggunaan earphone atau headphone terlalu lama dan sering. Salam sehat!

 

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Penjelasan Lengkap Arti Kata Sotagasur, Makna Vulgar di Balik Kata Viral TikTok

Nah, gini nih guys, ada istilah keren lagi yang lagi hits di TikTok, yaitu "sotagasur". Istilah ini sering banget...

More Articles Like This

Favorite Post