Monday, September 26, 2022

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat dari buah naga yang juga disebut dragon fruit atau pitaya memiliki beragam kegunaan untuk kesehatan karena kaya akan nutrisi penting bagi tubuh.

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Manfaat dari buah naga yang juga disebut dragon fruit atau pitaya memiliki beragam kegunaan untuk kesehatan karena kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Maka tidak heran, jika buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi serta banyak dibudidayakan karna rasanya manis, tekstur yang lembut dan kaya akan manfaat untuk kesehatan pada tubuh. Di Indonesia sendiri buah naga mulai terkenal pada tahun 2000, dibudidayakan oleh para petani buah sampai saat ini. Menanam buah naga baiknya dilakukan secara organik supaya menciptakan buah yang lebih sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Untuk Obat Tradisional, Sangat Ampuh

Destinasi Wisata di Magelang yang Sedang Populer

Ini Dia Resep Ampuh, Ramuan Tradisional dari Kulit Manggis

Kandungan Nutrisi pada Buah Naga

Dalam 100 gr setara dengan 7 sendok makan, isi buah naga berisikan nutrisi meliputi:

  • Kalori : 264
  • Protein : 3,57 g
  • Karbohidrat : 82,14 g
  • Serat : 1,8 g
  • Kalsium : 107 mg
  • Gula : 82,14 g
  • Natrium : 39 mg
  • Vitamin C: 6,4 mg

Buah naga bukanlah buah yang rendah kalori. Namun demikian, salah satu hal yang membuat buah naga jadi alternatif santapan sehat yaitu tidak mengandung lemak serta kolesterol dalam buah ini.

Apa saja manfaat buah naga bagi Kesehatan?

Manfaat buah naga secara khusus belum banyak jadi perhatian, terutama untuk kesehatan pada tubuh. Berikut ini manfaat buah naga bagi tubuh yang bisa Anda dapat, dari komsumsi buah yang satu ini :

  1. Membantu meredakan penyakit kronis

Buah naga kaya akan antioksidan yang bisa membantu untuk merendahkan resiko terserang bermacam tipe penyakit kronis seperti penyakit kanker, jantung, diabet, serta arthritis. Antioksidan bakal bekerja dengan lebih baik, apabila didapatkan secara alami dari makanan, dibanding dari suplemen ataupun obat.

  1. Kaya akan Serat yang baik untuk Tubuh

Serat tidak hanya berkaitan dengan kesehatan pencernaan, juga bisa berfungsi melindungi tubuh dari keadaan lain semacam penyakit jantung, diabetes jenis 2, serta melindungi bb (berat badan) ideal.

  1. Melindungi Kesehatan Saluran Pencernaan

Menyehatkan saluran pencernaan, ialah salah satu manfaat buah naga merah yang bisa kita dapatkan. Buah naga membantu meningkatkan perkembangan kuman baik di usus, yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan.

Tetapi, buah naga untuk asam lambung perlu dicermati. Pengidap asam lambung boleh saja komsumsi buah naga, tetapi baiknya tidak terlalu mengonsumsi, sebab buah ini memiliki asam yang dapat jadi permasalahan buat pengidap radang lambung (maag).

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kemampuan tubuh untuk melawan peradangan juga ditentukan dari tipe makanan yang Anda konsumsi. Dilansir dari riset, vitamin C, fosfor, serta karotenoid yang terdapat pada buah naga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindari peradangan, dengan metode melindungi sel darah putih dari keburukan.

Tidak hanya itu, buah naga juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun. Beberapa antioksidan yang terdapat pada buah ini antara lain merupakan betalains, hydroxycinnamates, dan flavonoids

  1. Meningkatkan Kandungan Zat Besi pada Tubuh

Manfaat buah naga lainnya yaitu menjadi sumber zat besi untuk tubuh. Tidak banyak buah yang mengandung zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengangkat oksigen ke seluruh tubuh serta mengolah makanan untuk dijadikan sumber energi.

  1. Sumber magnesium yang baik

Buah naga mempunyai kandungan magnesium yang terbilang besar. Komsumsi satu buah naga berukuran sedang seberat -+ 100 gr, bisa memenuhi 18% kebutuhan magnesium setiap hari untuk tubuh.

Magnesium diperlukan oleh tubuh untuk proses biokimia yang berlangsung di tubuh. Tidak hanya itu, mineral ini pula disebut bisa mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

  1. Bisa mencegah penyakit jantung

Kandungan antioksidan dalam buah naga, baik untuk kesehatan jantung. Buah naga disebut bisa membantu kurangi resiko Anda terkena serangan jantung serta stroke. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah naga. Tidak hanya itu saja, biji buah naga juga memiliki asam lemak omega-3 serta omega-6 yang bisa membantu kurangi kadar kolesterol jahat di tubuh.

  1. Membantu mengontrol gula darah

Kandungan serat yang terdapat pada buah naga, membuatnya baik untuk pengidap diabet jenis 2. Serat akan membantu perut merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa membatasi mengkonsumsi makanan. Tidak hanya itu, buah naga untuk diabet juga dinilai efisien untuk merendahkan kadar gula darah.

  1. Mencegah kanker

Buah naga dipercaya dapat mencegah kanker sebab kandungan vit C dan lycopene di dalamnya. Lycopene adalah golongan antioksidan kuat yang fungsinya dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan beberapa jenis kanker. Tidak hanya itu, antioksidan yang ada pada buah naga sudah teruji membantu kurangi sel-sel kanker yang terdapat di tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Peranan buah naga untuk Kesehatan kulit, bermanfaat untuk kurangi kerutan serta menanggulangi jerawat dan kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari vit C serta antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam buah naga juga dapat mencegah paparan radikal bebas berlebih yang kerap jadi pemicu penuaan dini.

  1. Kurangi infeksi di tubuh

Untuk Anda yang mengidap nyeri kronis akibat rheumatoid arthritis, dengan mengkomsumsi buah naga dipercaya bisa membantu kurangi infeksi yang terjadi. Sebab, buah ini mempunyai zat anti infeksi yang bekerja sebagai pereda nyeri alami.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Manfaat lainnya pada buah naga yaitu untuk kesehatan tulang karena buah ini memiliki kandungan magnesium di dalamnya. Magnesium inilah yang berfungsi untuk menjaga tulang supaya senantiasa kuat.

  1. Baik untuk kesehatan rambut

Manfaat buah naga lainnya, bisa membantu melindungi rambut supaya senantiasa sehat serta terlihat berkilau. Kandungan nutrisi di dalam buah naga, juga akan membantu kurangi rusaknya rambut yang timbul akibat bahan kimia dari pewarna rambut.

  1. Dapat membantu menghindari penyakit mata

Buah naga bisa menghindari pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini, kerap dihubungkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Tidak hanya itu, isi beta karoten pada buah naga pula dipercaya bisa membantu menghindari terjadinya degenerasi makula (gangguan medis pada mata, yang biasa melanda lansia) serta katarak.

  1. Baik untuk ibu hamil

Buah naga baik untuk ibu berbadan dua sebab memiliki zat besi, vit B, serta folat. Zat besi pada bunda berbadan dua bisa membantu sel darah merah untuk membawakan oksigen ke bakal anak serta pula bermanfaat buat menghindari anemia. Sedangkan itu, vit B serta folat bisa mencegah balita cacat dikala lahir serta meningkatkan energi.

Syarat menanam Buah Naga

Setelah Anda mengetahui beberapa manfaat buah naga, apakah Anda berniat untuk menanamnya ? Jika, ya. Perlu diperhatikan bahwa, untuk menanam buah naga sama halnya dengan kaktus serta tumbuhan gurun yang lain, maka menanam buah naga harus di dataran rendah sampai menengah. Karena tumbuhan buah naga ini berasal dari wilayah gurun pasir yang kering serta panas. Oleh sebab itu, buah naga biasanya bisa tumbuh dengan syarat, sebagai berikut:

  • Buah naga dengan daging yang berwarna putih ataupun Hylocereus Undatus, bisa bertumbuh baik pada ketinggian kurang dari meter di atas permukaan laut.
  • Berbeda dengan buah naga berdaging merah ataupun Hylocereus Costaricensis, yang satu ini bisa bertumbuh baik pada ketinggian 0-100 meter di atas permukaan laut.
  • Nah, kalau buah naga yang berkulit kuning serta daging putih tanpa sisik ataupun Selenicereus Megalanthus ini bisa bertumbuh baik di wilayah dingin dengan ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan buah naga ini senang pada kondisi kering dengan curah hujan rendah 720 mm (milimeter) per tahunnya.

Buah naga bisa tumbuh di area dengan curah hujan besar ialah 1.000 – 1. 300 milimeter per tahunnya. Tetapi, dalam kondisi tersebut tumbuhan buah naga akan mudah terkena penyakit busuk batang serta busuk akar. Sebab tumbuhan buah naga tidak tahan akan genangan air. Oleh karena itu, tumbuhan buah naga sangat membutuhkan penyinaran cahaya matahari penuh. Lokasi juga hendaknya dilakukan di lahan terbuka tanpa memakai pelindung. Lahan terbuka sangat berarti, sebab akan memberikan sirkulasi udara yang lumayan untuk pertumbuhan buah naga. Suhu tanah yang dibutuhkan yaitu sekitar 26–36 derajat Celsius. Keadaan tanah haruslah tanah gembur yang banyak memiliki zat hara serta bahan organik, dengan pH sekitar 6-7. Jika tanahnya sangat asam akan menimbulkan pangkal menjadi pendek serta rusak.

Itulah beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh serta sedikit informasi jika anda berniat untuk menanam tumbuhan buah naga yang kaya akan manfaat ini disekitar pekarangan rumah Anda.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post