Selasa, Mei 14, 2024

Wajib Tau! Jadwal Idul Fitri 2024 Menurut Muhammadiyah dan Pemerintah

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Lagi, teman-teman! Nih, bulan Rajab udah di depan mata nih buat umat Islam. Nah, bulan ini kan bulan ke-7 dalam kalender Hijriah, atau bisa dibilang tiga bulan menjelang Idul Fitri nih. Artinya, tanggal merahnya Idul Fitri 2024 bakalan kita rayain pas bulan April 2024 nanti.

Idul Fitri, kan, salah satu hari raya yang disiapin umat Islam. Nah, biasanya kita ngerayain hari raya ini tiap tanggal 1 Syawal. Syawal sendiri tuh bulan ke-10 dalam kalender Hijriah, atau abis Ramadan selesai.

Nah, di Indonesia, kita tentuin tanggal 1 Syawal atau Idul Fitri pake metode rukyat dan hisab, kayak yang diatur Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 deh.

Di sini, organisasi Islam kayak Muhammadiyah sama NU juga punya peran. Tapi, beda metodenya, guys!

Jadwal Hari Idul Fitri Muhammadiyah

Muhammadiyah pake hisab hakiki wujudul hilal buat ngitung awal bulan Hijriah. Nah, NU lebih condong ke metode rukyatul hilal.

Eh, kalo Muhammadiyah ngehasab, Idul Fitri 2024 diitung jatuhnya pas tanggal 10 April 2024 nih, teman-teman!

Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Nah, ini hasil hisabnya diliat dari tanggal 29 Ramadan 1445 H atau 8 April 2024 yang enggak nemu ijtimak jelang Syawal 1445 H.

Tapi, pas Selasa tanggal 30 Ramadan 1445 H atau 9 April 2024 itu baru nemu ijtimak, guys!

Trus, di wilayah Yogyakarta, tanggal 9 April 2024 itu udah keliatan hilalnya pas Matahari terbenam.

Jadi, tanggal 1 Syawal 1445 H nih, menurut Muhammadiyah jatuhnya di hari Rabu Pahing, 10 April 2024.

Jadwal Hari Idul Fitri 2024 Pemerintah

Oke, teman-teman! Trus, versi pemerintah kita, guys! Biasanya, pemerintah bakal tetapin Idul Fitri 2024 setelah sidang isbat. Di tahun-tahun sebelumnya, sidang isbatnya itu diadain pas tanggal 29 Ramadan.

Nah, pemerintah punya metode sendiri buat nentuin awal bulan, pake rukyat sama hisab juga.

Terus, mereka bakal cek posisi hilalnya juga dengan standar MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Nah, kriteria dari MABIMS itu, tinggi hilalnya pas Matahari terbenam minimal 3 derajat sama sudut elongasinya minimal 6,4 derajat.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

GAME BARU! Update Link Download Aku Si Juragan Ayam Mod APK Terbaru 2024 Unlimited Money Unlock All No Password Uang Tak Terbatas Mod Combo...

Penasaran dengan game Aku Si Juragan Ayam? Kamu pasti nggak mau kan, kalau data pribadimu jadi berisiko karena mengunduh...

More Articles Like This

Favorite Post