Minggu, April 28, 2024

Fenomena Equinox Kejadian Alam Unik Matahari Berada di Khatulistiwa, Cek Fakta Lengkap

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Fenomena Equinox: Ketika Matahari Bersinar Tepat di Garis Khatulistiwa! Hari ini, tepatnya Rabu, 20 Maret 2024, kita lagi pada heboh nih sama fenomena alam yang keren abis, namanya equinox.

Katanya sih, kata Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), fenomena Equinox bakal balik lagi nih. Pas hari ini tuh, Matahari lagi bersinar tepat di garis khatulistiwa dan siang serta malam hampir sama panjang di seluruh dunia.

BRIN bilang gini tertulis di situs resminya nih, “Lalu pada 20 Maret, terdapat fenomena Ekuinoks Maret di mana Matahari akan bersinar tepat di garis khatulistiwa dan jumlah siang dan malam hampir sama di seluruh dunia,”.

Makanya, hari ini kita semua bisa merasakan keseimbangan antara siang dan malam yang luar biasa.

BACA JUGA: FAKTA BARU! Fenomena Equinox Terjadi Hari Ini 20 dan 21 Maret 2024, Ini Efeknya Buat Kehidupan di Bumi

Ternyata, fenomena Equinox ini terjadi dua kali dalam setahun, loh! Pertama, di bulan Maret (Vernal Equinox), kayak yang lagi kita alami sekarang.

Terus, yang kedua, di bulan September (Autumnal Equinox). Buat Equinox September, BRIN prediksi bakal terjadi tanggal 22 September 2024.

Nah, kali ini kita bakal bahas apa itu equinox dan apakah equinox itu berbahaya.

Menurut laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), equinox bukanlah sesuatu yang berbahaya, loh! Ini cuma fenomena alam yang normal dan nggak membahayakan. Equinox itu terjadi dua kali dalam setahun di Indonesia.

BACA JUGA: Kejadian LANGKA Alam! Fenomena Equinox Terjadi Hari Ini 20 Maret 2024 Cari Tau Semua Arti Fenomena Equinox Disini

Meskipun bisa meningkatkan suhu rata-rata, tapi kenaikan suhu itu nggak signifikan dan nggak sampai tingkat yang berbahaya.

Para ahli juga ngasih saran biar kita bisa mengantisipasi kenaikan suhu rata-rata ini supaya nggak berdampak negatif pada kesehatan, seperti dengan lebih banyak minum air biar nggak dehidrasi.

BMKG juga kasih imbauan buat kita, gengs, supaya tetap tenang menghadapi fenomena equinox ini. Kita nggak perlu khawatir dengan dampak yang mungkin terjadi.

Lebih lanjut, kita juga diingatkan buat tingkatkan daya tahan tubuh dan jaga kesehatan keluarga serta lingkungan di tengah cuaca yang cenderung panas. Imbauan ini tujuannya agar kita bisa menghadapi kondisi cuaca yang ekstrem dengan lebih baik.

Jadi, gengs, jangan khawatir ya! Equinox itu cuma salah satu keajaiban alam yang nggak berbahaya. Kita bisa tetap enjoy menyambut fenomena alam yang spektakuler ini tanpa rasa takut. Yuk, terus jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar kita!

Nah, gimana, gengs? Seru kan, belajar tentang fenomena alam yang bikin kita jadi lebih ngerti sama alam sekitar kita? Yuk, kita jaga alam semesta ini dengan lebih baik lagi!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

ASEK! Promo Terbaru Taman Safari Puncak Bogor, Promo Payday Sale untuk 26-30 April 2024, Lumyan Harga Masuk Jadi 180K Per Orang

Makin Seru! Taman Safari lagi ada Promo Spesial buat Gajian, lho! Pay Day Sale-nya berlangsung dari tanggal 26 sampai...

More Articles Like This

Favorite Post