Kamis, Mei 16, 2024

HEBOH! Nadiem Makarim Seragam Sekolah SD SDM SMA Diganti Model Baru Ada Pakaian Adat

Must Read
4/5 - (1 vote)

Yow! Nadiem Makarim bikin gebrakan nih buat seragam sekolah kita! Jadi, sekarang seragam sekolah dari SD sampe SMA udah dirombak total. Ada tambahan jenis baru, loh!

Jadi, rencananya peserta didik dari SD sampe SMP bakal pakai seragam baru ini yang udah ditetapkan oleh Nadiem Makarim. Sebelumnya, beliau udah ngeluarin peraturan tentang seragam sekolah buat SD sampe SMA.

Peraturan itu adalah Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 50 Tahun 2022, guys.

Tujuan dari peraturan ini adalah buat nyamain kebutuhan pengaturan seragam sekolah dengan kebijakan nasional pendidikan dan juga perkembangan masyarakat, sesuai sama jaman sekarang, gitu.

Jadi, sebelumnya aturan tentang seragam sekolah itu diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014. Tapi, karena peraturan itu belum bisa ngikutin perkembangan kebutuhan masyarakat sekarang, jadi perlu diganti.

Aturan Baru Seragam Sekolah

Berdasarkan Permendikbud No 50 Tahun 2024 yang udah disahkan oleh Nadiem Makarim, ada jenis baru seragam sekolah buat siswa SD sampe SMA, yaitu Pakaian Adat, guys!

BACA JUGA: Tinggal Mainkan! Link Ujian Kepekaan Google Form dan Mencintai Diam-Diam Buat Pacar, Pasangan, Teman dan Sekitar

BACA JUGA: TES VIRAL! Link Ujian Kepekaan Google Form Bisa Cek Seberapa Peka Kamu Dengan Pacar dan Sekitarnya

Dalam Pasal 3 Permendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 disebutkan, ada tiga jenis seragam sekolah yang bakal dipakai siswa SD sampe SMA, yaitu pakaian seragam nasional, pakaian seragam pramuka, dan pakaian adat.

Ini Aturan Terbaru Seragam Sekolah yang dikeluarkan Mendikbud Nadiem Makarim:

  • Nah, buat kalian di Sekolah Dasar (SD), bakal pake atasan model kemeja warna putih dipaduin bawahan celana atau rok warna merah hati. Keren, kan?
  • Kalo yang di Sekolah Menengah Pertama (SMP), juga pake atasan kemeja putih dipaduin bawahan celana atau rok warna biru tua. Bikin gayamu makin kece di sekolah!
  • Terus buat kalian di Sekolah Menengah Atas (SMA), pake atasan kemeja putih juga dipaduin bawahan celana atau rok warna abu-abu. Pasti bikin penampilan makin stylish, deh!

Yang keren lagi, aturan model dan warna ini juga berlaku untuk jenjang yang setara, jadi semua bisa tampil seragam dan rapi.

Nadiem juga ngatur soal atribut dari seragam sekolah nasional, guys! Atributnya terdiri dari topi pet, dasi, dan logo. Topi dan dasi wajib sesuai warna jenjang masing-masing, lho! Sedangkan logo Tut Wuri Handayani diletakkan di depan topi pet.

BACA JUGA: Aturan Seragam Sekolah Nadiem Makarim Terbaru 2024 Bikin Heboh, Cek Yuk Penjelasannya

Terus, ada ketentuan pemakaian pakaian Adat dari Nadiem Makarim yang tertuang dalam Pasal 9 Permendikbud Nomor 50 tahun 2022, guys:

  • Model dan warna pakaian adat bakal ditetapkan oleh Pemerintah Daerah, dengan memperhatikan hak setiap siswa atau peserta didik buat menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.
  • Jadwal penggunaan seragam sekolah,

A. Pakaian seragam nasional dipakai paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

B. Pakaian seragam pramuka dan khas sekolah dipakai pada hari yang udah ditetapkan oleh masing-masing sekolah.

C. Nah, buat penggunaan pakaian adat, bakal dipake sama peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.

Jadi, untuk SD, SMP, dan SMA, aturannya udah jelas banget nih, guys! Gimana, udah siap-siap dengan seragam baru?

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

SEGERA DAFTAR! Syarat Dokumen Lengkap dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan IPDN 2024

Yuk, simak update nih Syarat Dokumen Lengkap dan Cara Daftar Sekolah Kedinasan IPDN 2024. Buat kalian yang pengen gabung,...

More Articles Like This

Favorite Post