Sabtu, Mei 18, 2024

Kita Berada Di Tahun Berapa Ya? Ilmuwan Zaman Now Bedah Umur Bumi dengan Gaya Keren

Must Read
2.1/5 - (7 votes)

Zaman sekarang, kita lagi masuk ke era baru, yang semuanya serba instan, gampang, dan bisa dijangkau dengan mudah banget dalam setiap aspek kehidupan.

Indonesia juga ikutan nih, ngalamin perubahan gaya hidup di masyarakatnya, bukan cuma soal ekonomi, politik, atau pendidikan aja.

Era Industri 4.0 dan Industry 5.0 udah nyampe di semua bidang pendidikan, bikin kita ngerasa harus update terus biar ga ketinggalan jaman.

Kehidupan zaman dulu udah pada bubar, mendorong kita buat gantiin gaya hidup lama dengan yang baru, apalagi di era teknologi yang lagi melejit ini. Tujuannya? Biar kita bisa dapet pengetahuan yang up-to-date, kekinian, dan inovatif di era industri yang lagi kenceng-kencengnya.

Menurut Imam Suyuthi, kita lagi ada di tahun 1418 Hijriah, bahkan udah masuk tahun 1430 sejak Nabi Muhammad SAW diutus.

Jadi, kita lagi ngejalanin masa akhir dunia sebelum kiamat, guys! Siap-siap menghadapi segala macem bencana dan tragedi yang bakal dateng sebelum tanda-tanda kiamat besar. Wallahu alam banget, ya!

BACA JUGA: Sinopsis Film The Invincible Dragon, Cerita Unik Kowloon dan Naga Sembilan Kepala, Jin Zhang dan Annie Liu Beraksi

Lo tau ga, Bumi udah tua banget, udah sepuh! Banyak perubahan yang ga enak banget terjadi, mulai dari paru-paru Bumi yang makin tipis sampe eksploitasi alam yang makin parah.

Tapi, sebenernya, lo tau ga seberapa usia Bumi sekarang? Kalo dihitung pake metode ilmiah, pakai penanggalan usia radiometrik, para ilmuwan nyebutin Bumi udah berumur 4,54 miliar tahun, atau kira-kira 50 juta tahun lebih tua daripada kita.

Info yang didapetin dari BBC Science Focus, kalo bumi kita ini umurnya lebih muda setengahnya dari Galaksi Bima Sakti yang katanya udah jadoel banget, sekitar 11-13 miliar tahun.

Dan ini cuma sekitar sepertiga dari usia Alam Semesta yang katanya udah jalanin sekitar 10-15 miliar tahun. Wah, bumi kita ini benar-benar veteran, ya!

Cara Ilmuwan Ngitung Umur Bumi, Gengs!

Ilmuwan pada zaman sekarang tuh punya trik keren buat ngitung umur Bumi. Mereka pake metode penanggalan radiometrik, loh!

Jadi, para peneliti bisa ngecek kapan terakhir kali batuan dilelehkan atau digangguin cukup parah sampe bisa ubah unsur radioaktifnya.

Selama 400 tahun terakhir, ilmuwan kita ini ngelakuin macem-macem usaha buat tebak-tebak usia planet Bumi.

Awalnya, mereka coba nebak dari perubahan permukaan laut, atau hitungin berapa lama Bumi dan Matahari ngabisin waktu buat dingin sampe suhu dan asin lautannya pas.

Tapi, gengs, lama-lama metode itu nggak reliable banget. Naik turunnya laut aja terlalu ngaco, selalu berubah terus, beda sama proses yang pelan-pelan turun.

Nah, biar lebih akurat, para ilmuwan banting setir, fokus ke batuan yang ngecover Bumi.

Tapi, masalahnya, lempeng tektonik yang ga bisa diem itu terus gonta-ganti bentuk kerak bumi. Jadi, batuan yang pertama kali ada udah lama di-recycle, dicairin, dibentuk lagi jadi yang baru deh, kayak info yang gue dapet dari situs Space.

Eh, tapi, ada barang seru nih! Meteorit Canyon Diablo yang ketemu di Arizona, AS, bantu banget nih buat ngasih clue ke ilmuwan tentang seberapa tua Bumi ini. Kira-kira, gue juga pengen tahu nih umur Bumi yang paling masuk akal!

BACA JUGA: Sinopsis Film The Perfect Storm, George Clooney Cs. Beraksi di Badai Laut Mengerikan

Bedain Teori Cara Ngehitung Umur Bumi

Jadi, sepanjang sejarah, banyak banget teori yang muncul dan bikin bingung, guys!

Contoh kawakan dari teori jadul adalah si fisikawan William Thomson, dia tuh hidup dari 1824 sampe 1907. Dia ngebayangin Bumi itu awalnya cair, terus jadi padet gitu, loh.

Nah, dia ngira-ngira umur Bumi antara 20 sampe 40 juta tahun. Tapi, ini dulu banget, radioaktif belum dianggap penting pas jaman Thomson.

Tapi cek ini, pendapat dia tuh kontroversial banget, bahkan Charles Darwin aja ga setuju, guys!

Meski begitu, ada ilmuwan jaman dulu yang lain, kayak Hermann von Helmoltz, Simon Newcomb, dan George H Darwin (anaknya Charles), mereka nyimpulin hal serupa tapi pake faktor-faktor lain.

Yang paling mencolok, waktu yang diperlukan Matahari buat ngekempesin diri ke ukuran waktu itu dan gesekan pasang surut.

Trus, masuk ke tahun 1900, ada fisikawan dan ahli geologi dari Irlandia, John Joly. Dia punya teori keren, nih! Dia ngebayangin, berdasarkan banyaknya garam di laut hasil erosi, Bumi bisa jadi udah berumur 80-100 juta tahun. Keren, kan.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

APK MOD RD TERBARU! Link Download Apk Mod Royal Dream Terbaru 2024 Versi 6.24 Pake X8 Speeder Tanpa Password Ada Tombol Kirim

Hayo, siapa yang ngefans sama game Royal Dream Domino? Pasti pada penasaran dong sama update terbaru yang lagi hits...

More Articles Like This

Favorite Post