Sabtu, Mei 18, 2024

Bacaan Doa Akhir Tahun Dan Awal Tahun 2024 Dalam Arab Latin dan Penjelasannya Dari NU

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Yo, bro, sist! Udah pada tau belum, ada doa keren nih buat nemenin kita lewatin pergantian tahun.

Doa ini nggak cuma buat nyebrangin tahun aja, tapi juga buat nunjukin rasa syukur kita ke Allah SWT atas segala nikmat yang udah Dia kasih. Plus, doa ini juga berisi harapan biar hidup makin gampang dan lancar, gitu loh.

Jadi, sebelum kita nyambut tahun baru 2024, mending baca doa ini dulu, guys.

BACA JUGA: HANYA 1 HARI INI SAJA! Serba Serbi Gratis! Promo Alfamart Terbaru Beli 1 Gratis 1 Sampai 31 Desember, Ada Detergent hingga Sarden Kaleng!

Biar hati kita makin tentram, dan hidup makin kece. Ingat, selain baca doa, kita juga harus tawakal, yakin banget sama kekuasaan Allah SWT, yang Maha Kuasa banget!

Nih, info baru dari kitab keren, “Maslakul Akhyar,” karya Mufti Jakarta abad ke-19-20 M, Habib Utsman bin Yahya.

Di sana ada doa spesial buat akhir dan awal tahun. Kita akan kasih tau doa akhir tahun dulu, baru doa awal tahun setelahnya, ya.

BACA JUGA: TINGGAL 1 HARI! Habis-Habisan Katalog Promo JSM Superindo Terbaru Kasih Diskon Gila-Gilaan hingga 50%, Plus Beli 2 Gratis 1!

DOA AKHIR TAHUN

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

DOA AWAL TAHUN

Setelah kita mengucapin doa akhir tahun, ada langkah berikutnya nih, yakni doa awal tahun. Biar tahun depan makin asoy, kita wajib banget nih baca doa awal tahun ini.

Nah, langsung aja, ini nih doa awal tahun yang bisa bikin kita ngerasa diberkati sama Allah SWT, bisa dapet rahmat, lindungan, kesehatan, harmonisasi, selamat sejahtera, rejeki lancar, jodoh oke, karir makin kinclong, ampe akhirnya wafat dengan husnul khatimah, dan segudang kebaikan lainnya.

Jadi, langsung kita pahami doa awal tahun ini, dan bacain dengan penuh harap, guys. Kita kan pengen banget dapetin berkah dari Allah SWT. Nah, ini dia doa awal tahun yang bisa jadi panduan buat kita:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Semoga tahun depan jadi tahun yang lebih kece dari sebelumnya. Aamiin!”

Nih, berdasarkan info dari NU Online, katanya doa awal tahun ini harus diserap tiga kali nih buat ngelangkahin tahun baru.

Jelas dong, dengan nekenin doa ini, kita ngarep banget dapet hadiah dan kasih sayang dari Allah buat kita di tahun baru yang akan datang. Wallahu a’lam, gitu loh.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Update Jam Tayang Nonton Magic 5 New Season dan Big Match Persib vs Bali United di Indosiar Hari Ini 18 Mei 2024

Hey guys! Yuk, kita cek jadwal TV Indosiar buat hari Sabtu, 18 Mei 2024. Biar nggak ketinggalan acara keren,...

More Articles Like This

Favorite Post