Friday, October 7, 2022

5 Tips Ampuh Memulai Belajar Masak Untuk Pemula

Sebenarnya Anda tidak menyukai jajan makanan di luar rumah, tapi anda ga pede masak bagi keluarga. Cucok nih tips Belajar Masak Untuk Pemula

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Menikmati makanan di luar seperti dari restoran, cafe, warteg atau rumah makan memang merupakan hal yang paling praktis, apalagi sekarang makanan pun bisa dipesan secara online tanpa harus keluar rumah. Tetapi, tetap saja masakan sendiri atau masakan rumahan selalu dirindukan oleh anggota keluarga. Namun kendala yang langsung dihadapi adalah acap kali anggota keluarga yang mau masak ga pede dengan hasil masakannya. Untuk itu kami membantu anda dengan memberikan tips Belajar Masak untuk Pemula agar anda pede dihadapan keluarga.

Baca Juga: 

Memasak Tanpa Minyak Goreng karena Mahal! Ini 6 Caranya

Ini Restoran Yang Bisa Makan Dimsum Sepuasnya di Jakarta alias Dimsum All You Can Eat

Memasak sudah menjadi kegiatan yang bisa dilakukan wanita ataupun pria. Ada yang menjadikan keahlian memasak sebagai hobi bahkan bisa dijadikan ladang bisnis kuliner.

Meski hanya memasak masakan sederhana, tapi untuk mulai memasak itu merupakan hal yang perlu dipelajari terlebih dahulu. Semakin sering memasak, semakin banyak pengalaman yang bisa dijadikan acuan untuk memasak yang tepat.

Lalu bagaimana bagi pemula yang baru mulai belajar memasak? Apa yang harus dilakukan pemula yang baru mencoba belajar memasak?

Dilansir dari idntimes, berikut ini tips belajar masak untuk pemula secara efisien dan efektif:

1. Miliki alat masak yang esensial

Jika ingin memasak, pastikan dulu sudah memiliki alat masak dan peralatan dapur yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Alat masak memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda, jadi cobalah untuk terlebih dahulu mengenalinya sebelum membeli dan menggunakannya ntuk memasak. Bila sudah mengetahui fungsi alat masak tersebut, maka bisa membeli alat masak sesuai kebutuhan dan lebih paham mana yang lebih berkualitas atau tidak. Tidak perlu beli terlalu mahal, tetapi pilihlah yang berkualitas baik dan kalau bisa bisa digunakan untuk beberapa jenis masakan.

2. Mengenal bumbu dan bahan makanan

Pengetahuan tentang bumbu dan bahan masakan akan bertambah saat proses belajar memasak. Oleh karena itu saat memasak, cobalah untuk mengenal berbagai bau, tekstur, bentuk, fungsi, warna dan rasa bumbu serta bahan makanan. Semakin mengenal berbagai bumbu dan bahan makanan yang berbeda-beda, maka bisa mengetahui bumbu dan bahan apa yang pas untuk dimasukkan dalam menu masakan.

3. Meniru dari buku resep atau menonton tutorial memasak

Jika sudah menyiapkan alat masak dan bumbu bahan makanan yang ingin dimasak, mulailah memasak dengan meniru panduan cara memasak dari buku resep atau menonton dari video tutorial memasak. Dengan mengikuti panduan yang sudah ada, belajar memasak tidak lagi sulit untuk para pemula.

4. Mulai dengan resep sederhana

Setelah mengetahui langkah-langkah belajar masak untuk pemula dari berbagai tutorial, coba praktik memasak makanan dengan resep yang sederhana dulu. Segeralah mulai percobaan masak sederhana seperti nasi goreng, masak telur, atau sup sayur. Setelah terbiasa memasak, biasanya akan lebih percaya diri dalam mengolah makanan yang lebih sulit dan makin terbiasa dengan suasana dapur.

5. Tips Belajar Memasak untuk Pemula yang terakhir adalah Wajib Pantang Menyerah!

Dalam proses belajar apapun perlu semangat dan berusaha walau bisa saja menemukan kesalahan atau gagal. Belajar memasak pun demikian, mungkin saja dalam percobaan belajar memasak menemukan kegagalan, jangan patah semangat dan teruslah mencoba sampai bisa membuat makanan dengan rasa dan bentuk yang pas. Percaya pada diri sendiri kalau keberhasilan itu butuh proses, tidak instan.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post