Sunday, May 22, 2022

Mengatasi Kelembaban Dalam Ruangan, ini Dia Cara Alaminya dan Dijamin Sangat Ampuh

Di musim hujan ini banyak ruangan rumah atau kantor mengalami kelembaban. Untuk mencegahnya cobalah tips mengatasi kelembaban dalam ruangan.

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Musim penghujan membuat rumah meningkat kelembabannya. Bahkan ada yang tidak musim penghujan pun ruangan di dalam rumah bisa mengalami kelembaban. Hal ini biasanya kurangnya paparan sinar matahari,sering terkena basah, atau kurangnya ventilasi udara di dalam rumah. Berbagai tips mengatasi kelembaban dalam ruangan pun banyak dicari.

Kelembaban di rumah adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Kelembaban bisa menyebabkan kerusakan dinding dan langit-langit dan menimbulkan jamur. Dampak rumah lembab pun mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan penghuni di dalam rumah. Selain bau di dalam rumah jadi tidak enak, lembab di dalam rumah juga menyebabkan hidung tersumbat, hingga mata dan kulit gatal.

Baca Juga: 6 Tips Menata Furnitur Dalam Ruang Keluarga Agar Tetap Rapi dan Menarik

Untuk mengatasi kelembaban di rumah, ada cara alami yang bisa dipraktekkan, yaitu meletakkan tanaman hias di ruangan tertentu. Selain menambah indah rumah, tanaman hias juga membantu mengurangi kelembaban di rumah.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Kamis (14/2/2022), berikut ini 5 tanaman yang mampu mengatasi kelembaban dalam ruangan dari udara:

Spider Plant (Lili Paris)

Spider plant atau lili paris merupakan tanaman yang dapat menyerap kelembaban lingkungan, sehingga sangat cocok untuk dimiliki di rumah. Ciri khas tanaman spider plant adalah memiliki pita putih pada daunnya jika ditempatkan di tempat teduh, tetapi akan mudah terbakar jika ditempat di bawah sinar matahri langsung. Fungsi tanaman spider plant yang hebat lagi adalah mampu menghilangkan racun udara seperti formaldehida dan xilena

Palem

Tanaman Palem membawa getaran tropis, tetapi palem cepat kering dan rusak tanpa tingkat kelembaban yang sehat. Menempatkan tanaman palem dalam ruangan paling cocok bila ada sedikit cahaya yang mengenai palem tersebut. Tanaman palem akan menyerap kelembaban udara melalui daunnya. Palem mampu mengontrol tingkat kelembaban udara dan mencegah jamur.

English Ivy (Daun Ivy)

Tanaman merambat yang sering tumbuh pada pot gantung adalah tanaman English ivy. Banyak yang menempatkan english ivy dalam wadah pot, supaya tidak menyebar dan merambat ke dinding rumah. English ivy paling cocok ditempatkan di ruangan paling lembab di rumah, seperti di kamar mandi atau di dapur. Untuk menambah keindahan rumah, english ivy bisa juga digantung di area wastafel atau dekat jendela.

Boston Fern (paku gunung)

Boston Fern merupakan salah satu tanaman paku-pakuan yang tampak eksotis dan mampu hidup dalam kelembaban. Tanaman ini populer untuk diletakkan dalam rumah karena dapat tumbuh subur di lokasi yang lembab dan teduh. Tanaman paku gunung ini mampu merespon cahaya yang disaring dengan baik. Manfaat tanaman paku gunung yang sangat bermanfaat di dalam rumah adalah mampu memurnikan udara yang dihirup di dalam rumah, karena menyaring bahan kimia dari udara.

Air Carnation (anyelir udara)

Anyelir udara termasuk golongan tanaman epifit yang dapat menyerap kelembaban dari udara. Sel-sel khusus dari daun tanaman anyelir yang disebut trikoma, mampu menyerap air yang menumpuk di atasnya, jadi cocok sekali ditempatkan di ruangan yang lembab.

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post