Sunday, May 22, 2022

Tips Merawat Diri Untuk Ibu Menyusui, sangat Efektif Mengatasi Stres dan Lelah!

Ibu melahirkan mengalami masa berat. Mereka lalu dihadapkan untuk menyusui bayi. Ini Tips Merawat Diri Untuk Ibu Menyusui agar tidak stress.

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Fase seorang ibu setelah melahirkan dipenuhi dengan kesibukan menyusui, merawat kesehatan dan kebutuhan sang bayi. Berbagai kesibukan tersebut tentunya dapat menguras banyak energi. Untuk itu kami mendukung Bunda dengan menyajikan informasi Tips Merawat Diri Untuk Ibu Menyusui ini.

Saat ibu melahirkan, tubuh ibu pun masih membutuhkan proses pemulihan setelah melahirkan. Proses pemulihan tubuh pada fase ini pun biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman seperti masih merasakan sakit pasca melahirkan. Jika tidak disertai dengan lingkungan yang sehat serta fisik dan mental yang kuat, ibu menyusui (busui) rawan mengalami baby blues, kecemasan atau frustrasi pasca melahirkan.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Begini Manfaat Pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu

Menyusui adalah cara yang penting untuk membangun ikatan yang kuat dengan bayi, juga bagus sekali unuk kesehatan dan pertumbuhan bayi yang baru dilahirkan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mendukung busui agar bahagia dan semangat terus untuk menyusui sang buah hati, sehingga busui mendapatkan fisik dan mental yang sehat.

Mengutip dari pendapat Ella Walsh, editor Kidspot.com.au, inilah Tips Merawat Diri Untuk Ibu Menyusui yang efektif jika diterapkan untuk melindungi busui dari depresi pasca melahirkan:

1. Pekerjaan rumah tangga yang menumpuk jangan jadikan prioritas dulu. Sementara prioritaskan dulu kebutuhan si kecil, sedangkan pekerjaan rumah tangga bisa diserahkan dulu kepada orang lain yang bisa membantu atau bila tidak ada yang bantu, tak perlu buru-buru menyelesaikannya. Mengurangi pekerjaan rumah tangga yang berat bisa membantu busui untuk meluangkan waktu beristirahat menjaga tubuhnya.

2. Jika busui membutuhkan bantuan, maka komunikasikan dan mintalah dengan jujur. Mintalah tolong kepada suami untuk ikut merawat sang buah hati. Jika keluarga, kerabat atau teman-teman menawarkan bantuan, jangan ditolak.

3. Busui perlu untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar tubuh mempunyai energi untuk menyusui dan merawat bayi. Busui akan lebih berenergi jika makan dan minum yang benar. Makanlah dengan teratur dan bernutrisi. Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan cukup asupan cairan seperti konsumsi susu atau produk olahan susu yang bebas atau rendah lemak serta mengandung kalsium tinggi dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Jangan lupa perbanyak minum air putih agar busui tetap terhidrasi.

4. Di tengah kesibukan busui, cobalah untuk mencukupi waktu istirahat. Sebisa mungkin, tidurlah saat bayi tidur. Dengan beristirahat, akan memulihkan kembali kekuatan anda yang lelah mengasuh bayi dan mendapatkan energi baru lagi untuk melakukan tugas busui selanjutnya. Untuk rileks, ibu bisa mencoba berjalan-jalan di udara yang segar bersama sang bayi, ibu dan bayi pun bisa menikmatinya bersama-sama.

5. Sempatkanlah waktu untuk beolahraga. Jika memang ingin menurunkan berat badan, cobalah melakukan olahraga rutin daripada diet. Pilihlah olahraga yang intensitasnya ringan seperi berjalan kaki atau yoga. Rutin berolahraga akan membuat tubuh lebih rileks dan berenergi serta menghilangkan rasa pegal-pegal.

6. Bergabunglah dengan komunitas para ibu menyusui. Busui bisa memperluas pengetahuan seputar menyusui dan mengasuh bayi, serta bisa saling bertukar cerita. Pasti akan senang bisa berbagi cerita gembira dan kerepotan dengan anggota lainnya. Selain bisa menambah teman, disini ibu bisa saling menguatkan dan mendukung satu sama lain.

Demikian cara atau tips merawat diri untuk ibu menyusui. Semoga sang Bunda tidak merasa stress atau jangan sampai mengalami baby blues.

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post