Senin, Februari 26, 2024

Mengoptimalkan Penampilan dengan Blus Batik yang Sesuai dengan Tubuh Pendek

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Pemakaian batik seharusnya menimbulkan rasa kebanggaan bagi si pengguna. Batik adalah warisan budaya yang diakui secara global.

Berbagai jenis pakaian batik dapat ditemukan di pasaran, seperti blus, blazer, gaun, outer, dan kemeja.

Namun, bagi wanita dengan tubuh pendek, pemilihan blus batik perlu dilakukan dengan hati-hati dan tepat, agar terlihat ramping dan tinggi. Nah ini tipsnya:

  • Batik Motif Vertikal

Menurut pendapat designer Fenny Chen,  Fashion Designer yang berasal dari Kota Semarang, yang sudah berkecimpung di industri ini selama lebih dari 1 dekade lamanya, bahwa wanita dengan postur tubuh pendek sebaiknya memilih blus batik dengan motif vertikal agar terlihat lebih tinggi.

“Untuk mereka yang tidak memiliki tinggi tubuh yang mencolok, pilihlah motif vertikal seperti parang dan kawung. Anda juga dapat memilih blus batik dengan kerah v-neck,” kata Fenny.

Pendapat bahwa memilih blus batik dengan motif vertikal dapat memberikan kesan tubuh yang lebih tinggi memiliki dasar yang beralasan.

Motif vertikal, seperti motif parang atau kawung, memiliki garis-garis yang menjulur ke bawah, menciptakan ilusi visual memanjangkan tubuh.

Dalam ilmu pengetahuan tentang desain busana, garis-garis vertikal dianggap dapat memberikan efek visual memanjangkan atau meruncingkan siluet.

Ketika diterapkan pada blus batik, motif vertikal membantu menciptakan kesan visual bahwa tubuh lebih panjang dari pada kenyataannya.

  • Pilih Warna Atasan dan Bawahan Yang Berbeda

Bagi mereka yang memiliki postur tubuh yang pendek, Fenny Chen merekomendasikan memilih batik dengan atasan berwarna terang dan bawahan berwarna gelap, atau sebaliknya.

Dalam hal ini, pemilihan warna yang berbeda antara atasan dan bawahan dapat menciptakan kontras yang menarik dan membantu menciptakan ilusi visual yang lebih menguntungkan.

Dengan menggunakan atasan berwarna terang dan bawahan berwarna gelap, atau sebaliknya, perhatian akan tertuju pada bagian yang memiliki warna terang, yang dapat menciptakan kesan visual bahwa tubuh terlihat lebih proporsional dan memberikan tampilan yang lebih ramping.

Pendekatan ini dapat membantu menciptakan siluet yang lebih seimbang dan mengoptimalkan penampilan bagi mereka yang memiliki postur tubuh pendek.

  • Pilih Blus yang Panjangnya tepat di Pinggang

Pilihlah blus yang panjangnya tepat di pinggang, bukan di pinggul. Dengan panjang yang tepat, blus akan memberikan efek visual yang menguntungkan pada postur tubuh.

Ketika blus berakhir di pinggang, akan tercipta ilusi optik bahwa pinggang terlihat lebih ramping dan tubuh terlihat lebih proporsional secara keseluruhan.

Di sisi lain, Fenny Chen menyarankan untuk menghindari busana midi dress bagi mereka yang memiliki postur tubuh pendek.

Midi dress, yang berpanjang di sekitar pertengahan betis, dapat membuat tubuh terlihat lebih pendek daripada yang sebenarnya.

Hal ini karena midi dress memotong siluet tubuh pada titik yang tidak menguntungkan, mengakibatkan visual yang mempersingkat penampilan secara keseluruhan.

  • Pilih Blus Dengan Lengan 3/4

Lengan 3/4, yang berakhir sekitar pergelangan tangan, dapat memberikan efek optik yang menghasilkan penampilan yang lebih ramping dan tinggi.

Dengan menggunakan blus berlengan 3/4, Anda memberikan fokus pada bagian tangan dan pergelangan tangan yang lebih ramping, sementara juga memperpanjang garis pandangan ke arah lengan.

Ini memberikan ilusi bahwa lengan dan tubuh secara keseluruhan terlihat lebih panjang dan proporsional.

Selain itu, lengan 3/4 juga membantu mengungkapkan sebagian kecil kulit pada lengan bawah, yang dapat memberikan kesan visual keseimbangan dan menambah dimensi pada penampilan Anda.

  • Pilih Dress yang panjangnya di atas lutut

“Bagi mereka yang memiliki tubuh pendek, sebenarnya bebas dalam memilih warna blus. Namun, jika memilih dress yang pendek, disarankan untuk mengarahkannya di atas lutut dan memperlihatkan bagian bawah lutut,”ucap Fenny.

Memilih dress yang panjangnya di atas lutut memiliki beberapa keuntungan.

Pertama, dress dengan panjang di atas lutut memberikan kesan visual yang lebih ringan dan memperlihatkan sebagian kaki Anda. Ini dapat memberikan penampilan yang lebih segar dan energik.

Selain itu, panjang dress di atas lutut juga dapat membantu menciptakan ilusi kaki yang lebih panjang.

Dengan memperlihatkan sebagian kaki, terutama bagian atas kaki yang lebih ramping, dress tersebut dapat memanjangkan penampilan kaki Anda secara visual.

  • Long Dress Yang Menutupi Sepatu Hak Tinggi

Bila ingin memakai dress yang panjang dan menggunakan sepatu hak tinggi, disarankan untuk memilih long dress.

Alasan utama di balik saran ini adalah agar dress yang panjang dapat menutupi sepatu hak tinggi yang Anda kenakan.

Jika ingin memakai dress yang panjang, sebaiknya memilih long dress agar menutupi sepatu hak tinggi,” jelasnya.

Dalam mode, sepatu hak tinggi sering kali dianggap sebagai aksesori yang menarik perhatian. Dengan memilih long dress, Anda dapat menciptakan kesan visual yang lebih halus dan terpadu antara dress dan sepatu hak tinggi Anda.

Long dress yang menutupi sepatu hak tinggi akan menciptakan garis kontinu yang mengalir dari kaki hingga ke bawah. Ini dapat memberikan tampilan yang elegan dan menambah ketinggian visual.

 

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Senin Anti Bucin! Nih Kode Redeem FF Terbaru 26 Februari 2024, Dapatkan Hadiah Emote dan Skin Unik!

Hai, survivor Free Fire! Buat elo yang lagi anti bucin di Senin ini, ada kabar gembira nih! Garena ngeluarin...

More Articles Like This

Favorite Post