Kamis, April 25, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Sabtu 24 Februari 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
3/5 - (2 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral.

Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam. Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita bahas Injil Katolik buat Sabtu, 24 Februari 2024.

BACA JUGA: Panduan Doa Jalan Salib Katolik Lengkap Memuat 14 Perhentian Jalan Salib, Daraskan Tiap Hari Jumat Masa PraPaskah

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 25 Februari 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik dan Teks Misa Katolik Hari Minggu 25 Februari 2024-Hari Minggu PraPaskah II

Kalender Liturgi hari ini Sabtu, 24 Februari 2024 merupakan Hari Sabtu Prapaskah I, Santo Montanus dan Lucius dkk, Martir, dengan Warna Liturgi Ungu.

Yuk, kita simak susunan lengkap Bacaan Injil dan Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 Februari 2024:

Bacaan Pertama Ul.26:16-19

Di padang gurun seberang Sungai Yordan Musa berbicara kepada bangsanya, “Pada hari ini Tuhan, Allahmu, memerintahkan engkau melakukan ketetapan dan peraturan; lakukanlah semuanya itu dengan setia, dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu.

Pada hari ini engkau telah menerima janji dari Tuhan: Ia akan menjadi Allahmu, dan engkau pun akan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan berpegang pada ketetapan, perintah serta peraturan-Nya, dan mendengarkan suara-Nya.

Dan pada hari ini pula Tuhan telah menerima janji dari padamu bahwa engkau akan menjadi umat kesayangan-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, dan bahwa engkau akan berpegang pada segala perintah-Nya.

Ia pun akan mengangkat engkau di atas segala bangsa seperti telah dijanjikan-Nya, untuk menjadi terpuji, ternama dan terhormat. Maka engkau akan menjadi umat yang kudus bagi Tuhan, Allahmu, seperti yang dijanjikan-Nya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 119:1-2.4-5.7-8

Ref. Berbahagialah orang yang hidup menurut Taurat Tuhan.

Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat Tuhan. Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati.

Engkau sendiri telah menyampaikan titah-titah-Mu, supaya dipegang dengan sungguh-sunguh. Kiranya hidupku mantap untuk berpegang pada ketetapan-Mu!

Aku akan bersyukur kepada-Mu dengan hati jujur, apabila aku belajar hukum-hukum-Mu yang adil. Aku akan berpegang pada ketetapan-ketetapan-Mu, janganlah tinggalkan aku sama sekali.

Bacaan Injil Mat 5:43-48

“Haruslah kamu sempurna, sebagaimana Bapamu di surga sempurna adanya.”

Dalam khotbah di bukit Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuh-musuhmu, dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Karena dengan demikian kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di surga. Sebab Ia membuat matahari-Nya terbit bagi orang-orang yang jahat dan bagi orang yang baik pula, hujan pun diturunkan-Nya bagi orang yang benar dan juga orang yang tidak benar.

Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya daripada perbuatan orang lain?

Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sebagaimana Bapamu yang di surga sempurna adanya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus

Bacaan Injil Hari Sabtu 24 Februari 2024

Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 Februari 2024

“Panggilan untuk Hidup dalam Kasih dan Kesetiaan”

Dalam renungan kita hari ini, kita diundang untuk merenungi pesan mendalam yang terkandung dalam dua bacaan Firman Tuhan. Dari Injil Matius, kita mendengar ajaran Yesus tentang panggilan untuk mencapai kesempurnaan seperti Bapa Surgawi kita yang sempurna. Ini bukanlah panggilan untuk mencapai kesempurnaan dalam arti sempit yang hanya berarti tidak pernah berbuat kesalahan, melainkan panggilan untuk mengasihi tanpa pamrih, bahkan kepada mereka yang mungkin pernah menyakiti atau menganiaya kita.

Perintah Yesus begitu sederhana namun dalam. Kasih adalah kunci yang mampu menyelesaikan semua kebencian dan dendam. Kebencian hanya akan memperpanjang siklus dendam dan balas dendam, menciptakan konflik yang tidak berujung. Hanya kasih yang mampu memutus rantai kebencian tersebut. Kasih adalah kekuatan yang mengubah musuh menjadi sahabat.

Kasihilah musuhmu, berdoalah bagi yang menganiaya kamu; itulah panggilan Yesus kepada kita. Dalam kasih yang tulus, kita menjadi anak-anak Bapa Surgawi yang murah hati. Ini bukanlah cinta yang mengharapkan balasan, tetapi cinta yang murni dan tanpa pamrih, seperti matahari yang menerangi baik orang baik maupun orang jahat, serta hujan yang turun bagi orang yang benar maupun orang yang tidak benar.

Dari Bacaan Pertama, kita mendengar panggilan Musa kepada umatnya untuk setia memegang perintah dan ketetapan Tuhan. Hari ini, seperti pada waktu Musa berbicara kepada bangsa Israel di padang gurun, Tuhan juga memanggil kita untuk hidup menurut jalan-Nya, dengan setia dan penuh kesetiaan. Allah telah menerima janji dari kita untuk menjadi umat-Nya, sebuah janji yang membutuhkan tanggung jawab dan kesetiaan dari setiap orang percaya.

Dalam kedua bacaan ini, terdapat panggilan yang sama untuk hidup dalam kasih dan kesetiaan kepada Allah dan sesama. Kita dipanggil untuk menjadi sempurna dalam kasih seperti Bapa Surgawi kita, dan untuk hidup setia dan patuh kepada perintah-Nya sebagai umat yang kudus. Di zaman ini, di tengah-tengah semua tantangan dan godaan, mari kita memelihara iman dan kesetiaan kita kepada Allah, dan memancarkan kasih-Nya kepada sesama, bahkan kepada mereka yang mungkin sulit bagi kita untuk mengasihi.

Jadi, marilah kita menjalani kehidupan sehari-hari kita dengan penuh kasih dan kesetiaan, menjadi terang bagi dunia yang gelap, dan saksi bagi kebaikan dan kemurahan hati Allah. Dengan mempraktikkan kasih tanpa pamrih dan setia kepada perintah-Nya, kita dapat merefleksikan cahaya kasih-Nya kepada dunia yang membutuhkannya. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan yang Maha Kasih, terimalah doa kami untuk hidup dalam kasih dan kesetiaan kepada-Mu. Bimbinglah kami untuk mengasihi sesama tanpa pamrih, seperti Engkau mengasihi kami. Jadikanlah kami terang bagi dunia yang gelap, saksi cinta dan kemurahan hati-Mu.

Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Bukan Rahasia Lagi! Cara Mudah Nonton Video Bokeh Viral di Yandex RU Browser Jepang!

Bro sis, bosen nonton video yang gitu-gitu aja? Coba deh nonton video bokeh viral gratis di Yandex RU Yandex...

More Articles Like This

Favorite Post