Senin, Mei 20, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Senin 13 Mei 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
5/5 - (2 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral. Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam.

Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita masuk pada Bacaan Injil Katolik dan Renungan Harian Katolik buat Senin 13 Mei 2024.

Kalender Liturgi hari ini Senin 13 Mei 2024 merupakan Hari Senin Pekan VII Paskah, Santa Petronela, Martir dan PerawanSanta Imelda Lambertini, PerawanSanto Andreas Fournet, Imam, dengan Warna Liturgi Putih.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Senin 13 Mei 2024:

BACA JUGA: Kalender Liturgi Katolik Bulan Mei 2024 Lengkap Bacaan Injil Katolik Harian Tanggal 1-31 Mei 2024, Mazmur Dan Warna Liturgi

BACA JUGA: Tata Cara Doa Rosario Lengkap Renungan Setiap Peristiwa, Ada Link PDF Disini

Bacaan Pertama Kis 19:1-8

“Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?”

Ketika Apolos masih di Korintus, Paulus sudah menjelajah daerah-daerah pedalaman dan tiba di Efesus. Di situ didapatinya beberapa orang murid. Katanya kepada mereka: “Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya?” Akan tetapi mereka menjawab dia: “Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.”

Lalu kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.” Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.”

Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka,

dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. Jumlah mereka adalah kira-kira dua belas orang. Selama tiga bulan Paulus mengunjungi rumah ibadat di situ dan mengajar dengan berani. Oleh pemberitaannya ia berusaha meyakinkan mereka tentang Kerajaan Allah.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 68:2-3.4-5ac.6-7ab

Ref. Hai kerajaan-kerajaan bumi, menyanyilah bagi Allah.

Allah bangkit, maka terseraklah musuh-musuh-Nya, orang-orang yang membenci Dia melarikan diri dari hadapan-Nya. Seperti asap hilang tertiup, seperti lilin meleleh di depan api, demikianlah orang-orang fasik binasa di hadapan Allah.

Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukaria. Bernyanyilah bagi Allah, bermazmurlah bagi nama-Nya! Nama-Nya ialah Tuhan!

Bapa bagi anak yatim dan pelindung bagi para janda, itulah Allah di kediaman-Nya yang kudus; Allah memberi tempat tinggal kepada orang-orang sebatang kara, Ia mengeluarkan orang-orang tahanan, sehingga mereka bahagia.

Bait Pengantar Injil Kol 3:1

Ref. Alleluya

Kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.

Bacaan Injil Yohanes 16:29-33

“Kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Kata murid-murid-Nya: “Lihat, sekarang Engkau terus terang berkata-kata dan Engkau tidak memakai kiasan. Sekarang kami tahu, bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu orang bertanya kepada-Mu. Karena itu kami percaya, bahwa Engkau datang dari Allah.” Jawab Yesus kepada mereka: “Percayakah kamu sekarang?

Lihat, saatnya datang, bahkan sudah datang, bahwa kamu diceraiberaikan masing-masing ke tempatnya sendiri dan kamu meninggalkan Aku seorang diri. Namun Aku tidak seorang diri, sebab Bapa menyertai Aku.

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

KUATKANLAH HATIMU – Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Senin 13 Mei 2024

Renungan Katolik: Kuatkanlah Hatimu, Aku Telah Mengalahkan Dunia

Dalam bacaan Injil Yohanes 16:29-33, Yesus mengingatkan kita untuk menguatkan hati kita, karena Ia telah mengalahkan dunia. Murid-murid-Nya mengakui bahwa Yesus adalah Anak Allah yang datang dari Allah. Yesus menjelaskan bahwa saatnya telah tiba ketika mereka akan meninggalkan-Nya seorang diri, tetapi Ia tidak akan sendirian karena Bapa menyertai-Nya.

Yesus menegaskan bahwa semua ini Ia katakan agar mereka memiliki damai sejahtera dalam-Nya, meskipun mereka akan menemui banyak pencobaan di dunia. Yesus mengajak mereka untuk percaya bahwa Ia telah mengalahkan dunia.

Pengalaman para murid bersama Yesus ternyata membawa konsekuensi yang sangat besar dalam hidup mereka.

Kebersamaan dengan Yesus membuka hati para murid dan menjadikan mereka semakin peka akan kehadiran Allah dalam diri-Nya. Pada gilirannya, kesadaran itu memberi perasaan ketenangan dan kedamaian yang mendalam.

Oleh karena itu tidak mengherankan apabila dari keadaan yang damai dan ketenangan, muncul hasil yang menyejahterakan yang mendalam, karena menyangkut baik segi rohani dan jasmani.

Pengalaman para rasul tentulah menjadi dasar bagi umat beriman untuk semakin mengenal Yesus yang berasal dari Allah, sebagai sumber damai sejahtera yang sejati.

Dari bacaan Pertama Kisah Para Rasul 19:1-8, kita belajar tentang pentingnya menerima Roh Kudus. Ketika Paulus bertemu dengan beberapa murid di Efesus yang belum menerima Roh Kudus, ia mengajar mereka tentang pentingnya baptisan dalam nama Yesus dan penerimaan Roh Kudus. Setelah mereka dibaptis dalam nama Yesus, Roh Kudus turun atas mereka, dan mereka mulai berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Kedua bacaan ini mengajarkan kepada kita bahwa dalam menghadapi tantangan dan penderitaan di dunia ini, kita perlu menguatkan hati kita dalam iman kepada Yesus Kristus. Dengan menerima Roh Kudus, kita diberi kekuatan dan penghiburan untuk menjalani kehidupan ini sesuai dengan kehendak Allah. Kita dipanggil untuk percaya bahwa Yesus telah mengalahkan dunia dan kita dapat memiliki damai sejahtera dalam-Nya. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan, kuatkanlah iman kami agar kami mampu mengikuti Engkau dalam setiap langkah hidup. Berikanlah damai sejahtera dalam hati kami, seperti yang Engkau janjikan. Semoga kami selalu merasakan kehadiran-Mu dalam setiap detik hidup kami. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Paling Baru! Bocoran Kode Redeem FF Hari Ini 20 Mei 2024, Dapatin Diamond Gratis

Yuk, intip kode redeem FF terbaru yang bisa kamu klaim hari Senin, 20 Mei 2024, guys! Dengan mengklaim kode...

More Articles Like This

Favorite Post