Friday, October 7, 2022

Ini Dia Resep Ampuh, Ramuan Tradisional dari Kulit Manggis

Indonesia kaya akan tanaman obat-obatan. Manggis merupakan salah satu tanaman berkhasiat. Berikut Ramuan Tradisional dari Kulit Manggis

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Buah yang memiliki warna ungu kehitaman ini memang cukup layak disebut ratu buah. Mengapa demіkіan? Pasalnya, buah yang memiliki rasa yang sangat enak, ternyata kulitnya pun sayang jika dibuang begitu saja, karena memiliki berbagai kegunaan untuk kesehatan dan juga pengobatan penyakit kronis.

Namun, meski diklaim aman, apakah benar tidak ada efek samping dari mengonsumsi ramuan tradisional dari kulit manggis ini?

Seperti halnya berbagai ramuan tradisional lainnya, tubuh pasti akan mengalami anti reaksi pada pemakaian pertama. Nah, berdasarkan kosteen-natural-remedes, yang umumnya terjadi adalah efek samping ramuan tradisional dari kulit manggis, seperti berikut ini:

  1. Alergi ringan antara lain : kulit kemerahan, bengkak, gatal-gatal yang terjadi di beberapa bagian tubuh, dan kulit menjadi bersisik.
  2. Alergi yang dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh, seperti : nyeri sendi, sakit kepala, nyeri otot, sakit perut, kembung, insomnia, dan gangguan restoratif lainnya seperti jantung berdebar-debar.

Baca Juga: Bahan Alami Untuk Perawatan Kulit Agar Lebih Lembut

Jika efek samping ramuan tradisional ini terjadi pada Anda, maka Anda harus berhenti mengonsumsi ramuan kulit manggis. Tunggu sekitar satu minggu, sampai efek sampingnya benar-benar hilang, barulah Anda bisa mulai meminumnya kembali dengan dosis yang lebih kecil.

Hal ini nantinya akan sangat membantu tubuh Anda secara perlahan dengan tangan terbuka untuk menerima senyawa dalam kulit manggis untuk bereaksi dalam memperbaiki sistem yang terganggu atau rusak.

Selain itu, Anda juga bisa mengujinya sendiri, apakah tubuh Anda benar-benar bisa menerima efek samping ramuan tradisional kulit manggis atau tidak, dengan cara menggaruk lengan yang ada di bagian atas, bawah bagian dalam.

Tidak harus sampai berdarah, cukup sampai kulit memerah. Kemudian Anda bisa menempelkan kain kasa yang sudah direndam ke dalam air perasan kulit manggis. Jika sampai batas waktu sekitar 48 jam tidak ada pembengkakan atau pembengkakan apapun, berarti aman.

Berikut cara mudah membuat ramuan tradisional dari kulit manggis

Membuat ramuan tradisional kulit manggis yang pertama dibuat jus

Cara membuat jus dari kulit manggis sangat mudah yaitu dengan cara memasukkan kulit manggis ke dalam blender, kemudian mencampurnya dengan 1 gelas air matang, dan menambahkan gula pasir secukupnya, sehingga rasanya menjadi manis.

Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan gula merah atau gula merah, Anda juga bisa menambahkan madu agar rasanya tidak terlalu pahit. Setelah itu, blender hingga halus, dan minum secara rutin setiap 2 kali sehari.

Buat ramuan dengan cara direbus dan dikeringkan

Cara yang kedua adalah dengan mengoleskan kulit manggis secara perlahan kemudian menjemurnya di bawah sinar matahari sampai kulit manggis benar-benar kering, hal ini agar kulit manggis dapat bertahan lama dan tahan terhadap jamur.

Sedangkan untuk menjadikan kulit manggis sebagai obat, silahkan ambil 1 genggam kulit manggis kering, lalu rebus dengan 1 gelas air biasa, tunggu beberapa saat hingga kulit manggis menjadi layu. Setelah itu, ambil rebusan kulit manggis, dan gunakan untuk membuat jus dan campur dengan buah-buahan lainnya.

Buat ramuan tradisional dengan cara ditumbuk

Cara ini juga hampir sama dengan cara diatas yaitu keringkan terlebih dahulu kulit buah manggis, kemudian ambil kulit buah manggis secukupnya dan tumbuk sampai menjadi bubuk yang halus. Sedangkan untuk membuatnya sebagai obat, ambillah bubuk kulit manggis, campurkan dengan jus atau seduh dengan air panas, bisa juga ditambahkan madu agar rasanya tidak terlalu kental atau pahit.

Manfaat kulit manggis ini memang sangat banyak, selain dapat menjaga stamina dan kebugaran tubuh, kulit buah manggis juga memiliki manfaat lain, mulai dari anti kanker, stroke, tekanan darah tinggi, tumor, diabetes, dan lain-lain. diabetes. Manfaat tersebut didapat dari kandungan senyawa xanthone yang ada pada kulit manggis.

Nah, itulah beberapa informasi tentang cara membuat ramuan tradisional kulit manggis yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

3 Penyebab Coil Gunk dan Cara Mengatasinya

GENDIS.ID - Kali ini kita akan membahas apa saja penyebab coil gunk serta bagaimana cara mengatasinya. Pernah kalian rasakan,...

More Articles Like This

Favorite Post