Sunday, May 22, 2022

Cara Mengolah Kulit Buah Manggis Untuk Obat Tradisional, Sangat Ampuh

Anda ingin sembuh dari keracunan, memperkuat daya tahan tubuh, menyembuhkan semua infeksi. Ini dia obatnya Cara Mengolah Kulit Buah Manggis.

Must Read
Mohon Kasih Bintang

GENDIS.ID – Manggis merupakan salah satu buah yang memiliki rasa berdaging manis dan banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda? Selain buahnya enak, kulitnya juga sangat banyak manfaatnya. Sehingga tips cara mengolah kulit buah manggis kini banyak yang cari.

Kulit buah manggis sangat terkenal memiliki banyak sekali kandungan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit ganas yang sering menyerang tubuh manusia, seperti kanker, asam urat, dan masih banyak lainnya. Karena khasiatnya yang luar biasa tersebut, saat ini kulit manggis digunakan sebagai obat herbal dan sudah banyak diproduksi oleh banyak perusahaan obat.

Baca Juga:

Ini Dia Resep Ampuh, Ramuan Tradisional dari Kulit Manggis

Krim Kurma Obat Trauma Kulit Iritasi Karena Produk Skincare? Berikut Cara Membuatnya

Cara Mengolah kulit buah manggis untuk dijadikan obat herbal sebenarnya bisa dilakukan dengan cara tradisional, tanpa harus menggunakan alat seperti yang ada di perusahaan jamu. Dengan cara tradisional, keamanan obat akan lebih terjamin karena dilakukan sendiri tanpa bantuan alat lain. Namun sebelum kita membahas bagaimana Cara Mengolah Kulit Buah Manggis menjadi obat untuk mengobati berbagai penyakit, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit manggis.

Manfaat Kulit Manggis Bagi Tubuh

Kulit manggis memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kulit manggis, tubuh anda akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari kulit manggis, di antaranya:

  • Dapat mengatasі keracunan
  • Mampu memperkuat daya tahan tubuh
  • Dapat menstabilkan atau menormalkan tekanan darah
  • Dapat mengobati sesak nafas
  • Dapat mengobati dan mencegah kanker
  • Dapat mencegah penyakit pusat
  • Dapat mencegah kerusakan DNA
  • Dapat mengurangi pembengkakan saat mengalami menstruasi
  • Dapat mengobati rasa sakit
  • Dapat mengobati penyakit diare
  • Dapat mengobati penyakit batu ginjal
  • Mampu menurunkan berat badan

Setelah mengetahui beberapa manfaat kulit manggis untuk tubuh, selanjutnya kami akan hadirkan kembali tentang cara tradisional pengolahan kulit manggis sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, langsung saja baca selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengolah Kulit Manggis Sangat Sederhana

Untuk cara mengolah kulit manggis agar bisa dijadikan obat tradisional bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu dijus, dikeringkan dan direbus, lalu ditumbuk. Untuk lebih jelasnya cara-caranya silahkan lihat dibawah ini.

  • Membuat jus

Cara pertama mengolah kulit manggis agar bisa dijadikan obat herbal adalah dengan membuat jus. Hal pertama yang harus dilakukan untuk cara ini adalah dengan mengupas kulit manggis, lalu memasukkannya ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan satu gelas air kemudian tambahkan gula secukupnya agar rasa jusnya bisa lebih manis. Untuk gula, lebih baik menggunakan gula merah atau gula merah. Sebagai pelengkap rasa, Anda juga bisa menambahkan madu asli. Setelah semua bahan ditambahkan, bisa langsung diblender sampai kulit mangga menjadi halus. Minum jus kulit manggis secara rutin 2 kali sehari. Dengan begitu, tubuh Anda akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang.

  • direbus

Untuk cara kedua, Anda bisa mengolah kulit manggis dengan cara dijemur dan direbus. Untuk cara yang satu ini, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengupas kulit buah manggis kemudian menjemurnya di bawah sinar matahari hingga kulit manggis menjadi benar-benar kering. Hal ini bertujuan agar kulit manggis bisa lebih awet dan juga bisa terhindar dari jamur. Setelah kering, agar bisa dijadikan obat, Anda bisa mengambil kulit manggis kering secukupnya lalu direbus dengan segelas air. Tunggu beberapa saat hingga kulit manggis layu. Setelah layu, kulit manggis bisa diambil kulitnya kemudian dibuat jus dan bisa langsung diminum.

  • Ditumbuk

Untuk cara ini hampir sama dengan cara diatas yaitu di jemur terlebih dahulu. Setelah kering bisa langsung dihaluskan hingga menjadi bubuk yang halus. Untuk membuatnya menjadi obat, Anda bisa langsung menyeduh bubuknya dengan air hangat dan mencampurnya dengan gula agar rasanya lebih manis.

Latest

Inilah Cara Praktis Miliki Kulit Bersih Bebas Komedo

GENDIS.ID - Semua orang pasti ingin tampil cantik dan terlihat awet muda. Sehingga tak sedikit orang yang memilih melakukan...

More Articles Like This

Favorite Post