Kamis, Mei 16, 2024

Fakta Sebenarnya Aturan Seragam Sekolah Baru Tahun 2024 Yang Bikin Nadiem Makarim Jadi Sorotan

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

Guys yang lagi kepo tentang berita Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) kita, Nadiem Makarim, yang katanya lagi bikin aturan baru soal seragam siswa dari SD sampe SMA, nih, gue mau cerita yang kece nih!

Jadi, berita tentang aturan baru seragam sekolah dari Mendikbudristek Nadiem Makarim ini lagi ramai banget dibahas di Google sama di sosmed dari tanggal 9 sampe 11 April 2024 ini, guys.

Tapi, nih, gue mau klarifikasi dulu nih, emang beneran ada aturan baru tentang seragam sekolah tahun 2024 ini? Yuk, simak terus artikelnya!

Setelah kita cek sana-sini, kayaknya berita tentang aturan baru seragam ini tuh lebih ke belakang, lho. Jadi, sebenernya udah ada aturan seragam sekolah dari tahun 2022, yakni Peraturan Mendikbudristek Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

BACA JUGA: HEBOH! Nadiem Makarim Seragam Sekolah SD SDM SMA Diganti Model Baru Ada Pakaian Adat

BACA JUGA: TES VIRAL! Link Ujian Kepekaan Google Form Bisa Cek Seberapa Peka Kamu Dengan Pacar dan Sekitarnya

Berbagai situs berita nasional terpercaya udah bahas ini sejak tahun 2021, bahkan pas peraturannya keluar di tahun 2022. Jadi, kayaknya ini lebih ke kayak review aja, deh, dari berita yang udah lama.

Aturannya sendiri ngejelasin tentang tiga jenis seragam utama, yaitu seragam nasional, seragam pramuka, dan seragam khas sekolah. Tujuannya sih baik, untuk ngejaga persatuan bangsa lewat seragam sekolah.

Buat model dan warna seragamnya juga udah diatur, gengs. Misalnya, seragam buat siswa SD itu ada rok atau celana merah dan kemeja putih, sedangkan buat siswa SMP ada kemeja putih dan celana atau rok biru tua.

Buat model baju perempuan juga diatur, ada rok pendek, rok panjang, dan rok panjang dengan jilbab. Tapi, jilbabnya bisa dipake sesuai keinginan siswa dan orang tua, ya.

Ada juga aturan buat pakaian adat, tapi itu ditetapkan sama Pemerintah Daerah. Buat sanksi, Pemerintah Daerah dan kepala sekolah bisa kena sanksi administratif kalo maksa siswa untuk pakai seragam sesuai aturan.

Berdasarkan Permendikbud No 50 Tahun 2024 yang udah disahkan oleh Nadiem Makarim, ada jenis baru seragam sekolah buat siswa SD sampe SMA, yaitu Pakaian Adat, guys!

Jadi, intinya, aturan baru buat seragam sekolah di tahun 2024 tentang pakaian adat ini. Penggunaan pakaian adat digunakan peserta didik pada hari atau acara adat tertentu.

Berita yang lagi heboh sekarang tuh cuma bahasan ulang dari aturan yang udah ada dari tahun 2022. Nah, gitu deh ceritanya, gengs, semoga jelas ya!

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Jadwal Kapal Pelni KM Ciremai Tanggal 17 Mei-3 Juni 2024 Ke Surabaya, Makassar, Baubau, Rute Lain Cek Semua Disini

Nih, ada jadwal seru buat kalian yang mau jalan-jalan ke beberapa tempat keren di Indonesia! Kapal Pelni KM Ciremai...

More Articles Like This

Favorite Post