Minggu, Mei 19, 2024

Ini Kapan ‘Whoosh’ Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Kembali ‘Ngebut’ ke Balik Modal

Must Read
Tolong Kasih Bintang Penilaian. Terima kasih.

GENDIS.ID – Sis Bro, menurut para ekonom CELIOS, proyek kereta cepat yang katanya Whoosh itu bisa ngebut balik modal lebih lama daripada yang di perkirain, dan ini bisa bikin keuangan negara jebol banget, guys!

Harganya sih belum resmi diumumin, tapi katanya harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa kisaran Rp250.000-300.000. Wah, gak murah juga ya.

TERKAIT: Trik Hemat: Raih Tiket Gratis untuk Perjalanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Mereka targetin 30.000 penumpang per hari, dan kalo diprediksi, proyek ini bakal balik modalnya paling cepat dalam 40 tahun, sis bro! Ngeri juga ya.

Tapi, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bilang mereka nggak cuma bergantung dari jualan tiket aja. Ada rencana lain nih buat dapetin duit.

Ada juga orang yang ngamati transportasi dari Universitas Gadjah Mada bilang, selain balik modal, ada juga keuntungan lain yang mesti diperhitungin, guys.

TERKAIT: Bagaimana cara memesan tiket kereta cepat dari Jakarta ke Bandung?

Tapi masalahnya, proyek ini sempet molor tujuh tahun dan biayanya jadi gede banget, sampe harus disuntik dari uang negara. Padahal dulu Presiden Jokowi bilang proyek ini bisnis-to-bisnis, gak nyedot uang negara.

Sekarang, kita bisa cobain KCJB gratis sampe pertengahan Oktober lho, tinggal daftar di situsnya. Ada delapan rute yang bisa dipilih, guys!

Soal harga tiket setelah promo, PT KCIC belom umumin harganya. Menteri Perhubungan bilang tarifnya bisa kisaran Rp250.000-300.000.

BACA JUGA: Kemenkeu Membuka Program Magang Mahasiswa D3, D4, S1. Ikuti Panduan Ini Untuk Lolos!

Tiket.com juga udah nawarin harga tiket KCJB, mulai dari Rp150.000 buat rute terdekat. Kalo buat rute jauh, ada tiga kelas, yakni VIP Rp350.000, kelas 1 Rp300.000, dan kelas 2 Rp250.000.

Ada juga kabar kalo nanti bakal ada First Class, Business Class, dan Premium Economy Class. Keren banget ya!

Eva, yang jadi Corporate Secretary PT KCIC, bilang mereka targetin bakal ada 31.000 penumpang per hari. Tapi, awalnya mereka bakal ngerjain ini bertahap, jadi gak langsung full 68 perjalanan.

Proyek KCJB ini udah tujuh tahun dan ngeluarin duit sekitar Rp112 triliun. Kalo kita asumsiin harga tiketnya Rp250.000 dan target penumpang tercapai, baru balik modal setelah 40 tahun. Lamanya banget!

Tapi, PT KCIC mau kembangin bisnis selain jualan tiket, contohnya di stasiun KA cepat. Mereka pengen bikin area bisnis development, bisa ada perkantoran, hotel, atau shopping center. Keren kan?

PT KCIC targetin bakal balik modal setelah 50 tahun, guys!

Mereka juga minta izin buat perpanjang kontraktor kereta cepat dari 50 tahun jadi 80 tahun, alasannya ada perubahan target penumpang jadi 30.000 dan gak ada pendapatan dari pengembangan kawasan sekitar proyek kereta cepat.

Menurut Ikaputra dari Universitas Gadjah Mada, ada keuntungan lain selain balik modal, kayak pengurangan emisi karbon dan pengurangan kemacetan. Tapi ini gak bisa diukur dengan uang, guys.

Tapi, banyak yang skeptis sama target penumpang 30.000 per hari. Soalnya, orang Jakarta-Bandung biasanya buat bisnis trip atau liburan, gak buru-buru. Ada kereta yang lebih murah juga.

Kalo target penumpang gak tercapai, balik modalnya bisa makin lama, belum lagi biaya perawatan. Akhirnya, ujung-ujungnya uang negara yang nanggung. Ngeri juga ya!

Pak Jokowi bilang yang penting dari proyek ini adalah pelayanan ke masyarakat, bukan untung rugi. Dia bilang udah jadi tugas pemerintah buat layanin rakyat dengan baik.

Proyek ini awalnya diperkirain bakal kisaran Rp86,67 triliun, tapi sekarang udah nambah jadi Rp112 triliun. Duitnya 75% dari pinjaman China Development Bank (CDB) dan sisanya modal dari Indonesia-China.

Nih, info tambahan, utangnya bakal dipake buat nanggung biaya tambahan proyek ini. Bunganya dari China 3,4% per tahun, tenornya 30 tahun.

Tapi banyak yang khawatir kalo Indonesia gak bisa bayar utangnya, China bakal ngambil alih kereta cepat ini, yang sering dijadiin “jebakan utang.”

Tapi tenang, peneliti hubungan Indonesia-China bilang kita masih aman dari jebakan utang. Cuma, utang besar dan panjang ke China bisa melemahkan posisi kita di hadapan negara adidaya itu.

Intinya, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini bikin heboh banget, guys! Kita tunggu aja gimana kelanjutannya.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Hanya Hari ini! Weekend Seru Bersama PROMO Alfamart Terbaru! Promo Diskon Heboh Menanti!

Nih, Mbak! Jangan sampai kelewatan promo seru dari Alfamart yang cuma ada di akhir pekan ini, lho! Yup, betul...

More Articles Like This

Favorite Post