Minggu, Mei 26, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Jumat 26 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
4/5 - (5 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral. Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam.

Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita masuk pada Bacaan Injil Katolik dan Renungan Harian Katolik buat Jumat 26 April 2024.

Kalender Liturgi hari ini Jumat 26 April merupakan Hari Jumat Pekan IV Paskah, Santo Kletus dan Marselinus, Paus dan Martir, dengan Warna Liturgi Putih.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Jumat 26 April 2024:

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 28 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

BACA JUGA: Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 28 April 2024-Hari Minggu Paskah V Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Bacaan Pertama Kisah Para Rasul 13:26-33

Dalam perjalanannya Paulus sampai di Antiokhia di Pisidia. Di rumah ibadat Yahudi di sana Paulus berkata, “Hai saudara-saudaraku baik yang termasuk keturunan Abraham maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan sudah disampaikan kepada kita.

Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Yesus, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat.

Dan meskipun mereka tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati, namun mereka telah meminta kepada Pilatus supaya Yesus dibunuh.

Dan setelah mereka menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkan-Nya di dalam kubur.

Tetapi Allah membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Dan selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem.

Mereka itulah yang sekarang menjadi saksi-Nya bagi umat ini. Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Kulah Engkau! Pada hari ini Engkau telah Kuperanakkan.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 2:6-7.8-9.10-11

Ref. Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan.

“Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!” Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan: Ia berkata kepadaku, “Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan.”

“Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, dan memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk.”

Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia! Beribadahlah kepada Tuhan dengan takwa, dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar.

Bacaan Injil Yohanes 14:1-6

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku sudah mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke sana untuk menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat Aku berada, kamu pun berada.

Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke sana.” Kata Tomas kepada-Nya, “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke sana?”

Kata Yesus kepada-Nya, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Penerbit & Toko Rohani OBOR - Renungan ZIARAH BATIN Jumat, 17 Mei 2019 Bacaan Injil : Yoh. 14:1–6 Orang yang sedang naik perahu motor tanpa sadar sering mencengkeram erat pinggir perahu. Semakin

Renungan Harian Katolik Jumat 26 April 2024

Renungan Katolik: Mengikuti Jalan, Kebenaran, dan Hidup dalam Kristus

Dalam bacaan Injil kita hari ini, kita mendengar Yesus berbicara kepada para murid-Nya. Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus menghibur mereka yang gelisah, dengan mengatakan, “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.” Kata-kata ini mengajarkan kepada kita untuk percaya dan mengandalkan Allah dalam setiap situasi, karena Dia adalah sumber segala kebenaran dan hidup.

Yesus melanjutkan dengan mengatakan, “Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal… Aku pergi ke sana untuk menyediakan tempat bagimu.” Ini adalah janji-Nya kepada kita, bahwa Dia sedang menyediakan tempat bagi kita di sisi Bapa-Nya. Ini menunjukkan bahwa setiap langkah hidup kita, setiap perjalanan dan pengalaman, semuanya adalah bagian dari rencana Allah yang indah untuk kita. Kita tidak perlu gelisah atau khawatir, karena Allah sudah menyediakan segala sesuatu bagi kita.

Tomas bertanya kepada Yesus, “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke sana?” Yesus menjawab dengan tegas, “Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” Ini adalah panggilan bagi kita untuk mengikuti Yesus sebagai jalan menuju Allah. Hanya melalui iman dan pengikutannya kita dapat mencapai keselamatan.

Dalam bacaan pertama, kita mendengar Paulus memberitakan kabar baik kepada orang-orang di Antiokhia. Ia mengingatkan mereka tentang sejarah keselamatan, bagaimana Allah telah memenuhi janji-Nya dengan membangkitkan Yesus dari antara orang mati. Paulus menekankan bahwa Yesus adalah bukti dari janji-janji Allah kepada nenek moyang kita. Ini adalah panggilan bagi kita untuk mengenali dan mempercayai karya penyelamatan yang Allah kerjakan dalam hidup kita.

Kedua bacaan ini mengajarkan kepada kita tentang pentingnya percaya dan mengikuti Kristus dalam hidup kita. Mereka mengingatkan kita bahwa Kristus adalah jalan satu-satunya menuju Allah, dan bahwa keselamatan kita terletak dalam iman kepada-Nya. Dalam kehidupan sehari-hari, mari kita mengikuti jalan Kristus, hidup dalam kebenaran-Nya, dan mempersiapkan tempat bagi-Nya dalam hati kita. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan Yesus, kami bersyukur atas janji-Mu yang menguatkan iman kami. Tunjukkanlah kami jalan, kebenaran, dan hidup-Mu. Bimbinglah kami untuk selalu mengikuti-Mu dalam setiap langkah hidup kami. Amin.

 

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Info Terkini KLJ Tahap 2: Lansia DKI Jakarta Harapkan Kelancaran Pencairan

Wah, pencairan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) tahap 2 tahun 2024 masih ditunggu-tunggu nih sama para lansia di Jakarta, guys. Namun...

More Articles Like This

Favorite Post