Minggu, Mei 26, 2024

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Kamis 25 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

Must Read
3.7/5 - (4 votes)

Membaca Injil harian dan renungan memegang peranan penting bagi umat Katolik. Dengan melakukan ini, umat Katolik mendekatkan diri pada Tuhan setiap hari, memperkuat iman, dan membentuk karakter Kristiani.

Renungan harian juga memberikan ketenangan batin dalam kehidupan yang sibuk, sambil memberikan panduan moral. Waktu pribadi dengan Tuhan melalui Injil harian menciptakan momen spiritual yang mendalam.

Selain itu, membaca Injil mendorong umat Katolik untuk menyadari panggilan misioner dan memperkaya hubungan dengan sesama.

Saudara-saudari terkasih, hari ini kita masuk pada Bacaan Injil Katolik dan Renungan Harian Katolik buat Kamis 25 April 2024.

Kalender Liturgi hari ini Kamis 25 April merupakan Hari Kamis Pekan IV Paskah, Pesta Santo Markus, Pengarang Injil, dengan Warna Liturgi Merah.

Yuk, kita simak Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik pada hari Kamis 25 April 2024:

BACA JUGA: Bacaan Injil Katolik Hari Ini Minggu 28 April 2024 Lengkap Renungan Harian, Bacaan Pertama, Mazmur Tanggapan, Bait Pengantar Injil, Doa Penutup

BACA JUGA: Teks Misa Katolik Perayaan Ekaristi Hari Minggu 28 April 2024-Hari Minggu Paskah V Lengkap Renungan Katolik Homili dan Injil

Bacaan Pertama 1Ptr 5:5b-14

Salam dari Markus, anakku.

Saudara-saudara terkasih, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya pada waktunya kamu ditinggikan oleh-Nya.

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Dialah yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, Si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

Dialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya. Amin. Dengan perantaraan Silwanus, yang kuanggap sebagai saudara yang dapat dipercaya, aku menulis dengan singkat kepada kamu untuk menasihati dan meyakinkan kamu, bahwa kasih karunia ini benar-benar datang dari Allah.

Berdirilah dengan teguh di dalamnya! Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku. Berilah salam seorang kepada yang lain dengan cium yang kudus. Damai sejahtera menyertai kamu sekalian yang berada dalam Kristus. Amin.

Demikianlah Sabda Tuhan.

U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan Mzm 89:2-3.6-7.16-17

Ref. Kasih setia-Mu, ya Tuhan, hendak kunyanyikan selama-lamanya.

Aku hendak menyanyikan kasih setia Tuhan selama-lamanya, hendak menuturkan kesetiaan-Mu turun temurun. Sebab kasih setia-Mu dibangun untuk selama-lamanya; kesetiaan-Mu tegak seperti langit.

Sebab itu langit bersyukur karena keajaiban-keajaiban-Mu, ya Tuhan, bahkan karena kesetiaan-Mu di antara jemaah orang-orang kudus. Sebab siapakah di angkasa yang sejajar dengan Tuhan, siapakah di antara penghuni surga yang sama seperti Tuhan?.

Berbahagialah bangsa yang tahu bersorak-sorai, ya Tuhan, mereka hidup dalam cahaya wajah-Mu; karena nama-Mu mereka bersorak-sorai, dan karena keadilan-Mu mereka bermegah-megah.

Bait Pengantar Injil 1Kor 1:23-24

Ref. Alleluya, alleluya.

Kami memberitahukan Kristus yang tersalib; Dialah kekuatan dan hikmat Allah.

Bacaan Injil Mrk 16:15-20

Pergi ke seluruh dunia, beritakanlah Injil.

Pada suatu hari Yesus yang bangkit dari antara orang mati menampakkan diri kepada kesebelas murid, dan berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: Mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku,

mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

Sesudah berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Tuhan Yesus ke surga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Maka pergilah para murid memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Demikianlah Injil Tuhan.

U. Terpujilah Kristus.

Jurnal Harian 210513, Mrk 16:15-16 – Pardi Sudrajat

Renungan Harian Katolik Kamis 25 April 2024

Renungan Katolik: Mengikuti Panggilan dan Kasih Karunia Tuhan

Dalam Bacaan Injil hari ini, kita mendengar panggilan Yesus kepada para murid-Nya untuk pergi dan memberitakan Injil kepada seluruh makhluk. Panggilan ini tidak hanya untuk mereka, tetapi juga untuk kita semua sebagai umat Katolik. Yesus memanggil kita untuk menyebarkan kabar baik tentang kasih dan penyelamatan yang Dia tawarkan kepada semua orang. Panggilan ini juga mengingatkan kita bahwa iman bukanlah sesuatu yang dipelihara untuk diri sendiri, melainkan harus dibagikan kepada orang lain.

Tetapi bersama dengan panggilan itu, kita juga diberi janji-janji Allah yang menguatkan. Janji bahwa siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, dan bahwa tanda-tanda akan menyertai orang-orang yang percaya, menegaskan bahwa Allah senantiasa menyertai dan memampukan kita dalam memberitakan Injil-Nya. Kita tidak sendirian dalam tugas ini; Allah selalu bersama kita.

Dalam Bacaan Pertama, kita dipanggil untuk merendahkan diri di hadapan Allah dan sesama. Merendahkan diri bukanlah tentang merasa rendah, tetapi tentang mengakui ketergantungan kita pada Allah dan kebutuhan akan-Nya. Kita dipanggil untuk menyerahkan segala kekuatiran kita kepada-Nya, karena Dia adalah yang memelihara kita. Ini mengingatkan kita bahwa dalam segala hal, baik suka maupun duka, kita harus berserah sepenuhnya kepada Allah.

Kita juga diingatkan bahwa kita memiliki musuh yang harus kita lawan dengan iman yang teguh, yaitu setan. Musuh kita tidak terlihat, tetapi hadir dalam godaan, frustasi, dan rintangan dalam hidup kita. Kita harus siap melawan dengan teguh, dengan iman yang kokoh pada Allah.

Pesan dari kedua bacaan ini adalah untuk hidup dalam kasih karunia Allah. Kasih karunia ini memampukan kita untuk menjalani panggilan kita dengan penuh iman dan keberanian, serta merendahkan diri di hadapan Allah dan sesama. Marilah kita hidup sebagai saksi-saksi kasih Allah di dunia ini, menyebarkan kabar baik Injil kepada semua orang dengan penuh keimanan dan kasih. Amin.

Doa Penutup

Ya Tuhan yang Mahakuasa, kami bersyukur atas kasih dan panggilan-Mu yang tak terhingga. Ampunilah dosa-dosa kami dan teguhkanlah iman kami dalam mengikuti-Mu. Kiranya kasih karunia-Mu menyertai kami dalam setiap langkah, agar kami menjadi saksi kasih-Mu bagi sesama. Amin.

------

Info Viral Gabung di Channel WHATSAPP kami atau di Google News

Berlangganan Info Menarik Kami

Silahkan subscribe email anda! Jangan lewatkan, hanya artikel dan tips menarik yang akan kami kirimkan ke Anda

Latest

Info Terkini KLJ Tahap 2: Lansia DKI Jakarta Harapkan Kelancaran Pencairan

Wah, pencairan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) tahap 2 tahun 2024 masih ditunggu-tunggu nih sama para lansia di Jakarta, guys. Namun...

More Articles Like This

Favorite Post